Cara Koneksi PHP ke MySQL Dengan Menggunakan PDO

Diposting pada
koneksi php ke mysql dengan pdo

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat sebuah tutorial tentang Cara Koneksi PHP ke Database MySQL dengan menggunakan PDO (PHP Data Object).
PDO merupakan sebuah class yang ada pada PHP untuk mengintegrasikan PHP dengan Database. Cara penggunaannya pun agak berbeda dengan Mysqli, PDO harus dibuatkan dulu ‘object’ dengan menggunakan perintah ‘new’. Lihat contohnya dibawah ini:

$db = new PDO(mysql:host=host_name;dbname='nama_database',"nama_user","password_user");
dalam contoh diatas dapat dijelaskan, pertama $db merupakan nama variable, kedua new adalah perintah untuk membuat sebuah object dari class, yang mana dalam contoh diatas class nya adalah PDO. Lalu, didalam class PDO kita harus mengisi beberapa parameter diantarana nama database server (mysql, mssql, dll). lalu nama host (seperti localhost). setelah itu nama database, nama user (biasanya root) dan terakhir password mysql anda. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh yang telah saya buktikan dibawah ini.

<?php
$pdo_conn = new PDO("mysql:host=localhost;dbname=pdo_test","root","");
echo "Koneksi Berhasil";
?>

Menggunakan Block Try Catch 

Atau, selain dengan menggunakan cara diatas, anda juga bisa memasukan syntax diatas kedalam block try catch. Apa itu try catch?, try catch sama saja seperti if else, hanya saja yang menjadi perbedaannya adalah if else bisa digunakan untuk lebih dari 2 kondisi, sementara try catch hanya dua kondisi. Sementara itu, cara kerja try catch sendir yaitu dengan mengeksekusi terlebih dahulu syntax yang ada didalam block try, jika block try terjadi error, maka block catch yang akan dieksekusi. Untuk lebih jelasnya lihat contoh nya dibawah ini.

Baca Juga : Pengertian Ope Source


<?php
try{
$pdo_conn = new PDO("mysql:host=localhost;dbname=pdo_test","root","");
echo "Koneksi Berhasil";
}
catch(PDOException $e){
echo "Koneksi Gagal";
}
?>


Jika file php diatas dijalankan, maka yang akan tampil di layar adalah “Koneksi berbasil” (tanpa tanda petik). Sebaliknya, jika di block try terjadi error misal salah mengetikan nama user atau database maka block catch yang akan dieksekusi. Sehingga, yang akan tampil dilayar adalah “Koneksi Gagal” (tanpa tanda petik). Menggunakan Konsep OOP Kalian juga bisa menggunakan konsep OOP yanitu dengan menyisipkan block try catch kedalam method yang ada pada sebuah class. untuk lebih jelasnya silahkan simak syntax nya diabwah ini.

<?php
class db_connection
{
protected $db_conn;
public $db_name = 'pdo_test';
public $db_user = 'root';
public $db_pass = '';
public $db_host = 'localhost';

function connect()
{
try
{
$this->db_conn = new PDO("mysql:host=$this->db_host;dbname=$this->db_name",$this->db_user,$this->db_pass);
return $this->db_conn;
}
catch(PDOException $e)
{
return $e->getMessage();
}
}
}
$db_connection = new db_connection();
$this->link = $db_connection->connect();
?>
Dalam syntax diatas dapat dijelaskan, class db_ connection merupakan suatu block statement yang di dalam class db_ connection tersebut terdapat beberapa property, untuk menyimpan data database, serta terdapat satu method yaitu method connect untuk yang didalam method tesebut terdapat syntax untuk mengkoneksikan database dengan php. Sementara itu, untuk menjelankan class diatas yaitu dengan membuat object dari class db_ connection, selanjutnya memanggil method connect agar syntax yang ada di dalamnya dapat dieksekusi.
Sekian dulu tutorial mengenai koneksi php ke mysql dengan menggunakan PDO. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *