Apa itu NTFS Pada Penyimpanan Harddisk di Komputer Windows

Diposting pada

Pengertian NTFS Dalam Media Penyimpanan Komputer



infomarsiandroidterbaru.blogspot.com – Buat kamu yang sering menggunakan media penyimpanan data seperti flashdisk atau harddisk dan media lainnya,jika kamu teliti dan telusuri sistem properti pada media tersebut,pasti kamu akan melihat model file system yang digunakan.


Mungkin kamu ada yang melihat atau sudah mengetahui bahwa file system yang digunakan harddisk atau flashdisk adalah NTFS,mungkin kamu bertanya-tanya apa itu NTFS ?


NTFS adalah kepanjangan dari New Technology File System atau disingkat dengan NTFS,NTFS merupakan sebuah model sistem penyimpanan file terbaru dari generasi sebelumnya yaitu FAT32.NTFS ini telah diperkenalkan oleh perusahaan microsoft yang dipakai OS Windows NT.


File System NTFS ini juga dapat digunakan oleh OS Windows NT generasi berikutnya seperti contoh di Windows 2000,Windows XP hingga Windows 10.Sehingga penggunaan sistem file NTFS ini sudah banyak digunakan di seluruh dunia.


Berikut ini adalah kelebihan NTFS


Memiliki kinerja sistem yang lebih tinggi dari FAT32


Untuk teknologi Harddisk yang memiliki / menggunakan filesystem NTFS dalam segi tes pemformatan bisa lebih cepat dibandingkan dengan FAT.Tes kecepatan transfer file juga lebih cepat NTFS,namun itu juga tergantung dari OS,Spesifikasi komputer,Spesifikasi media penyimpanan yang digunakan ( seperti SSD,Flashdisk,Non-Flashdisk dll). 



Dukungan Toleransi Kesalahan Sistem (Fault Tolerance)

Toleransi kesalahan disini maksudnya adalah jika ada kesalahan pada sistem penyimpanan harddisk komputer kamu maka otomatis harddisk kamu akan memperbaiki kesalahan tersebut dan tidak menampilkan errornya.Kamu dapat melihat error di log secara detil.


Keamanan Data

Bagaimana dengan keamanan menggunakan NTFS ? NTFS memiliki banyak fitur terkait masalah keamanan dalam peyimpanan,mulai dari fitur yang digunakan hanya untuk dibaca saja,ada juga fitur yang digunakan untuk menulis / mengedit data dan ada juga fitur untuk mengedit dan membaca data.

Kamu dapat memodifikasi bagaimana file kamu seharusnya di kontrol secara bijak dalam satu jaringan komputer ataupun singel computer untuk setiap hak akses dari administrator / computer client.


Ukuran Partisi


Ini adalah sebuah kelebihan dari filesystem NTFS,yaitu filesystem ini didukung ukuran partisi yang tidak terbatas.Ini sangat berguna buat kamu yang ingin menginstall komputer lalu membuat partisi harddisk dengan berbeda ukuran.Oleh sebab itu memformat harddisk dengan filesystem ke NTFS sangat menguntungkan.


Sistem Operasi Yang Mendukung NTFS


Berikut ini adalah beberapa OS yang support NTFS :


1.ChromeOS


2.Windows NT


3.Linux


4.Android


5.OpenSolaris


6.MacOS


7.NetBSD


8.FreeBSD


9.OpenIndiana


10.SmartOS


11.OmniOS


12.NexentaStor









Tags :

#ntfs dan fat32
#perbedaan ntfs dan fat
#ntfs vs fat32
#ntfs mac
#kelebihan dan kekurangan ntfs
#fat16 fat32 ntfs
#perbedaan fat16 fat32 dan ntfs

#ntfs android




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *