Apa itu partisi pada harddisk ?

Diposting pada

ilustrasi partisi

Apa itu partisi pada harddiks ?

Partisi adalah pembagian , pemisahan , atau penyekatan pada harddiks . Pembagian ini bentujuan agar mempermudah manajemen file . Selain mempermudah manajemen file , partisi juga  memiliki kegunaan , sebagai berikut :
  • Jika partisi / drive C terkena virus , pastisi lain akan tetap aman dari virus dan jika ingin memformat drive C , drive lain tidak terpengaruh .
  • Mempermudah windows dalam menindex file drive komputer .
  • Dapat menginstall lebih dari satu sistem operasi di dalam harddiks tanpa khawatir terjadinya tumpang tindih file .
Nah itu mengenai keuntungan partisi . di dalam partisi juga terdapat jenis jenisnya , tentu memiliki fungsi masing masing . 

Jenis jenis partisi pada harddiks

Primary partition

partisi ini merupakan patisi utama pada sebeuah harddiks . Partisi ini di peruntukan sebagi temapt penyimpanan dimana sistem operasi pada komputer terinstall . jumlah maksimal 4 partisi .

Extended partition

Partisi ini tidak menangani pengelolaan data secara langsung . Untuk dapat mengolah data , kita harus menambah partisi logical terlebih dahulu . 

Logical partition

merupakann bagian dari exteded partition . jenis inilah yang biasanya digunakan sebagai penyimpanan data . Jumlahnya bisa lebih dari empat .
Oke mungkin itu dia bahas bahas mengenai apa itu partisi pada harddisk ? apa kegunaanya ? apa jenis jenisnya ? . Semoga bermanfaat dan juga menambah wawasan . Terimakasih telah berkenan membaca artikel ini . Sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih menarik dan juga lebih bemanfaat . 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *