memecah string jadi array dan sebaliknya

Diposting pada

Oke saya akan berbagi mengenai php lagi . Saya memecah string mejadi array . Oke caranya gimana ? apa kita harus buat dulu fungsinya sendiri atau udah tinggal pake ? untuk fungsinya kita tinggal memakainya saja , nama fungsinya adalah explode() . Cara penulisanya gimana atau menggunakannya gimana ? kita langsung kecontonya

Baca juga source code sistem bsensi sekolah php

<?php
$text=”subuh,zuhur,asar,magrib,isa”;
$array_text=explode(“,”,$text);
for($a=0;$a<=4;$a++){
echo $array_text[$a].”<br>”;
}
?>

Nah jadi untuk penulisanya adalah dengan explode(“di pisahkan dengan apa ?”, “teksnya mana ?”) . tinggal panggil deh sesuai indexnya misal mau panggil subuh dengan $array_text[0] . Mudah bukan tinggal untuk memecah string menjadi array .

Baca juga source code aplikasi tiket pesawat dan kereta api PHP

Ada lagi fungsi yang sudah di sediakan oleh php yaitu mengabungkan array menjadi string . Nama fungsinya adalah implode() . Oke cara penulisanya gimana atau cara menggunakannya gimana ? langusng aja kita ke contohnya .

<?php
$array_text=[’10’,’02’,’2000′];
echo implode(“-“,$array_text);
?>

Jadi untuk penulisanya adalah dengan cara implode(“disatukan dengan apa ? “,”arraynya mana ?”); dan akan menampilkan 10-02-2000 . Gimana mudah bukan lebih mendalamin tentang string di php itu .

Oke mungkin itu dia cara memecah string menjadi array dan mengabungkan array menjadi string . Semoga menambah wawasan dan juga tentunya bermanfaat  . Terimakasih telah berkenan membaca artikel ini .Sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih menarik dan juga lebih bermanfaat .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *