Flowchart dan Use Case Aplikasi Pengelolaan Sistem Perpustakaan

Diposting pada

Kali ini admin akan sharing mengenai flowchart dan use case untuk aplikasi pengelolaan sistem perpustakaan.  Semoga flowchart dan use case ini bisa menjadi referensi anda untuk membangun aplikasi pengelolaan sistem perpustakaan.

Untuk membuat Flowchart dan Use Case perlu kita pahami terlebih dahulu adalah cara kerja sistem tersebut atau proses bisnis sistem tersebut. karena jika tidak memahami proses bisnis maka untuk membuat flowchart dan use case akan tidak efektif atau tidak tepat.

1. Proses Bisnis

Proses bisnis aplikasi pengelolaan perpustakan adalah pertama mahasiswa mengisi daftar kunjungan perpustakaan. Kemudian mahasiswa mencari buku yang dipinjam, selanjutnya memberikan buku yang ingin di pinjam ke petugas perpustakaan. Jika mahasiswa tersebut belum memiliki kartu anggota perpustakaan maka akan terlebih dahulu membuat kartu anggota yang akan dicetak oleh petugas perpustakaan. Selanjutnya setelah terdaftar menjadi anggota baru, petugas piket ngeinputkan data peminjamanan buku, selanjutnya memberikan buku tersebut beserta tanggal pengembalian.

Jika sudah masuk ke tanggal pengembalian mahasiswa wajib mengembalikan buku tersebut, prosesnya adalah petama memberikan buku tersebut ke petugas perpustakaan, selanjutnya jika mahasiswa tersebut terlambat mengembalikan buku maka akan mendapatkan denda, setelah mahasiswa membayar denda petugas perpustakaan penginputkan data pengembalian buku dan mengembalikan buku ke rak buku seperti semula. 

2. Flowchart

Contoh Flowchart Sistem Pengelolaan Perpustakaan

3. Use Case

Contoh Use Case Sistem Pengelolaan Perpustakaan

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini semoga bermanfaat. Sampai jumpa diartikel berikutnya.
Ingin liat dan download source code aplikasi bisa disini 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *