Definisi Proses pada System Operasi lengkap beserta Jenis dan Bagaimana cara proses terbentuk

Diposting pada

Hallo sahabat setia JutsuCoding J

Setiap orang tentunya sudah pernah menggunakan beberapa sistem operasi seperti Windows, Mac OS, ataupun Linux. Tapi apakah kalian tau didalam sistem operasi yang sering kalian gunakan, terdapat beberapa elemen – elemen dan proses ? 

Nah untuk mengetahui penjelasan diatas, pada kesempatan kali ini Admin akan menjelasakan tentang proses yang ada didalam sistem operasi lengkap dengan penjelasan dan jenis – jenisnya. Oke kalo begitu kita simak saja penjelasan dibawah ini.


Proses dalam System operasi

PROSES DALAM SISTEM OPERASI


1) Apa Itu Proses Pada Sistem Operasi 

Proses adalah sebuah konsep utama pada sistem operasi. Yang berisi instruksi, data, program counter, register pemroses, stack data, alamat pengiriman dan variabel pendukung lainnya. Yang merupakan unit kerja terkecil yang secara individu mempunyai sumber daya dan dijadwalkan oleh sistem operasi.

Untuk kegiatan proses, sistem operasi berperan untuk mengelola segala proses pada sistem dan mengalokasikan sumber daya ke proses tersebut. Sehingga proses berjalan secara bersamaan, dimana setiap proses mendapatkan bagian-bagian memori dan kendalinya sendiri. Proses (program) memiliki 2 prinsip yaitu :

  1. Independent, adalah program-program tersebut berdiri sendiri, tidak saling bergantung dan terpisah.
  2. One program at any instant, adalah hanya satu proses yang dilayani oleh pemroses pada satu waktu.

2) Jenis – Jenis Proses Yang Terdapat Pada Sistem Operasi

Pada sistem tunggal, seperti Microsoft Windows dan Macintosh OS, seorang pengguna mampu untuk menjalankan beberapa program pada saat yang sama. Seluruh aktivitas didalam sistem operasi disebut dengan proses (processes). Di dalam Proses sistem operasi tersebut terdapat beberapa istilah seperti :

  1. Multiprogramming (multitasking) Dapat menjalankan banyak proses (Program) dalam satu prosesor secara bersamaan dan tiap proses mendapat bagian memori dan kendali itu sendiri
  2. Multiprocessing Dapat menjalankan banyak proses di komputer multiprocessor. 
  3. Distributed processing Dapat Memanajemen banyak proses yang dieksekusi di banyak sistem komputer yang tersebar (terdistribusi)

3) Elemen – Elemen Yang Terdapat Pada Proses

Didalam sistem operasi, terdapat proses-proses yang sangat valid dan selalu berhubungan satu sama lain, dan  prosesnya mempunyai beberapa elemen dasar untuk menjalankan proses tersebut, yaitu sebegai berikut :

  1. State : kondisi yang terjadi pada proses
  2. Priority : urutan perintah yang jelas pada suatu proses
  3. Program counter : instruksi pada sebuah proses
  4. Memory pointers : media penyimpanan (penunjuk alamat) pada proses
  5. Context data : Sebuah data yang berkaitan dengan proses
  6. I/O status information : Informasi yang terdapat masukan dan keluaran pada proses
  7. Accounting information : memberikan informasi yang dibutuhkan
  8. Identifier : menjelaskan proses yang sedang terjadi

4) Bagaimana Proses Terbentuk 

Proses terbentuk melalui system call createn yang terjadi pada sebuah komputer, yang didalamnya terdapat banyak proses yang berjalan secara bersamaan. Ketika sebuah proses dibuat maka proses tersebut akan memerlukan sumber daya seperti Waktu CPU, Memori, Berkas, atau perangkat I/O.


Contoh Pohon Proses

Suatu proses dapat membuat beberapa proses baru, melalui sistem pemanggilan pembuatan proses, selama jalur eksekusi. Pembuatan proses dinamakan induk proses, sebagaimana proses baru disebut anak dari proses tersbut. Tiap proses baru tersebut dapat membuat proses lainnya, sehingga membentuk suatu pohon proses seperti gambar diatas.

Baca Juga : Definisi dan Fungsi kode ASCII

5) Status Proses Dalam Sistem Operasi

Setiap proses terdiri dari suatu kesatuan yang terpisah, tetapi adakalanya proses-proses tersebut butuh saling berinteraksi. Saat proses dieksekusi, akan terjadilah perubahan status. Status proses diartikan sebagai bagian dari aktivitas proses yang sedang berlangsung pada saat itu, Status-status tersebut terdiri atas :

  1. New : proses yang sedang dibuat atau proses baru
  2. Running : proses yang sedang dijalankan atau berjalan
  3. Waiting : proses yang sedang menunggu beberapa event (kejadian) yang akan terjadi (seperti penyelesaian input output atau penerimaan sebuah signal / tanda)
  4. Ready : proses yang sedang menunggu untuk diproses oleh prosesor
  5. Terminated : proses telah selesai menjalankan tugasnya (selesai dieksekusi)

 Berikut ini merupakan gambar diagram dari status proses tersebut :

diagram dari status proses

——————————————————————————————————

Oke, mungkin penjelasan dari admin cukup sampai disini saja, tidak lupa juga Admin mengucapkan Terimakasih banyak kepada kalian semua yang telah mengunjungi website Jutsu Coding, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang sedang mencari materi seputar Sistem Operasi. Selebihnya kami mohon maaf bila ada kesalahan kata atau ejaan yang kurang tepat.

Terakhir jangan lupa juga untuk selalu support Jutsu coding dan follow juga Fansfage Facebook dan Instagram Jutsu Coding untuk mendapatkan informasi terkini seputar Teknologi Informasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *