Mengatasi Error “Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti”

Diposting pada
Mengatasi Error “Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti”

Banyak hal yang bisa membuat smartphone kita dapat menimbulkan error, salah satu errornya adalah “Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti”, ini adalah salah satu masalah pada system maslah ini bisanya menampilkan pop-up warning error secara terus menerus, biasanya ada beberapa kesalahan seperti terserang virus, bugs, paket rusak. biasanya karena penggunaan yang terus menerus.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, banyak cara mudah yang dapat kita lakukan. kita dapat melakukannya di rumah tanpa alat ataupun dengan alat.
Berikut adalah cara mengatasi “Sayangnya Proses com.android.phone Telah Berhenti”

Bersihkan Cache & Data Aplikasi Telepon
Keduanya memang berbeda tetapai Cache dan Data sama-sama menyimpan aktifitas yang kita lakukan seperti browsing, membuka aplikasi. maka segala aktifitas yang kalian lakukan akan tersimpan termasuk file-file kecilnya yang tampil pada saat browsing atau yang tampil pada aplikasi.

Biasanya saat Cache dan Data menumpuk karena belum dibersihkan, ini juga menyebabkan hp kalian berat dalam proses membuka dan menjalankan aplikasi. untuk cara membersihkannya sendiri ikuti langkah berikut :

  • Buka Setelan > Aplikasi > Telepon > Hapus cache
  • Buka Setelan > Aplikasi > Telepon > Hapus data

Lakukan Factory Reset
Factory Reset adalah langkah yang dapat mendaur ulang system, dalam langkah ini kalian tidak perlu bantuan aplikasi apapun ataupun PC. melakukan Factory Reset  atau bisa dibilang setelan pabrik dapat kalian coba sendiri. cara ini dapat mengembalikan file system yang rusak menjadi normal lagi.

Cara lain untuk Factory Reset dengan Masuk ke menu recovery mode. kalian dapat melihat tutorialnya disini

Flash/Flashing & Instal Ulang atau Bawa ke Service Center
Flash adalah cara terakhir jika cara-cara di atas tidak bisa digunakan, berarti system pada android kalian rusak parah. untuk cara flashnya sendiri disini saya tidak memebrikan tutorialnya. cari saja di internet karena banyak juga dari kalangan blogger yang memberikan tutorial flashing.

Jika kalian Bingung dan tidak mau ribet atau tidak mengerti caranya melakukan flashing sebaiknya kalian cari toko hp yang bisa melakukan servis. cari gerai hp Service Center terdekat di kota kalian. ini sangat disarankan agar kerusakan tidak semakin parah atau timbul masalah baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *