7 Kebiasaan Blogger Pemula 2020

Diposting pada

NaminaMarwan – Sebagai blogger pemula yang baru memulai merintis jalan di dunia blogging terkadang melakukan hal-hal yang berdampak kurang baik terhadap perkembangan blog yang di kelola, adapun hal yang dimaksud antara lain.

1.Banyak Baca tapi Nggak Praktek

Sebagai seorang pemula, biasanya akan memenuhi harddisk dengan ebook-ebook tutorial ngeblog. Saking semangatnya, ebook yang dikumpulin bisa sampai ratusan.Niatnya sih buat dibaca satu-satu dan menjadi blogger sukses, tapi, endingnya…
Ebook nggak terbaca, blog nggak dibuat-buat. Kamu gitu nggak? Jangan sampai ya. Lebih baik baca informasi yang diperlukan terlebih dahulu, habis itu langsung praktek. Jangan baca banyak informasi tapi malah bingung mana yang mau dipraktekkan lebih dulu.

2.Sibuk sama tampilan blog

Blogger pemula yang baru pertama kali bikin blog itu biasanya sibut edit tampilan. Mulai dari gonta-ganti theme, pasang banyak widget, edit jenis font yang digunakan, dan masih banyak lagi. Tampilan blog yang bagus tentu akan membuat pengunjung betah. Tapi, blog kamu itu dikenal bukan karena tampilannya, tapi konten apa yang kamu buat untuk mengisi blog.

3.Nggak Konsisten

Awal-awal ngeblog, biasanya semangat membara tiada tara. Begitu udah berjalan beberapa hari, minggu, dan bulan, tiba-tiba ilang semangatnya.
Pas masih awal, posting di blog itu rajin, setiap hari bisa satu atau bahkan tiga konten. Tapi, habis itu ilang, blog jadi nggak keurus. Daripada terjadi hal seperti itu, mending kamu melakukan jadwal posting. Tidak mesti tiap hari tak apa-apa, biar nggak bosen. Kuncinya konsisten aja, misal seminggu 2 kali tiap senin dan kamis. Pembaca blog juga bisa tahu kalau blog kamu update tiap hari itu.

4.Terpaku Pada Statistik Blog

Blogger pemula biasanya rajin banget buka statistik blog. Sehari bisa kali sampai 24 kali. Mulai dari cek alexa rank, jumlah index, dan yang paling sering jumlah pengunjung blog. Kebetulan penulis pun dulu pengalaman melakukan hal itu, tiap jam bisa lebih dari sekali lihat ada berapa pengunjung blog. Padahal, liatin statistik gitu nggak membantu jumlah pengunjung blog kamu jadi bertambah. Bahkan, malah cenderung buang-buang waktu.

5.Menggunakan layanan hosting yang buruk

Kemudahan dalam mengakses blog Anda merupakan kunci kepercayaan pengunjung. Jika blog Anda lambat atau sulit diakses, pengunjung bisa jadi tidak mau datang ke blog Anda lagi. Jika didukung server hosting yang optimal, kesuksesan blog Anda bisa ditingkatkan.

6.Kurang sabar dalam menjalani proses

Banyak blogger pemula yang mengharapkan hasil instan dari kegiatan blogging yang dilakukan. Padahal, seiring banyaknya jumlah blog, persaingan tentu semakin ketat. Artinya, perlu upaya ekstra dan strategi yang tepat untuk membuat blog Anda unggul dari yang lain. Selain itu, mendapatkan pengunjung setia juga membutuhkan ketekunan dalam membuat konten yang menarik.

7.Tidak mendaftarkan blog pada webmaster

Mendaftarkan blog ke webmaster tools merupakan hal wajib bagi seorang blogger, terkadang hal ini luput dari perhatian khusunaya mereka blogger baru padahal tujuannya mengenalkan ke mesin pencari bahwa blog kamu itu ADA. Jadi boleh dikunjungi oleh mereka. Apapun platform yang kamu gunakan, entah itu blogspot, wordpress.com ataupun wordpress self-hosted, bahkan tumblr sekalipun, kamu bisa dan wajib mendaftarkan blog kamu ke webmaster mesin pencari

Sekali lagi, bagi seorang pemula sebisa mungkin tidak melakukan hal-hal diatas secara terus menerus karena tidak mendatangkan apa-apa. yang terpenting untuk dilakukan berusaha meningkatkan kualitas postingan, agar mendapatkan nilai lebih di mata pengunjung. Dan kembali lagi pada tujuan awal pada saat ingin memulai menekuni dunia blogging ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *