Cara Kompres Gambar Foto di Libre Office Impress Presentation

Diposting pada

Kompres Gambar di Libre Office Impress Presentation


infomarsiandroidterbaru.blogspot.com – Hari ini saya akan memberikan informasi bagaimana cara mengecilkan ukuran size gambar atau foto di Libre Office Impress Presentation.Buat kamu yang belum tau apa itu lembar kerja Impress Presentation maka akan saya jelaskan.


Libre Office Impress Presentation adalah lembar kerja Libre Office yang berfungsi untuk membuat file yang bertujuan untuk Presentasi yang akan ditunjukan untuk tugas sekolah,pekerjaan,bisnis,dan lain-lain.


Libre Office Impress Presentation ini secara fungsional mirip dengan Microsoft,Microsoft juga memiliki lembar kerja yang digunakan untuk presentasi,namanya adalah Microsoft Power Point.Jadi buat kamu yang terbiasa menggunakan Microsoft Office,maka kamu tidak asing lagi mendengar Power Point.


Cara Mengkompres gambar di Impress Presentation

Impress Presentation memiliki fitur yang unik dengan lembar kerja lainnya,jika kamu membutuhkan sebuah fitur untuk mengurangi ukuran gambar yang memiliki size besar,misal hingga 1 MB.Maka Libre Office Impress Presentation ini memiliki fitur tersebut.

Jadi kamu tidak perlu menginstall aplikasi di luar Libre Office untuk kebutuhan mengurangi ukuran gambar dari MB ke kB atau dari ukuran kB besar hingga ke kB kecil,misal dari 500 kb ke 300 kb dengan ukuran lebar dan tinggi pixel yang sama.


Compress adalah menu yang dimiliki oleh Libre Office Impress untuk mengurangi ukuran size foto atau gambar.Dengan adanya fitur tersebut,kamu dapat menggunakan gambar yang tidak memberatkan kinerja file yang akan dibuka nanti pada saat presentasi.


Berikut ini adalah cara menggunakan menu compress di Libre Office Impress Presentation :


1.Buka lembar kerja Libre Office Impress Presentation di komputer atau laptop kamu


2.Kemudian ambil gambar yang akan di kompres nantinya.


3.Kemudian klik kanan pada gambar tersebut,lalu pilih menu Compress



Compress Image Libre Office Presentation
Compress Image Libre Office Presentation


4.Kemudian akan muncul kotak pengaturan Compress Image,lalu kamu bisa memilih Compression JPEG Quality atau kamu juga bisa memilih PNG Compression.


Compress Image - Cara kompress gambar di Impress Presentation
Compress Image – Cara kompress gambar di Impress Presentation



Karena foto atau gambar saya memiliki format jpg atau JPEG,maka saya akan memilih JPEG Quality,Kamu bisa menurunkan size gambar tersebut ke 90 sampai 1.


Keterangan :


** Jika kamu ingin compress gambar 10% saja dari gambar aslinya maka kamu bisa memilih 90

** Jika kamu ingin compress gambar 20% saja dari gambar aslinya maka kamu bisa memilih 80
** Jika kamu ingin compress gambar 30% saja dari gambar aslinya maka kamu bisa memilih 70

Dan seterusnya ..


Jadi kamu bisa memilih dari angka 90 sampai 1 untuk mengurangi kualitas jpg tersebut,semakin kecil angka yang kamu pilih maka size foto kamu akan semakin kecil.


Kamu bisa melihat ukuran size dengan cara menekan tombol Calculate New Size,nanti disitu akan terlihat ukuran gambar yang sudah dikecilkan.Pada gambar diatas size awal saya adalah 44 kiB,maka jika saya kecilkan Quality JPEG ke 80 maka size gambarnya menjadi 19 kiB.


Jika sudah maka bisa menekan tombol OK


Maka size gambar atau foto kamu bisa kecil dengan ukuran lebar dan tinggi gambar yang sama seperti sebelumnya.(lihat gambar dibawah ini)


Contoh Gambar di Libre Office Impress Presentation
Contoh Gambar di Libre Office Impress Presentation



Sepertinya mudah untuk kompres gambar di impress presentation bukan ?,dibawah ini adalah contoh jika kamu mengecilkan JPEG Quality hingga 50,maka size gambarnya menjadi 11kiB 





Semoga tutorial diatas dapat membantu kamu,Gbu 🙂





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *