Cara Penomoran pada Halaman Word – Tutorial Microsoft Word #1

Diposting pada
Mungkin beberapa dari kalian ada yang masih belum mengetahui cara penomeran pada halaman Microsoft Office Word, nah oleh sebab itu admin akan membahasa mengenai Tutorial Cara Penomoran pada Halaman Microsoft Office Word


Logo Microsoft Office Word
Cara Penomoran pada Halaman
Pemberian nomor halaman pada berkas Word yang kita ketik akan sangat membantu kita untuk menunjuk letak informasi yang kita butuhkan. Namun terkadang format penomoran halaman tidak mesti seragam dalam file yang sama, kadang halaman pertama pada suatu bab ada di bawah tengah sedangkan halaman berikutnya mesti ada di pojok kanan atas, dsb.
1. Penomoran Biasa
Caranya, Insert > Page Number
Kemudian pilih letak nomor halaman, apakah di atas atau bawah? Di kanan, kiri atau tengah?

Gambar Insert Page Number
Gambar Insert Page Number
Format nomor halaman pun bisa dibuat berupa angka biasa atau arabic, angka romawi, dan huruf.
2. Penomoran Berbeda Format
Misal akan dibuat berkas dengan diawali dengan beberapa nomor berupa hauruf romawi kemudian masuk Bab 1 dimulai dengan nomor halaman 1 yang berada di bawah-tengah sedangkan halaman berikutnya ada di pojok kanan atas, maka kita bisa mencoba membuatnya dengan salah satu cara dan contoh:

Baca Juga : Cara membuat SEO Frindly di blog


a. Siapkan naskah buku/skripsi/proposal/laporan/makalah atau sebagainya.
b. Untuk membuat nomor halaman romawi pada halaman judul sampai kata pengantar, klik INSERT, pada group menu Header&Footer klik Page Number kemudian pilih Bottom of page dan pilih Plain number 2.
c. Maka halaman 1 akan terlihat pada halaman judul. Untuk merubah angka standart menjadi angka romawi, klik pada Page Number dan pilih Format Page Numbers.
d. Pada Number Format pilih i,ii,iii,…. Dan klik OK, maka nomor halaman akan berubah dari angka 1 menjadi i (angka romawi 1).
e. Sampai di sini semua halaman menggunakan angka romawi kecil.
f. Untuk membuat halaman BAB I dan seterusnya menjadi angka standart dimulai dari angka
1 tanpa merubah format nomor halaman sebelumnya, maka halaman BAB I harus dibuat SECTION BREAK.
Caranya adalah letakkan kursor pada halaman BAB I atau halaman yang nomor halamannya akan dirubah. Kemudian klik Ribbon Page Layout, dan klik Breaks pada group menu Page setup. Kemudian klik atau pilih Next page. Sampai disini new section break telah terbentuk.

Gambar Breaks Page
Gambar Section Break
g. Klik ganda pada Footer atau nomor halaman BAB I, pada ribbon Design, group menu Navigation, nonaktifkan tombol Link To Previous. Klik tombol tersebut sehingga tidak berwarna kuning lagi.
h. Hapus nomor halaman tersebut, kemudian pada ribbon Design, group menu Header&Footer klik Page Number. Dan pilih Format Page Numbers.
i. Pada number format ubah i,ii,iii,…. menjadi 1,2,3,… kemudian pada pilihan start at pilih 1 dan klik OK.

Baca Juga : Apa itu bahasa Assembly?

j. Sampai di sini sudah berubah, yaitu halaman judul sampai dengan kata pengantar menggunakan format nomor halaman menggunakan angka romawi kecil sedangkan pada halaman BAB I Pendahuluan menggunakan nomor halaman angka standart.
k. Untuk pengaturan letak halaman pada prinsipnya menggunakan cara yang sama yaitu menghilangkan fungsi link to previous dan start at pilih secara manual halaman yang anda butuhkan.
l. Latihan: buatlah halaman setelah Bab1 dengan Top of page dan pilih Plain number 3 sehingga penomoran dari pengantar, bab 1, isi bab 1 dst semakin bervariasi formatnya!
—————————————————————————————

Oke, mungkin penjelasan dari admin cukup sampai disini saja, tidak lupa juga Admin mengucapkan Terimakasih banyak kepada kalian semua yang telah mengunjungi website Jutsu Coding, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang sedang mencari materi seputar Microsoft Office Word. Selebihnya kami mohon maaf bila ada kesalahan kata atau ejaan yang kurang tepat.

Terakhir jangan lupa juga untuk selalu support Jutsu coding dan follow juga Fansfage Facebook dan Instagram Jutsu Coding untuk mendapatkan informasi terkini seputar Teknologi Informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *