Cara Membuka Local Disk Yang Terkunci Bitlocker

Diposting pada

Partisi Harddisk Kamu Terkunci Bitlocker ? , Gini Cara Bukanya ..

Isi Postingan Artikel :

  1. Cara Membuka Partisi Drive / Local Disk Yang Terkunci Bitlocker Windows
  2. Cara Mengatasi Lupa Password Locak Disk D / C Dengan Recovery Key Bitlocker
  3. Cara Menonaktifkan / Mematikan Service Bitlocker // Disable Bitlocker Windows
  4. Penutup

infomarsiandroidterbaru.blogspot.com – Hari ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuka partisi harddisk yang terkunci oleh software bitlocker di OS Windows 10 atau Windows 8 atau di Windows 7 . Hal ini bisa saja terjadi karena kamu kemungkinan lupa password dari Bitlocker tersebut.

Bitlocker adalah aplikasi pengunci harddisk komputer atau laptop yang biasanya tersedia secara otomatis di OS Windows 10.Jika kamu pengguna windows 10,maka kamu bisa menggunakan fitur tersebut yang mengunci partisi harddisk atau ssd di komputer tanpa aplikasi tambahan seperti aplikasi mengunci harddisk atau SSD lainnya.

Software Bitcloker ini dapat mengunci semua jenis partisi harddisk mulai dari partisi :

  1. Local Disk C
  2. Local Disk D
  3. Local Disk A
  4. Local Disk B
  5. Local Disk E
  6. Local Disk F
  7. Local Disk G
  8. Disk Drive C
  9. Disk Drive D
  10. Disk Drive A
  11. Disk Drive B
  12. Disk Drive E
  13. Disk Drive F
  14. Disk Drive G
  15. Dan masih banyak penamaan untuk partisi harddisk 
Dengan adanya fitur Bitlocker maka seseorang tidak bisa sembarangan membuka data pada partisi tertentu di laptop atau PC komputer kamu.Sehingga ini akan membuat data kamu tetap aman dan tetap terlindungi meskipun kamu sedang tidak menggunakan komputer.

Kamu bisa membuka kembali partisi harddisk atau ssd di komputer atau laptop kamu dengan mudah jika kamu menguncinya menggunakan Bitlocker.Berikut ini adalah cara membuka Local Disk yang terkunci oleh bitlocker.

Membuka Dengan Cara Memasukan Password Bitlocker 

Cara Membuka Local Disk Yang Terkunci Bitlocker

Ini adalah cara yang lebih normal,cara membuka partisi local disk yang terkunci dengan bitlocker adalah memasukan password untuk membuka drive atau local disk di laptop atau PC komputer kamu.Buat kamu yang mengingat password bitlocker,mungkin ini terdengar sangat mudah bukan ?

Berikut ini cara membuka partisi harddisk yang terkunci bila kamu mengingat password bitlocker :

  1. Klik 2 kali pada local disk yang ingin kamu buka ( contoh local disk C atau local disk D )
  2. Maka akan muncul kotak “Enter Password to unlock this drive“,lalu masukan password atau kata sandi bitlocker tersebut
  3. Lalu tekan tombol Unlock
  4. Maka selamat kamu sekarang partisi harddisk atau ssd komputer kamu sudah terbuka di windows 10

Cara Membuka Partisi Harddisk dengan Recovery Key Bitlocker

Recovery Key Bitlocker Windows 10

Yang kedua kamu bisa menggunakan recovery key yang tersimpan dikomputer kamu pada saat memasang bitlocker pada partisi harddisk atau ssd komputer kamu.Biasanya pada saat kamu ingin mengunci dengan password bitlocker,maka pada tahap tertentu bitlocker akan menyediakan recovery key yang bisa kamu simpan di komputer atau memori luar seperti flashdisk.

Recovery Key ini sangat berguna buat yang lupa password bitlocker,dengan adanya recovery key maka kamu bisa masuk ke local disk atau disk drive harddisk komputer atau laptop kamu.Cara menggunakan recovery key sangat mudah,begini caranya :

  1. Klik 2 kali pada local disk yang ingin kamu buka ( contoh local disk C atau local disk D )
  2. Maka akan muncul kotak “Enter Password to unlock this drive“,lalu masukan password atau kata sandi bitlocker tersebut
  3. Kemudian klik More Options
  4. Kemudian klik lagi Enter Recovery Key
  5. Kemudian masukan kode recovery keynya ,kamu bisa membuka file kode recovery key yang sudah kamu simpan pada saat memasang bitlocker.
  6. Selamat kamu bisa membuka kembali partisi local disk atau disk drive pada harddisk atau ssd komputer kamu

Menonaktifkan atau Mematikan Bitlocker / Disable Bitlocker

Cara yang ketiga mungkin bisa kamu lakukan untuk membuka partisi local disk atau disk drive komputer yang terkunci password bitlocker.Cara ini mungkin bisa kamu lakukan bila kamu benar-benar lupa password partisi local disk harddisk komputer yang terkunci di bitlocker.

Dan juga bagi kamu yang lupa dimana menyimpan kode Recovery Key Bitlocker,sehingga kamu benar-benar tidak dapat membuka local disk atau disk drive komputer kamu.

Cara yang ini adalah menonaktifkan atau mematikan Bitlocker di Windows 10 kamu,jika kamu sudah menonaktifkan fitur bitlocker karena tidak mengetahui password bitlocker dan kode recovery key bitlocker itu artinya bahwa kamu sudah tidak bisa lagi menggunakan fitur bitlocker lagi untuk mengunci partisi local disk pada harddisk komputer.

Cara Mematikan Fitur Bitlocker / Disable Bitlocker 

  1. Buka menu pencarian windows kamu,nama menu pencarian ini adalah “Type here to search” di Windows 10 menu pencarian ini terletak disebelah kanan logo windows di desktop paling bawah.
  2. Kemudian kamu ketik Services
  3. Lalu pilih dan klik kanan pada Bitlocker Drive Encryption Service
  4. Kemudian  pilih menu Stop
  5. Maka otomatis bitlocker kamu sudah dalam keadaan mati atau off atau disable
Sepertinya mudah bukan cara mematikan service bitlocker ?dengan mematikan service maka kamu bisa membuka partisi local disk C / D / A / B pada harddisk komputer atau laptop dengan OS Windows 10 / 7 / 8 / XP  tanpa menggunakan password bitlocker.

Penutup

Demikian informasi tentang cara membuka local disk atau disk drive pada harddisk komputer atau laptop dengan OS Windows,Semoga informasi ini bisa membantu kamu Gbu 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *