Cara Menghubungkan Hp ke TV tanpa kabel dengan mudah

Diposting pada

Jalur Tekno – Pernah ingin bermain game,menonton video atau browsing di hp tapi merasa kurang leluasa? Coba saja dengan menyambungkan HP android ke layar TV. Hal seperti itu sangat mungkin dilakukan dengan adanya teknologi canggih seperti sekarang.
Kali ini Jalur Tekno akan memberikan Tips dan Trik Cara Menghubungkan Hp Ke TV tanpa kabel dengan mudah | Jalur Tekno. Dengan demikian kita akan memaksimalkan penggunaan TV agar tidak hanya digunakan itu itu melulu. Bagi yang penasaran bagaimana cara menghubungkan hp ke tv tanpa kabel, berikut ulasan selengkapnya :

1. Menggunakan Chromecast

Cara menghubungkan hp ke tv bisa dengan menggunakan chromecast. Sebagai informasi, chromecast ini merupakan suatu perangkat adapter atau HDMI milik Google. Pada umumnya Chromecast memang biasa dipakai untuk streaming film, musik, atau untuk dapat mengakses internet lewat TV. Ketika ingin menyambungkan hp ke tv dengan perangkat ini, begini caranya.
● Download dan install dulu aplikasi Google home ke hp android. Google home ini punya fitur yang memungkinkan pengguna bisa dengan mudah mengatur chromecast nantinya. Aplikasi google home bisa ditemukan dengan mudah di internet.
● Jika sudah berhasil terinstall, silahkan hidupkan wifi pada android. Cara menghidupkan wifi android bergantung tipe masing-masing HP yang dipakai.
Setelah memastikan HP sudah hidup fitur wifinya, silahkan beralih ke TV. Ambil remote, kemudian alihkan ke channel HDMI memakai perangkat tersebut.
  Lakukan sinkronisasi. Caranya masukkan kode yang tertera di layar smart TV. Maka otomatis, HP akan terhubung dengan TV.
BACA JUGA :  Cara mendapatkan Susu SGM Gratis dari Alfamart

2. Menggunakan Miracast

Biasa disebut wireless display merupakan salah satu fitur bawaan dari smartphone. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat menghubungkan HP ke smart TV dengan bantuan wifi. Bagi yang punya perangkat smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur miracast maka tidak perlu lagi install aplikasi lain. Berikut cara menyambungkan HP ke TV dengan Miracast :
Pertama tentu saja pastikan dulu jika pada HP sudah tersedia fitur miracast di dalamnya.
Berikutnya ke TV, masuklah pada menu pengaturan. Kemudian cari opsi untuk mengaktifkan fitur miracast. Sayangnya setiap smart TV punya setelan sendiri-sendiri untuk mengaktifkan miracast. Silahkan cari informasinya di internet, sesuai merek TV yang digunakan.
Setelah fitur miracast diaktifkan, maka TV secara otomatis langsung memindai smartphone yang dalam posisi wireless displaynya menyala.
   Setelah itu buka HP masuk opsi setting -> connection & sharing -> cast
 Hp akan memindai TV yang fitur miracastnya sedang aktif. Tunggu sejenak hingga keduanya terhubung.

3. Memakai Allshare

Bagi yang punya android Samsung tipe galaxy series, bisa menggunakan Allshare ini sebagai penghubung HP ke TV. Caranya juga cukup sederhana yaitu :
     Hubungkan perangkat Allshare dengan TV menggunakan HDMI
     Lalu buka HP masuk ke setting lalu lalu pilih ‘screen mirroring’.
     Jika Hp sudah selesai mendeteksi perangkat, pilih allshare cast lalu segera input PIN
     Tunggu hingga keduanya terhubung, dan proses selesai.

4. Memakai Airplay

Airplay sebenarnya sama dengan aplikasi chromecast. Namun chromecast lebih ditujukan pada pengguna HP android. Sementara Airplay dipergunakan pada pemegang iPhone, Ipad, serta iPod.
Lalu chromecast untuk menghubungkan HP ke semua jenis smart TV. Sedangkan Airplay hanya bisa sinkron dengan Apple TV. Namun untuk bagaimana cara menghubungkannya, masih sama seperti aplikasi chromecast atau lainnya.

5. Menggunakan iMediaShare

Cara menghubungkan hp ke tv tanpa kabel juga dapat menggunakan aplikasi iMediaShare. Dengan aplikasi ini pengguna bisa dengan mudah melakukan streaming, main game, dan lainnya menggunakan layar smart TV. Cara menghubungkan HP dengan TV pakai aplikasi ini yaitu :
 Pasang dulu aplikasinya, dapat diunduh melalui google store.
 Lanjut aktifkan menu screen mirroring di perangkat smart TV.
Setelah itu buka aplikasi iMediaShare kemudian lanjutkan lakukan pairing ke smart TV.
●Jika sudah terhubung, maka cobalah buka beberapa menu di Hp. Pasti juga dapat muncul di layar smart TV secara bersamaan.
Itu tadi beberapa cara menghubungkan hp ke tv tanpa kabel. Sekarang tidak perlu khawatir saat kurang leluasa streaming film, atau bermain game di HP. Coba saja aplikasi di atas untuk membantu menghubungkan HP ke layar smart TV.
Bila ada yang ingin ditanyakan, anda bisa menggunakan fitur komentar yang ada atau langsung menghubungi Official Akun Fanspage, Di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *