Cara Kompres Gambar Dan Foto di Libre Office Drawing

Diposting pada

Kompres Gambar Atau Foto Dengan Mudah


infomarsiandroidterbaru.blogspot.com – Hari ini saya akan share bagaimana cara mengecilkan ukuran gambar di lembar kerja libre office atau biasa kita sebut dengan mengkompres gambar.Libre Office yang saya gunakan adalah Libre Office Drawing.


Kita dapat mengecilkan ukuran atau size foto atau gambar dengan mudah di libre office drawing,karena dilembar kerja tersebut menyediakan fitur compress.Jadi buat kamu yang belum tahu kalau di libre office drawing bisa compres gambar,ini akan sangat berguna buat kamu.


Libre Office Drawing digunakan untuk mengedit foto atau gambar atau menggambar desain yang sesuai dengan fitur-fitur yang disediakan libre office drawing.


Cara Mengecilkan size gambar di Libre Office Drawing


1.Buka lembar kerja Libre Office Drawing


2.Ambil gambar yang ingin kamu kompres atau kecilkan,cara mengambilkan bisa memilih Insert kemudian pilih menu Image,dan kemudian pilih dimana gambar yang kamu simpan di komputer kamu


3.Kemudian klik kanan pada gambar tersebut lalu pilih menu Compress


Menu Compress di Libre Office Drawing
Menu Compress di Libre Office Drawing



4.Kemudian kamu bisa memilih mengecilkan gambar pada menu Compression,kamu bisa memilih Quality JPEG atau PNG Compression.



Compress Image Libre Office Drawing
Compress Image Libre Office Drawing



Karena format foto saya menggunakan JPEG atau JPG maka saya akan memilih Quality JPEG ,Lalu kamu bisa mengecilkan gambar dengan kualitas yang kamu inginkan.


Jika kamu ingin mengecilkan gambar 10% saja,maka kamu bisa memilih 90,atau jika kamu ingin mengecilkan gambar hingga 20% maka kamu bisa memilih 80 atau jika kamu ingin mengecilkan gambar hingga setengahnya kamu bisa memilih 50.


Untuk saat ini saya akan memilih 80.


Pada gambar diatas kamu bisa melihat size jika kamu kecilkan,dengan cara menekan tombol Calculate New Size,maka size saya menjadi 32kiB.Jadi size ini sudah berkurang,karena ukuran sebelumnya adalah 44kiB.


Jika sudah selesai kamu bisa menekan tombol OK


Mudah bukan cara kompres foto atau gambar di libre office drawing ? dan kamu sekarang bisa menyimpan foto atau gambar yang sudah kamu kecilkan sizenya.Lalu bagaimana cara menyimpan foto yang sudah dikecilkan sizenya ?


Cara menyimpan foto di Libre Office Drawing 


Jika kamu sudah mengecilkan gambar atau foto,maka jika kamu menyimpan,maka biasanya akan menyimpan sesuai dengan format lembar kerja yang kamu gunakan.Jadi jika kamu menggunakan lembar kerja libre office drawing,maka bisanya jika kamu menyimpannya akan menjadi format ODF Drawing.


Untuk saat ini,kamu bisa menyimpan foto tersebut dengan menggunakan format JPEG atau JPG,berikut ini cara menyimpan gambar di libre office drawing dengan format JPG / JPEG :


1.Klik kanan pada gambar yang ingin kamu simpan menjadi format JPEG


2.Kemudian pilih menu Save 


Save Gambar JPG di Libre Office Drawing
Save Gambar JPG di Libre Office Drawing




3.Lihat pada Save as type maka otomatis akan menggunakan format JPEG ( Joint Photographic Expert Group )


Kemudian kamu bisa memberi nama file gambar tersebut dan jika sudah selesai,maka kamu bisa menekan tombol Save



Demikian cara kompres gambar dengan mudah menggunakan libre office drwaing,semoga informasi ini bisa membantu kamu,Gbu )





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *