30+ Software Yang Wajib Di Install Setelah Install Ulang Windows 10

Diposting pada

Habis Install Ulang Laptop,Bingung Ngapain Lagi ?

Jaringan komputer - Ilustrasi

Isi Postingan Artikel :

  1. Driver yang harus diinstal setelah instal windows 10
  2. Tipe komputer yang wajib install driver
  3. Software yang wajib di install setelah instal ulang laptop windows 10

infomarsiandroidterbaru.blogspot.com – Hari ini saya akan membagikan sediikit informasi buat kamu yang baru saja menyelesaikan aktivitas install ulang laptop atau PC komputer dengan menggunakan sistem operasi windows,baik itu windows 7 ,windows 8 , windows 8.1 dan windows 10.

Menginstall ulang mungkin akan kamu lakukan ketika kamu sudah membeli komputer atau laptop baru,sehingga kamu perlu menginstall komputer tersebut dengan sistem operasi yang kamu inginkan,mungkin kamu akan menginstall OS windows karena OS tersebut mungkin sangat familiar dan sering kamu gunakan.

Atau kamu ingin menginstall ulang Windows kamu ke versi OS Windows yang lebih baru,untuk saat ini mungkin kamu ingin menginstall ulang windows ke windows 10 dengan versi yang terbaru.Dan setelah kamu selesai menginstall maka kamu perlu beberapa software dan driver yang wajib kamu install di OS Windows 10 kamu.

Sebelum ingin menginstall software di windows 10,maka ada beberapa driver yang wajib kamu install terlebih dahulu,hari ini saya akan memberikan informasi driver aja saja yang wajib kamu install setelah install ulang windows di komputer atau laptop kamu.

Driver yang wajib di install ..

Driver komputer sangat penting,karena kamu memerlukannya untuk hal-hal dasar yang biasa digunakan di komputer.Seperti untuk kamu pengguna laptop maka kamu wajib menginstall touchpad laptop kamu.Karena jika kamu tidak menginstall touchpad di laptop kamu,maka kamu tidak bisa menggunakan touchpad di laptop kamu.

Touchpad adalah salah satu contoh hal dasar yang penting dan wajib kamu install di OS windows 10 atau windows versi lainnya.

Berikut ini adalah driver yang wajib kamu install di komputer kamu setelah install ulang windows :

10 Driver yang wajib di install setelah install ulang windows 

  1. Driver Audio
  2. Driver Audio wajib kamu install di komputer atau laptop dengan OS Windows yang kamu miliki,driver audio ini sangat berguna untuk kamu yang ingin mendengarkan suara seperti mendengarkan lagu,menonton video bahkan jika kamu ingin bermain game online ataupun game offline.Sehingga driver audio sangat penting,karena penggunaan juga sangat penting,jadi kamu bisa menginstall driver audio berdasarkan dari tipe dan jenis manufaktur komputer yang kamu gunakan.

  3. Driver Camera / Kamera
  4. Driver Kamera berfungsi untuk mengaktifkan penggunaan kamera di windows 10 atau windows versi yang lainnya.Jika PC atau laptop kamu memiliki hardware kamera,maka driver kamera sangat penting untuk menjalakan kamera ketika sedang digunakan seperti melakukan video call dengan aplikasi video call yang tersedia di windows 10 / windows versi lainnya.Jadi Driver kamera ini sangat penting untuk di install di windows yang kamu miliki saat ini.

  5. Driver Display / VGA (Video Graphics Array)
  6. Driver VGA atau Display sangat penting untuk di install,mengapa karena sangat wajib jika kamu yang sering menggunakan komputer yang berhubungan dengan aktivitas yang mengandalakan tampilan grafik sebuah video pada layar komputer kamu,seperti bermain game,menonton video dan juga menggunakan aplikasi windows yang berhubungan grafik seperti Autocad,Corel Draw,Photoshop dan aplikasi untuk edit video di komputer atau laptop.Jadi kamu wajib menginstall Driver Display atau VGA yang didukung dengan tipe dan jenis manufaktur komputer atau laptop yang kamu miliki saat ini.

  7. Driver WLAN / Wi-Fi / Internet
  8. Driver WLAN (Wireless Local Area Network) sangat penting untuk jaringan komputer yang berbasis wireless seperti jaringan internet atau jaringan Wi-Fi internet.Buat kamu yang memiliki aktivitas komputer dengan OS Windows yang menggunakan jaringan internet,ataupun jaringan wlan,maka sangat penting untuk kamu install di komputer kamu.

  9. Driver LAN (Local Area Network)
  10. Driver LAN bisa kamu gunakan untuk mengakses jaringan LAN melalui USB ataupun kabel LAN untuk terhubung dengan internet server ataupun terhubung dengan komputer lainnya untuk saling bertukar informasi atau hanya untuk saling terhubung saja.Buat kamu yang suka menghubungkan internet hp dengan PC komputer / laptop melalui kabel usb,maka driver LAN wajib kamu install di komputer / laptop dengan OS Windows yang kamu miliki.

  11. Driver BIOS
  12. Driver BIOS juga penting untuk menjalankan software BIOS di komputer kamu,karena BIOS ini sangat penting untuk pengenalan sebuah hardware dan software oleh komputer melalui BIOS untuk mengatur sistem dasar seperti pengaturan harddisk,pengaturan OS (operating system),pengaturan tanggal dan waktu dan pengaturan lainnya yang didalam software BIOS.

  13. Driver Chipset
  14. Driver Chipset juga penting untuk menjalankan chipset untuk saling terhubung dengan komponen motherboard pada CPU laptop atau komputer kamu,seperti menghubungkan prosesor ,RAM dan VGA.Dan menghubungkan dengan komponen hardware motherboard alinnya.

  15. Driver Mouse atau Touchpad
  16. Driver Mouse atau touchpad juga penting untuk beberapa tipe komputer dan jenis manufaktur komputer atau laptop yang terinstall windows.Jadi Driver mouse ini sangat penting,karena mouse sangat penting dalam komputer dan touchpad juga penting bagi laptop windows kamu.

  17. Driver Keyboard
  18. Driver keyboard juga sangat penting untuk menghubungkan komponen hardware keyboard didalam CPU komputer komputer yang kamu miliki.Driver ini juga bisa menghubungkan keyboard eksternal / external di komputer atau laptop kamu.Jika tipe komputer dan jenis manufaktur komputer kamu menyediakan driver keyboard,maka driver ini wajib kamu install di windows kamu.

  19. Driver Bluetooth
  20. Buat kamu yang menyukai atau sering melakukan aktivitas transfer data menggunakan software bluetooth di windows ,seperti transfer data sesama komputer ataupun dari komputer ke hp ,maka driver bluetooth wajib kamu install.Karena driver bluetooth ini berfungsi untuk menginstall aplikasi bluetooth di windows yang kamu miliki.

Driver tersebut bisa kamu install untuk tipe dan jenis manufaktur komputer seperti :

  1. Lenovo
  2. Dell
  3. HP
  4. Acer
  5. Asus
  6. Macbook Pro
  7. Samsung

Software yang wajib di install setelah install ulang windows

Jika tadi driver yang wajib di install setelah install ulang windows di PC komputer atau laptop,maka saat ini saya akan membagikan informasi tentang software apa saja yang wajib kamu install untuk mendukung aktifitas penggunaan komputer atau laptop kamu.

Jadi sebeneranya ini sangat variasi tergantung dari kegiatan apa yang akan kamu lakukan bersama komputer kamu,jika kamu seorang data entri mungkin kamu wajib menginstall microsoft office seperti microsoft word,excel dan powerpoint.

Jika kamu seorang desain teknik,mungkin kamu perlu menginstall autocad,skechup dan software desainer komputer lainyya,atau jika kamu seorang desain gambar mungkin kamu perlu menginstall photoshop,corel draw dan software lainnya.

Atau jika kamu seorang programmer mungkin kamu membutuhkan teks editor seperti notepad ++ , python teks editor,VS Code,Dreamweaver dan software teks editor lainnya yang mendukung aktifitas untuk menulis sintaks,debugger dan lain-lain.

Jadi software yang wajib di install sangat variatif ,karena ini tergantung dari kebutuhan kamu,berikut ini adalah daftar software yang wajib kamu install setelah install ulang windows di komputer atau laptop menurut versi saya sendiri.

Software yang wajib di install setelah install ulang laptop

  1. Google Chrome
  2. Software alternatif task manager
  3. Software cek suhu CPU / Temperatur suhu
  4. Software cek VGA
  5. Software cek baterai laptop atau PC komputer
  6. Software cek hardware laptop atau komputer
  7. Software cek HDD atau Harddisk / SSD laptop atau PC komputer
  8. Software cek death pixel monitor
  9. Software cek edit video di PC atau laptop
  10. Aplikasi Microsoft Office (Word,Excel,Power Point)
  11. Aplikasi / Software Libre Office ( Writer,Spreedsheet,Impress Presentation )
  12. Software Virtual Box
  13. Sofware VMware
  14. Software widget waktu dan tanggal desktop
  15. Software Acrobat Reader DC / Adobe (PDF)
  16. Software VLC Media Player
  17. Aplikasi Game Online ( Pointblank, Steam , DOTA,dll)
  18. Software IDM
  19. Sofware virtual hp  android / iPhone
  20. Software Burning ISO DVD/Flashdisk
  21. Sofware Windows Media Player
  22. Software Microsoft.NET
  23. Software Winrar for Windows
  24. Software Photo Viewer
  25. Software Java ( JDK,JRE)
  26. Software Skype
  27. Software DriverPack For Windows 
  28. Software Kalkulator Windows 
  29. Software Pengunci Folder / Dokumen Word,Excel,Power Point / Harddisk
  30. Software Penghapus Paksa Folder
  31. Software Antivirus Laptop / PC Komputer Windows ( Smadav,MCAfee,BitDefender Antivirus,Kaspersky,ESET Node32 Antivirus,MalwareBytes Antivirus dll)
  32. Software VPN untuk windows PC komputer atau laptop

Demikian informasi yang bisa saya berikan,semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kamu,Gbu 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *