Cara Mempercepat Loading Blogger 2020 Paling Efektif

Diposting pada

NaminaMarwan – Pada Kesempatan Kali ini Saya Akan membagikan Cara Mempercepat Loading Blog/Website. SEO On Page merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diterapkan pada sebuah website, sebab ada banyak sekali cara untuk melakukan optimasi SEO On Page, salah satunya ialah dengan mengoptimasi kecepatan website itu sendiri.

Dengan melakukan optimasi pada sebuah blog maka hal itu juga dapat membuat para pengunjung kita merasa nyaman sehingga dapat meningkatkan kualitas blog kita. Untuk mengoptimasi juga tergolong sangat mudah dan simpel, silahkan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengoptimasi Loading Blog/Website Agar Fast Loading.

HilapNamina.blogspot.com

1. Mencopot Widget

Langkah pertama yang dapat kalian lakukan ialah mencopot semua widget yang tidak penting, sebab terlalu banyak widget maka loading blog kita akan menjadi berat sehingga waktu untuk menampilkan halaman blog kita sangat lama.

2. Membatasi Jumlah Postingan

Membatasi jumlah postingan pada beranda alias homepage juga dapat mempengaruhi kecepatan blog. Semakin banyak jumlah artikel yang tampil di homepage maka akan semakin berat pula loading blog kita. Maka dari itu kita harus membatasi jumlahnya dengan menampilkan maksimal 4-8 artikel saja.

3. Membatasi Jumlah Iklan

Iklan merupakan sebuah media promosi yang paling efektif untuk mandapatkan sumber penghasilan dari blog, sebab melalui iklan inilah para blogger akan mendapatkan uang atau bayaran dari para pengiklan karena telah memasarkan produknya.

Perlu kalian ketahui juga, memasang iklan banner itu sama saja kita memasang sebuah widget. Jadi hal ini juga dapat mempengaruhi loading blog, terutama iklan banner yang memakai gambar berukuran besar.

Maka dari itu kita harus mengoptimalkan pemasangan iklan agar tidak mengganggu performa blog dengan membatasi jumlah iklan tersebut.

4. Mengecilkan Size File Gambar

Mengecilkan ukuran file gambar ternyata juga dapat berpengaruh besar dengan kecepatan blog, sebab gambar menjadi file yang sangat membutuhkan banyak sekali resource. Maka dari itu sebelum kita memposting gambar di artikel blog sebaiknya kita harus mengompresinya terlebih dahulu.

Untuk mengkompresi sebuah gambar kita dapat memakai software Adobe Photoshop atau bisa juga dengan memakai tool online di internet seperti TinyPNG dan masih banyak lagi.

5. Gunakan Script Lazy Load Gambar

Jika kalian tidak ingin repot repot untuk mengurusi file gambar, maka kalian bisa mengakalinya dengan memasang script lazyload untuk gambar seperti yang sudah saya tunjukkan di tutorial sebelumnya.

6. Pasang Script Lazy Load Iklan Adsense

Khusus untuk kalian para publisher iklan google adsense, kalian dapat memanfaatkan script lazyload iklan adsense yang satu ini agar loading blogmu tetap stabil walaupun kamu memasang banyak iklan di halaman blog tersebut.

7. Minify Kode CSS Dan JS

Kode CSS dan JavaScript merupakan sebuah kode membutuhkan banyak sekali sumber daya, sebab kode ini dapat dipakai untuk memanipulasi tampilan ataupun mengeksekusi sebuah data, sehingga kode ini sering ditulis berulang-ulang.

Agar tidak menghabiskan banyak resource, maka kita dapat mengkompresi kode CSS dan JS dengan memanfaatkan tool Minify Code yang bisa kalian gunakan di halaman berikut Css And Javascript Minify Tool untuk mengurangi karakter yang tidak penting pada script tersebut.

Selain itu juga kita dapat mengumpulkan semua script CSS dan JS menjadi satu tempat agar lebih praktis.
Contoh kode script internal yang sudah diminify:
Kode CSS

<style>
/* related post */
.widget_popularpost{}
/* popular post */
.widget_sosialmedia{}
/* label post */
.widget_label{}
</style>

Kode JS

<script>
// kode untuk related post
var_relatedpost{()};
// kode untuk featured post
var_featuredpost{()};
// kode untuk lazy load
var_lazyload{()};
</script>

8. Gunakan Internal Script

Selain melakukan kompresi file CSS dan JS pada template blogger, kita juga dapat meringankan loading blog dengan melakukan trik berikut. Yaitu menerapkan metode pemasangan script di internal.

Pada penempatan atau pemasangan sebuah script css dan js biasanya banyak yang diletakkan disimpan di hosting luar agar bisa diakses oleh banyak blog.
Namun hal ini tentu saja akan memperlambat loading blog karena request data skrip tersebut harus menunggu respon dari server dan juga dipengaruhi oleh banyaknya client yang mengakses server tersebut, sehingga waktu yang diperlukan untuk megeksekusi script tersebut akan lama.
Contoh script eksternal:
CSS

<link href='https://maxcdn.bootstrapcdn.com/font-awesome/4.5.0/css/font-awesome.min.css' rel='stylesheet'/>

JS

<script src='https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/3.2.0/jquery.min.js'/>

Di sisi lain pengnyimpanan skrip di internal yang akan membuat proses request data menjadi cepat dan tidak ada gangguan server luar, selain itu pengelolaan script di internal script juga akan lebih mudah.

Contoh script internal:
CSS

<style>
/* tombol sosmed*/
.socmed_btn{display:block;margin:10px;text-align:center}
.socmed_btn a{text-decoration:none;display:inline-block}
</style>

JS

<script type='text/javascript'>
//Numbered Navigation Menu
  /*<![CDATA[*/
    var perPage=8;
    var numPages=2;
    var prevText ='« Previous';
    var nextText ='Next »';
    var urlactivepage=location.href;
  /*]]>*/
</script>

Lantas apa solusinya? solusinya kalian hanya perlu menyalin kode css dan js yang kalian simpan di hosting eksternal, lalu kalian simpan di dalam template blog kalian sendiri.

9. Menghapus Kode Bawaan CSS, JavaScript Dan Widget Bundle Blogger

Blogger merupakan sebuah platform media sosial berjenis blog, platform ini dapat kita nikmati dengan gratis namun kita tidak dapat leluasa dalam melakukan optimasi karena kita hanya menumpang di hosting google.

Sehingga kita tidak bisa menghapus script bawaan blogger yang berfungsi untuk mengeksekusi data seperti widget contact form, email subscribe, kolom komentar dan widget blogger lainnya. Tentu hal itu bisa saja membuat loading blog menjad lamban akibat terlalu banyaknya script yang akan diekseskusi.

Untuk mengatasi hal tersebut kita dapat melakukan trik agar script tersebut dengan memanipulasi kode pada tag head dan body. Untuk tutorialnya kalian bisa searching “Cara menghapus kode bawaan css bundle blogger“.

Cara ini akan memberikan resiko yang besar, sebab beberapa fungsi widget pada blogspot akan menjadi tidak berfungsi serta tampilan pada blog akan menjadi berubah meskipun tidak signifikan.

10. Ganti Template

Apabila kalian sudah menerapkan semua tutorial di atas namun masih tetap tidak membuahkan hasil setelah diuji di hasil pagespeed insights, maka bisa jadi masalahnya terletak pada template blog kalian.

Beberapa alasan template blog yang load speednya sangat lemot ialah, terlalu banyak kode CSS dan JS eksternal, banyak script yang error, terlalu banyak script yang tidak penting untuk ditampilkan, kode javascript yang di encrypt dan masih banyak lagi alasan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *