Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Ada Di Device Manager Windows

Diposting pada

Driver Bluetooth Tiba-Tiba Hilang di Device Manager ?

Isi Postingan Artikel:

  1. Penyebab bluetooth tidak ada di device manager windows 10 , Windows 8 , Windows 7 ,Windows XP
  2. Cara Mengatasi bluetooth tidak ada di device manager 

infomarsiandroidterbaru.blogspot.com – Hari ini saya akan membagikan informasi tentang driver bluetooth yang terinstall di komputer atau laptop saya dengan OS Windows 10,mungkin kejadian ini bisa terjadi untuk windows versi lainyya seperti Windows 8 , Windows 7 , Windows 8.1 , Windows Xp dll.

Error yang biasa dihadapi dari pengguna bluetooth di windows adalah tiba-tiba driver bluetooth hilang dari device manager ,padahal file bluetooth yang tersimpan di local disc C masih ada.Ini berarti bluetooth yang terinstall di device manage windows 10 tidak terdeteksi,sehingga nama driver bluetooth tidak tampil di device manager windows.

Ini biasa terjadi dibeberapa perangkat dan jenis manufaktur PC komputer dan juga pernah terjadi pada laptop.Sehingga penggunaan bluetooth di komputer menjadi terganggu karena tidak bisa digunakan lagi komputer yang kamu miliki saat ini.

Baca juga : DriverPack – Kumpulan Driver Untuk Beberapa Jenis Komputer

Penyebab bluetooth tiba-tiba hilang atau tidak muncul di device manager sepertinya sangat beragam,berikut ini adalah penyebab mengapa bluetooth tidak ada di device manager windows pada perangkat komputer atau laptop :

Penyebabnya bluetooth tidak ada di device manager windows

  1. Virus komputer (malware,trojan dll)
  2. Ini bisa menjadi penyebab mengapa bisa hilang tiba-tiba dari device manager,sehingga device bluetooth di windows tidak muncul atau bisa menjadi penyebab bluetooth tidak mendeteksi dengan baik.Ada kemungkinan virus telah menyerang driver komputer dengan tujuan tertentu.

  3. Sistem operasi / OS Windows sudah LEMOT
  4. Ini juga bisa menjadi alasan mengapa bluetooth tidak ada di device manager,ada kemungkinan bahwa sistem operasi windows yang kamu gunakan tidak mendukung hardware komputer kamu,atau juga ada kemungkinan lemot karena penggunaan RAM dan HDD komputer sudah penuh,sehingga beban kinerja komputer menjadi lambat dan terlihat lemot.

  5. Driver bluetooth gagal terinstall karena file corrupt
  6. Dari analisa saya ada kemungkinan file driver bluetooth yang kamu install mengalami corrupt,sehingga mengalami gagal pada saat proses penginstalan driver bluetooth.Ada kemungkinan kamu sudah mengira bahwa driver yang sudah kamu install sudah sukses atau berjalan dengan lancar,padahal driver tersebut gagal dalam proses penginstalan driver bluetooth.

  7. Driver bluetooth tanpa disadari telah dihapus / uninstall
  8. Ini adalah kemungkinan yang mungkin saja terjadi,tidak mungkin driver bluetooth yang sudah terinstall dengan baik maka tiba-tiba hilang dengan sendirinya.Ada kemungkinan tanpa kamu sadari bahwa kamu telah uninstall bluetooth tanpa sengaja atau tanpa sengaja kamu menghapus file bluetooth yang tersimpan di local disc c komputer.

  9. Driver bluetooth tidak mendukung pada tipe dan jenis manufaktur komputer
  10. Ini bisa saja terjadi bahwa bluetooth yang sudah terinstall di komputer kamu sudah tidak lagi mendukung pada OS dan komputer kamu.Atau ada kemungkinan driver bluetooth kamu termasuk versi lama,sehingga perlu untuk diperbaharui atau di upgrade driver device bluetooth di komputer kamu.

Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Ada Di Device Manager Windows

Jika bluetooth kamu benar-benar tidak ada atau tidak tampil di device manager windows ,maka cara mengatasinya ada 2 cara yaitu :

  1. Add legacy hardware
  2. Kamu bisa menambahkan atau menginstall driver bluetooth dengan fitur yang tersedia di device manager windows,kamu bisa melakukan add legacy hardware,nanti device manager akan mencari driver bluetooth yang tersedia atau yang sesuai dengan hardware dan OS yang kamu gunakan.

    Berikut ini cara Add legacy hardware bluetooth :

    **  Klik kanan pada ikon This PC yang tersedia di desktop windows yang kamu miliki.
    **  Kemudian pilih Properties
    **  Kemudian pilih Device Manager
    **  Lalu klik bluetooth ,Lalu klik menu Action , kemudian klik Add legacy hardware

    Add legacy hardware bluetooth di device manager

    Nanti akan muncul kotak “Welcome to the add hardware wizard” ,nanti bisa tinggal mengikuti inttruksi dari kotak tersebut ..

  3. Update driver bluetooth
  4. Mungkin ini bisa kamu lakukan untuk mengatasi bluetooth yang tidak terdeteksi atau bluetooth yang hilang dari device manager.Kamu bisa mencoba mengupdate bluetooth tersebut yang tersedia di masing-masing manufaktur komputer kamu.

    Untuk mempermudah,kamu bisa mengupdate di device manager,jika memungkinkan untuk update driver,semoga dengan cara mengupdate driver maka masalah error dari bluetooth yang kamu alami bisa terselesaikan.

  5. Install ulang driver bluetooth 
  6. Ini adalah solusi terakhir jika kamu masih menemukan masalah bluetooth tidak bisa mencari perangkat windows ataupun tidak terdeteksi di device manager.Install ulang driver bluetooth bisa menjadi solusi terakhir yang bisa kamu coba.Untuk cara menginstall bluetooth sangat mudah,kamu memerlukan file mentah driver bluetooth,lalu bisa kamu install di komputer kamu.

Demikian informasi tentang masalah atau error yang biasa terjadi pada driver bluetooth,semoga informasi ini bisa membantu kamu,GBu 🙂

Tags :

#bluetooth tidak ada di device manager windows 7#Terbaru 2020 / 2021 / 2022 / 2023 / 2025 /#
#bluetooth tidak ada di device manager windows 8# Pada Laptop atau PC Komputer#
#bluetooth laptop tidak bisa mencari perangkat windows 10#
#bluetooth tidak terdeteksi di device manager#
#bluetooth laptop tidak terdeteksi windows 10#
#bluetooth hilang di device manager windows 8#
#bluetooth usb dongle tidak terdeteksi#
#cara install bluetooth di windows 10#
#Download Driver Bluetooth di Windows 10 ,Windows 8 , Windows 8.1 , Windows 7# #Download DriverPack Windows 10# 2020 / 2021 / 2022 / 2023 / 2025 #Download DriverPack Windows 8# 2020 / 2021 / 2022 / 2023 / 2025 #Download DriverPack Windows 10# 2020 / 2021 / 2022 / 2023 / 2025 #Download DriverPack Kuyhaa Terbaru# #Download DriverPack bagas31 Terbaru#

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *