Cara Koneksi Bluetooth Mini Speaker JBL T5 ke HP Android

Diposting pada

Salah satu Produk Mini Portable speaker merek T5 JBL (KW) alias JBL palsu buatan China memang banyak menggoda konsumen untuk membelinya. Dengan harga sekitar 36 Ribuan, Saya sempat mencoba sendiri bagaimana kualitas suaranya. Bahkan dengan harga jauh dibawah produk JBL Asli yang ratusan ribu, Fiturnya-pun lengkap seperti Koneksi Bluetooth, FM Radio, Pembacaan file dari MicroSD dan juga Flashdisk.

Koneksi bluetooth T5 Mini speaker ke android

Suara yang dikeluarkan speaker Bluetooth T5 JBL cukup bagus dengan Bass yang empuk. Bahkan saat saya keraskan dengan volume maksimal, Suaranya tidak gember, tetap halus dan enak didengar. Namun jangan berharap banyak dengan daya baterai yang cepat habis, maklum produk abal-abal.

Meski demikian, kelebihan speaker mini T5 ini meskipun baterainya cepat habis, bisa diakali dengan mencolokkan ke powerbank atau charge sambil dimainkan. Jadi tidak perlu mematikan perangkat tetap bisa menyala meskipun kondisi sedang di cas baterainya.

Menghubungkan Bluetooth Speaker T5 JBL ke Android

Bagi anda yang belum bisa mengkoneksikan Bluetooth HP Android dengan Speaker mini T5, atau selalu gagal dan terjadi error ketika proses sinkron kedua perangkat, Admin akan membagikan tipsnya. Dimana hampir semua merek HP Android seperti Xiaomi, Samsung, OPPO, Vivo dan lainnya dapat dihubungkan karena T5 Speaker memiliki spesifikasi bluetooth versi 4.2.

Di bawah ini saya contohkan cara sinkron Bluetooth HP Android Xiaomi Redmi Note 7 dengan Speaker Portable T5, silahkan disimak.

Cara Koneksikan T5 Speaker mini JBL ke Android

Pairing menu bluetooth android ke T5 Mini speaker

  1. Aktifkan Bluetooth di android dan Nyalakan Speaker
  2. Tekan tombol ‘M‘ sampai terdengar bunyi ‘Bluetooth Mode‘ dan lampu berkedip
  3. Di ponsel masuk ke menu pengaturan > Koneksi nirkabel > Bluetooth
  4. Bila sudah ada tulisan ‘Speaker T5‘ perangkat tersedia, silahkan di klik
  5. Konfirmasi sinkronisasi dengan menekan tombol Pasang atau sambung
  6. Bila speaker berbunyi menandakan notifikasi penyambungan berhasil, Tutup menu setelan ponsel.

Sekarang coba nyalakan aplikasi youtube atau player musik untuk memutar lagu, Bila suara sudah terdengar di speaker berarti sinkron berhasil. Bila ingin mengeraskan suaranya, bisa dari ponsel atau dengan menekan beberapa saat tombol volume.

Fungsi Tombol Speaker Bluetooth T5 JBL

Keempat tombol pada T5 Mini Speaker memiliki fungsi berbeda, baik itu cara menekan satu kali atau tekanan lama beberapa saat.

  • Tombol M, Berfungsi memilih 3 mode yang berbeda. Dimana T5 Speaker memiliki mode FM Radio, TF Mode (Pembacaan dari memori MicroSD / Flashdisk) dan Bluetooth mode.
  • Tombol segitiga, Untuk memulai (Play) atau menjeda (Pause) saat musik sedang dimainkan. Sedangkan saat dalam mode FM, tombol segitiga yang ditekan beberapa saat akan mencari channel frekuensi radio secara otomatis.
  • Tombol + dan -, Fungsinya bila ditekan lama bisa untuk mengecilkan dan membesarkan volume suara, sedangkan saat ditekan singkat maka fungsinya berubah yaitu untuk berpindah track lagu atau video. Sedangkan saat berada di mode FM, menekan singkat akan mengganti saluran channel radio.

Tidak hanya untuk HP Android saja, Speaker Mini T5 ini bisa juga dikoneksikan ke Laptop / Komputer dan Tablet PC. Bahkan saat saat ada telepon masuk di ponsel, Otomatis suara penelepon akan terdengar di speaker sebagai pengeras suaranya.

Demikianlah tips singkat cara menghubungkan HP Android dengan Mini Speaker Portable JBL T5, Bila ada yang masih kesulitan mempraktekkannya, silahkan bertanya pada kolom komentar di bawah artikel ini, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *