Cara Mudah Memperbaiki “Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti”

Diposting pada
Cara Mudah Memperbaiki “Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti”

Ponselinux kali ini akan memberikan cara yang mungkin sudah banyak di berikan tutorialnya oleh blogger lain. Nah, biasanya untuk masalah sistem ui tidak berjalan karena beberapa alasan salah satunya karena hp sudah lama dan sudah melaukan banyak installasi pasang/copot aplikasi atau Ada kerusakan pada system, biasanya masalah terletak pada filenya yang terhapus/rusak. ini disebabkan jika kalian install ulang hp android kalian dengan tidak benar atau coba-coba sebelumnya bisa juga hp kalian pernah di root.

Untuk beberapa cara yang saya sebutkan pada catatan kali ini saya sarankan kalian back-up terlebih dahulu data penting jika ada. pindahkanlah ke SD Card atau yang lainnya yang lebih aman.
Ada beberapa cara sebenarnya untuk memperbaiki masalah pada sistem ui, berikut adalah bebrapa cara mudah yang bisa kalian coba.

Factory Reset
Ini adalah langkah paling mudah sebenarnya, dalam langkah ini kalian tidak perlu bantuan aplikasi apapun ataupun PC. melakukan Factory Reset  atau bisa dibilang setelan pabrik dapat kalian coba sendiri.

NOTE : Yang saya gunakan kali ini adalah Android versi 4.4.2 (Kitkat)
Untuk versi android lainnya letak restart ke pengaturan pabrik sama saja yaitu di bagian setting kalian tinggal cari saja.

SettingsSetelan LainnyaBuat Cadangan dan setel ulang – 
Tunggu sampai Selesai, Restart ulang otomatis.

Factory Reset dengan Masuk ke menu recovery mode.
Cara ini dilakukan jika hp kalian tidak bisa digunakan sama sekali, atau tidak bisa masuk ke pengaturan setting seperti cara di atas. dalam langkah berikut ini saya menggunakan Vivo Y15.

  • HP harus dalam keadan mati.
  • Tekan dan tahan tombol Volume Up + Power secara bersamaan sampai menyala.
“Untuk Navigasi/Atas-Bawah kalin tinggal gunakan tombol Volume untuk Konfirmasi/OK tombol Power” 
  • Setelah masuk ke menu recovery mode pilih “wipe data / factory reset” OK/tombol Power
  • Selanjutnya pilih “Yes — delete all user data” OK/tombol Power
  • Tunggu sampai Selasai
  • Kalau sudah selesai nanti akan kembal ke menu awal, kemudian pilih “reboot system now”
  • Tunggu proses Restart. maka akan kembali manyala seperti semual.
  • Selesai.

Flash/Flashing atau Instal Ulang Android
Jika cara yang diatas masih belum ampuh untuk memperbaiki sistem seperti semula biasanya masalahnya parah. cara satu-satunya ialah dengan melakukan flashing. cara ini memerlukan alat lain. seperti PC, Aplikasi flash, dan firmware yang cocok untuk hp kalian. untuk tutorialnya saya tidak menerangkannya dalam artikel ini. silahkan cari.

Jika kalian bingung atau tidak mengerti caranya melakukan flashing sebaiknya kalian cari toko hp yang bisa melakukan servis. cari gerai hp service center terdekat di kota kalian. ini sangat disarankan agar kerusakan tidak semakin parah atau timbul masalah baru.

Itulah beberapa cara memperbaiki masalah pada Sistem UI yang berhenti tiba-tiba dan semoga catatan singkat diatas dapat membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *