Apa itu Sistem Operasi ?

Diposting pada

Hallo sahabat setia JutsuCoding J

Mungkin sebagian orang ataupun pengunjung dari website ini ada yang sudah pernah menggunkan Linux, Windows dan Macintosh.

Nah itu semua merupakan sistem operasi yang biasa digunakan pada sebuah komputer. Android yang biasa kita pakai juga termasuk kedalam sebuah sistem operasi yang dikembangkan dengan teknologi kernel Linux. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Admin akan menjelaskan sedikit tentang definisi dari Sistem Operasi.

 

Logo Sistem Operasi

Apa itu Sistem Operasi  ?

Sistem operasi atau Oprating System adalah sebuah perangkat lunak (Software) yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen terhadap perangkat keras (Hardware) serta menjalankan operasi-operasi dasar pada sistem komputer, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti program-program untuk mengolah kata dan sebagainya.

Secara umum, sistem operasi berada pada lapisan awal didalam memori komputer pada saat komputer dinyalakan atau booting. Sedangkan software-software seperti aplikasi dijalankan setelah sistem operasi berjalan.

Setelah komputer melakukan booting kemudian sistem operasi akan menjalankan layanan inti untuk software-software tersebut. Layanan inti yang akan dijalankan oleh sistem operasi yaitu seperti akses ke disk, manajemen memori, penjadwalan tugas schedule task, dan antar-muka user GUI/CLI. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “Kernel” pada suatu sistem operasi

 Baca Juga :  Pengertian dan Fungsi Kode ASCII

Macam – Macam Sistem Operasi

Sistem operasi utama yang digunakan komputer pada umumnya terbagi menjadi 3 kelompok besar:

1.  Sistem MicrosoftWindows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012), dan Windows Terakhir yaitu Windows 10 (Dirilis pada Juli 2015)).

BACA JUGA :  Pengetian open source

2.  Sistem Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, Zeath OS (berbasis kernel linux yang dimodifikasi.)MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.

3.  Sistem Mac OS, merupakan sebuah sistem operasi yang dikeluarkan oleh Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. 

Fungsi Sistem Operasi

  • Sistem operasi membuat komputer menjadi lebih mudah dan menarik serta nyaman untuk digunakan.
  • Sistem operasi berfungsi untuk memanajemen dan menjalankan software atau hardware pada komputer.
  • Sistem operasi memungkinkan sumberdaya komputer digunakan secara efisien.
  • Sistem operasi yang disusun/diprogram sedemikian rupa memungkinkan menerima perubahan/pengembangan baru yang efektif dan efisien, dapat melakukan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang telah ada.

REFERENSI :

Wikipedia – Pengertian System Operasi

—————————————————————————————————

Oke, mungkin penjelasan dari admin cukup sampai disini saja, tidak lupa juga Admin mengucapkan Terimakasih banyak kepada kalian semua yang telah mengunjungi website Jutsu Coding, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang sedang mencari materi seputar Sistem Operasi. Selebihnya kami mohon maaf bila ada kesalahan kata atau ejaan yang kurang tepat.

Terakhir jangan lupa juga untuk selalu support Jutsu coding dan follow juga Fansfage Facebook dan Instagram Jutsu Coding untuk mendapatkan informasi terkini seputar Teknologi Informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *