Hello world , vb

Diposting pada

Oke kali ini saya akan membahas mengenai hello world , visual basic . Jadi sebelum kalian memulai belajar visual basic ini kalian harus tau dulu apa itu visual basic ? karena ada istilah mengatakan tak kenal maka kenalan kalo udah kenal pasti suka . Oke kalo kalian udah tau apa itu visual basic ? kalian tentu harus instal dulu visual basic 6.0 , kalo kalian belum punya silahkan cari cari di si embah google , ukurannya gak besar kok . Oke kalo kalian sudah pada tau apa itu visual basic 6.0 dan sudah instal visual basic 6.0 . Mari kita lanjut belajarnya .

Oke jadi tampilan awalnya seperti itu , jadi ada toolbox , tempat form , menu , propery , toolbar . Kalo di dalam toolbox ada menu , pointer arrow , picture , label , textbox , frame , command button , checkbox , radio button , combox , listbox , horisontal slider , vertical slider , timer , drive list box , dir list box , file list box , shape , line , image , data control , OLE .

Oke sekarang kita akan mulai membuat tulisan hello world di layar . Pertama tama buka vb-nya .

Oke kita pilih standard EXE , saja klik open.

Untuk membuat tulisan kita tingal klik label pindahkan ke bagian form dan kalian ketik ” hello world ” atau di property cari caption tinggal tulis ” hello world ” dan selesai .Gimana mudah kan ? Jadi kalo kita ingin menulis tulisan berarti adanya di property caption , itu kalo label kenapa saya bilang begitu ? Jadi untuk menulis tulisan ada yang berbeda beda misal kalo di textbox untuk menulis tulisannya dengan property text . Oke lanjut sekarang kita ubah jenis tulisannya jadi arial , ukurannya  tulisanya 20 saja , gimana caranya ? pertama cari di bagian property , yaitu font  .

setelah kalian klik font maka akan muncul seperti berikut , lalu kalian ubah jenis tulisannya jadi yang kalian suka dan ukurannya juga tentunya . Kalo saya font nya arial ukurannya 20 . Oke kalo kalian sudah tinggal klik ok dan selesai . Bro kalo kita ingin mengubah warna tulisannya gimana , kok gak ada di font ya ? untuk mengubah warna tulisan ada property force color . nah itu gunanya untuk mengubah warna tulisan .

Jadi disana ada dua pilihan , yaitu palette dan system , kalo saya pilih palette . Oke sekarang kita ubah tulisannya jadi di tengah .

caranya cari property alignment , lalu ubah posisinya jadi center atau tengah  . selesai . Kalo kita mau lihat hasilnya tingal tekan F5 pada keyboard .

Gimana mudah sekali bukan tingal klik klik selesai . Oke nanti kita lanjut kodingnya , kodingnya juga gak sulit mudah sekali . kenapa saya bilang mudah sekali ? karena kalo kita bilang sulit mungkin kita akan gak mau belajar dan kalo kita gak mau belajar ,  tentu kita gak akan bisa bisa .

Oke mungkin segitu saja belajar mengenai visual basic cara menulis ” hello world “. Semoga bermanfaat dan juga tentunya menambah wawasan . Terimakasih telah berkenan membaca artikel ini . Sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih menarik dan juga lebih bermanfaat .

Ayo tanam ilmu sebanyak banyaknya , dan nanti kita akan panen pula banyak .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *