Ini Dia Cara Aktifkan Tema Gelap WhatsApp (WA) Dark Mode Android

Diposting pada

Download WhatsApp 2.20.13 Apk untuk update WA dengan fitur Dark Mode atau tema gelap bagi pengguna non-beta.

tirto.id – WhatsApp (WA) akhirnya merilis fitur Dark Mode atau tema gelap pada aplikasinya di Android, meski untuk sementara hanya tersedia bagi pengguna beta.

Melansir laman Wabetainfo, Rabu (22/1/2020), butuh waktu agar fitur ini dilepas final atau ke semua pengguna non-beta. Meski begitu, pengguna non-beta pun tetap bisa menjajal tampilan tema gelap ini.

“Anda harus memutakhirkan aplikasi WhatsApp saat ini ke versi 2.20.13 [beta] untuk menjajal fitur tema gelap,” tulis laman Wabetainfo.

Wabetainfo sendiri merupakan situs web yang selama ini kerap berbagi informasi akurat mengenai fitur-fitur terbaru yang sedang dikembangkan oleh WhatsApp.

Untuk mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp, pengguna beta cukup memutakhirkan aplikasi WA di Google Play Store atau kunjungi laman ini melalui gawai yang digunakan.

Bagi pengguna non-beta, laman Wabetainfo menyediakan aplikasi ‘mentah’ WhatsApp yang siap diunduh. Akan tetapi, lakukan beberapa persiapan terlebih dahulu sebelum memutakhirkan aplikasi, yaitu sebagai berikut:

  1. Backup data WhatsApp sebelum di-uninstall aplikasi WA yang saat ini sedang digunakan
  2. Menu backup bisa dijumpai di Settings > Chats > Chat Backup > BACKUP
  3. Ada dua metode dalam backup data di WhatsApp: simpan di penyimpanan perangkat atau save secara cloud melalui layanan Drive yang tertaut akun Google di ponsel. Pilih salah satu
  4. Setelah proses backup selesai, uninstall aplikasi WhatsApp

Jika tahapan di atas telah dilakukan, langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi WhatsApp beta. Berikut caranya sekaligus panduan mengaktifkan Dark Mode atau tema gelap di WA Android:

  1. Unduh aplikasi WhatsApp versi 2.20.13
  2. Install aplikasi itu usai proses unduh selesai
  3. Buka aplikasi WhatsApp dan ikuti langkah-langkah yang diminta
  4. WhatsApp kemudian akan mengembalikan data yang di-backup tadi, proses ini agak memakan waktu
  5. Jika proses itu selesai, masuk ke Settings > Chats > Theme (di sub-menu Display) > lalu pilih Dark untuk mengaktifkan tema gelap
  6. Selesai

Sebagai informasi, cara di atas untuk pengguna non-beta. Dengan kata lain, pengguna beta dapat mengunduh aplikasi WhatsApp terbaru di Google Play Store secara normal.

Saat Tirto mencoba panduan di atas pada Rabu (22/1/2020) siang menggunakan smartphone Android 9.0 Pie, aplikasi WhatsApp menawarkan tampilan Dark Mode dan tema gelap sukses diaktifkan.

Baca juga artikel terkait WHATSAPP atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis (tirto.id – Teknologi)
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH

Baca selengkapnya di artikel “Cara WhatsApp (WA) Dark Mode Android dan Aktifkan Tema Gelap”, https://tirto.id/euhz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *