14 Tanda HP Terkena Virus dan Cara Mengatasinya (Ciri-Ciri Virus HP)

Diposting pada

Apakah HP Saya Kena Virus ? Bagaimana Ciri-Cirinya ?

ciri-ciri hp kena virus dan cara mengatasinya

Isi Postingan Artikel :

  1. Ciri-Ciri HP Android / iPhone Yang Terkena Virus Dan Cara Mengatasi HP Kena Virus
  2. Aplikasi Terinstall Sendiri di HP Android – Cara Mudah Mengetahui HP Android Kena Virus Berbahaya
  3. Install Antivirus Android – Cara Mudah mengatasi HP kena Virus dan Hapus Virus Malware di Android
  4. HP Suka Restart Sendiri – Ciri-Ciri Umum HP Terserang Virus 
  5. HP Menjadi Cepat Panas Karena Penyebab Virus Yang Bersarang Di HP

infomarsiandroidterbaru.blogspot.com – Pernahkan kamu curiga apakah ponsel atau hp android yang kamu miliki terserang virus atau virus di hp android kamu sudah bersarang banyak sekali virus ?.Kemungkinan buat kamu yang tidak terlalu paham atau tidak mempedulikan kondisi ponsel kamu,mungkin kamu tidak akan berpikir sampai kesana.

Mengapa kamu tidak pusing memikirkan virus hp ?,kemungkinan kamu hanya menggunakan hp hanya untuk sekedar berkomunikasi dengan teman melalui media sosial seperti whatsapp,instagram,facebook,twitter,we chat ,line dan lain-lain.

Sehingga komunikasi seperti itu tampaknya menurut kamu tidak ada yang perlu dirahasiakan atau dibocorkan.Akan tetapi bagaimana jika ponsel atau hp android kamu gunakan untuk hal-hal yang penting seperti bisnis yang melibatkan akun bisnis,menyimpan uang di dana,ovo,gopay,we chat dan lain-lain.

Kemungkinan kamu akan memperhatikan keamanan ponsel yang kamu gunakan,karena kerentanan pada celah sistem pada hp suatu saat nanti bisa saja memiliki celah yang dapat dimasuki,dikontrol dan dimata-matai oleh orang yang tidak kamu kenal.

Tentu ini sangat berbahaya buat kamu,karena akan memiliki dampak kerugian secara materil,kerugian kehilangan privasi dan kerugian memiliki image yang buruk buat diri kamu sendiri dan kerugian yang lain-lain.Jadi keamanan ponsel itu bisa jadi penting buat kamu.

Virus HP Android / iOS (iPhone) / dan OS lainnya

Setiap ponsel memiliki OS atau sistem operasi yang digunakan untuk menjalankan software yang terinstall didalamnya seperti aplikasi yang kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti menelpon,kirim sms menggunakan pulsa utama atau juga menggunakan aplikasi media sosial yang menjadi tren saat ini.

Dan banyak sekali aplikasi yang biasa kamu gunakan didalam OS Ponsel atau Smartphone atau lebih kita kenal dengan HP.Setiap HP biasa memiliki OS untuk menjadi sistem utama yang mereka gunakan dan memiliki keunikan tersendiri.

Ada banyak OS seperti Android untuk pengguna ponsel pada umumnya seperti Xiaomi,Huawei,Samsung,Oppo,Realme dan lain-lain.Dan untuk pengguna iPhone biasanya hanya menggunakan OS mereka sendiri yaitu iOS.

Setiap OS HP memiliki kerentanan untuk dapat dimasuki virus jahat yang dapat merusak ponsel mu,sehingga ponsel yang kamu gunakan tidak berjalan dengan normal atau memiliki keanehan perilaku yang biasanya tidak biasanya.

Ciri-ciri dari keanehan perilaku ponsel bisa menjadi tanda tanya didalam hatimu,apakah hp saya ini kena virus ya ?mungkin kamu akan mencari-cari sebuah informasi bagaimana atau seperti apa ciri-ciri HP yang terkena virus ?

Berikut ini saya akan memberikan informasi bagaimana ciri-ciri ponsel yang memiliki beberapa atau banyak virus di ponsel yang kamu miliki.Mungkin artikel ini bisa membantu kamu yang ingin mengetahui informasi seperti itu dan bisa menjadi referensi kamu.

Ciri-Ciri HP Terkena Virus HP 

  1. Banyak iklan pada saat paket data di aktifkan
  2. Banyak aplikasi yang terinstall sendiri
  3. Baterai HP jadi cepat habis / boros
  4. HP menjadi lemot atau loading menjadi lama
  5. Memori HP tiba-tiba menjadi penuh
  6. Aplikasi tidak bisa dibuka
  7. Jaringan internet menjadi lemah / lemot
  8. HP suka restart sendiri
  9. HP suka mati sendiri / shutdown sendiri
  10. Aplikasi tidak bisa dibuka
  11. Buka aplikasi selalu ada iklan floating ditengah layar
  12. Kehilangan data pada memori internal dan external HP
  13. Tidak dapat membuka data seperti file foto,video,file extensi dokumen,pdf dan lain-lain
  14. HP menjadi cepat panas (overheat)

Dari daftar diatas,gejala dari ciri-ciri hp yang terserang virus seperti gejala biasa atau hp yang sudah mulai rusak seperti contoh baterai hp menjadi boros seperti di nomor 3 atau hp suka restart sendiri  pada nomor 8.

Sehingga kamu akan kesulitan apakah yang membedakan hp yang sudah mulai rusak atau terserang virus.Untuk keadaan seperti hal normal mungkin kamu yang tidak mengerti tentang ponsel atau dunia peretasan,sehingga hal itu menjadi lumrah.

Baterai HP menjadi boros bisa saja terjadi bahwa virus tersebut telah bekerja untuk mengamati aktivitas ponsel kamu dan lalu mengirimnya pada sipembuatnya.Aktivitas tersebut tidak bisa kamu sadari buat kamu yang tidak mengerti hal-hal tersebut.

Untuk memastikan apakah ponsel kamu benar-benar terserang virus ,kamu bisa melihat pada nomor 2 yaitu ada banyak atau beberapa aplikasi yang tidak kamu kenal terinstall dengan sendirinya,ini adalah cara yang paling mudah buat kamu yang belum mengerti tentang virus HP.

Saya sendiri pernah mengalami hal seperti itu,ada beberapa aplikasi yang tidak pernah saya instal,akan tetapi aplikasi tersebut tiba-tiba ada menu Aplikasi / Application di Pengaturan atau Settings.

Aplikasi yang tiba-tiba terinstall sendiri 

Untuk aplikasi yang tiba-tiba terinstall sendiri sudah pasti aplikasi yang memiliki tujuan tertentu oleh sipembuat aplikasi tersebut.Bisa jadi untuk tujuan menyisipkan virus didalamnya dengan tujuan tertentu seperti :

  1. Supaya aplikasi tersebut bisa dikenal banyak orang,
  2. Mendapatkan penghasilan dari iklan
  3. Menyerang pengguna ponsel
  4. Memata-matai pengguna ponsel 
  5. Dan lain-lain

Biasanya kasus aplikasi yang tidak kamu kenal atau aplikasi yang tidak pernah kamu instal tuba-tiba terinstall di hp kamu terjadi pada hp android.Pengguna Android banyak mengeluhkan soal ini,sehingga ini menjadi hal yang biasa terjadi pada ponsel android kamu.

Untuk mengatasi hal tersebut biasanya adalah kamu harus menghapus aplikasi tersebut secara manual dengan cara :

  1. Buka Info Aplikasi yang tiba-tiba terinstall sendiri
  2. Kemudian Hapus Cache aplikasi tersebut
  3. Kemudian Hapus Data aplikasi tersebut
  4. Kemudian tekan Paksa Berhenti / Force Stop aplikasi tersebut 
  5. Kemudian tekan tombol Copot Pemasangan atau Uinstall aplikasi tersebut

Aplikasi tidak dikenal yang suka terinstall sendiri juga akan menyebabkan memori kamu menjadi banyak atau penuh.Sehingga penyebab memori cepat penuh bisa saja terjadi bahwa ada beberapa aplikasi yang mengandung virus didalamnya.

HP Suka Restart Sendiri

Mungkin diantara kamu mengira bahwa jika hp suka restart sendiri karena ponsel kamu sudah rusak dan harus diganti,atau sistem ponsel sudah tidak mendukung sehingga menyebabkan aplikasi tidak bekerja secara normal.

Ya itu memang benar,akan tetapi virus juga bisa menjadi penyebab HP Android kamu restart dengan sendirinya atau tiba-tiba restart.Untuk mengatasi hal tersebut biasanya kamu harus menghapus aplikasi tidak kamu kenal yang terinstall di hp kamu.

Atau kamu juga bisa menghapus virus hp tersebut dengan cara menggunakan antivirus ponsel,dengan menggunakan antivirus,maka kamu tidak perlu lagi repot-repot mencari dimana keberadaan virus tersebut.

HP Menjadi Cepat Panas (Overheat)

Virus HP juga menjadi penyebab mengapa hp kamu menjadi cepat panas,padahal kamu tidak menggunakan ponsel atau hanya menggunakan ponsel untuk chatingan dan browser saja.Menjadi cepat panas karena aktivitas masih hal normal,mungkin patut dicurigai ..

Jika HP kamu cepat panas karena bermain game online seperti PUBGM,Mobile Legends Bang-Bang dan Garena Free Fire mungkin adalah hal yang wajar,jadi yang yang perlu dilakukan untuk mengatasi virus tersebut adalah :

  1. Hapus aplikasi yang diduga memiliki sarang / pembawa virus
  2. Cari dan Hapus Virus menggunakan Antivirus Android

Cara mengatasi HP yang terkena virus

Jadi inti dari cara mengatasi hp android atau iPhone yang terkena virus adalah:

  1. Hapus Aplikasi yang tidak kamu kenal atau tidak pernah kamu install
  2. Kamu bisa cari dan hapus virus menggunakan antivirus hp android bagi pengguna android dan antivirus iOS bagi pengguna iPhone,iPad.
  3. Hapus / Uninstall semua aplikasi yang terinstall di hp android,kemudian install kembali di google playstore secara resmi yang memiliki fitur Google Play Protect
  4. Mengatur Android untuk kembali ke Setelan Pabrik
  5. Flashing HP Android (bila menemui jalan buntu penanganan virus) atau Install Ulang Android

Penutup

Demikian informasi bagaimana ciri-ciri atau tanda hp android kamu terserang virus dan bagaimana cara mengatasinya.Untuk mengetahui virus yang bersarang di android secara otomatis mungkin kamu bisa menggunakan Antivirus HP untuk pengguna Android kamu bisa menginstall aplikasi antivirus android di google playstore dan untuk pengguna iOS / iPhone kamu bisa menginstall di App Store iPhone.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu,Gbu 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *