mengenal google classroom : Fungsi, kelebihan dan kekurangan, cara menggunakan

Diposting pada
Google Classroom

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyarankan Google Classroom sebagai salah satu platform belajar dalam jaringan atau disingkat daring, menyusul diberlakukannya work from home (WFH) akibat pandemi virus corona (Covid-19). Lantas, bagaimana fungsi dan cara menggunakan Google Classroom dan apa kelebihan dari Google Classroom ini ?

Pembahasan
  1. Apa Itu Google ClassRoom ?
  2. Fungsi Google ClassRoom
  3. Kelebihan dan kekurangan google Classroom
  4. Cara menggunakan Google Classroom
Google Classroom adalah sebuah layanan dalam produk G Suite Education, yang dapat diakses melalui web maupun diunduh melalui aplikasi seluler. Untuk menggunakannya, pengajar dan murid wajib memiliki akun Google agar saling terhubung.

Fungsi Google Classroom

Google Classroom dapat disiapkan dengan mudah. Pengajar dapat menyiapkan kelas dan mengundang siswa serta asisten pengajar. Di halaman Tugas Kelas, mereka dapat berbagi informasi—tugas, pertanyaan, dan materi. 
Dengan Google Classroom, pengajar dapat menghemat waktu dan kertas. Mereka dapat membuat kelas, memberikan tugas, berkomunikasi, dan melakukan pengelolaan, semuanya di satu tempat. 
Google Classroom juga menawarkan pengelolaan yang lebih baik. Siswa dapat melihat tugas di halaman Tugas, di aliran kelas, atau di kalender kelas. Semua materi kelas otomatis disimpan dalam folder Google Drive.
Selain itu, Google Classroom memungkinkan alur komunikasi antara pengajar dengan murid atau antar-murid lebih efektif.
Pengajar dapat membuat tugas, mengirim pengumuman, dan memulai diskusi kelas secara langsung. Siswa dapat berbagi materi antara satu sama lain dan berinteraksi dalam aliran kelas atau melalui email. 
Pengajar juga dapat melihat dengan cepat siapa saja yang sudah dan belum menyelesaikan tugas, serta langsung memberikan nilai dan masukan real-time. 
Yang tak kalah penting, Google Classroom terjangkau dan aman yang disediakan gratis untuk sekolah, lembaga nonprofit, dan perorangan serta tidak berisi iklan dan tidak pernah menggunakan konten pengguna atau data siswa untuk tujuan periklanan.

Kelebihan dan kekurangan Google Classroom

Selain Google Classroom ada lagi beberapa pihak yang mengembangkan google classrom antara lain Google Indonesia, Kelas Pintar, Microsoft, Quipper, Ruangguru, Sekolahmu, dan Zenius,” pernyataan Kemendikbud pada 16 Maret 2020 lalu. Lantas apa yang menjadi kelebihan Google Classroom dibanding yang lainnya.

Kelebihan

  1. Sangat mobile Friendly untuk pemula
  2. Mudah mengelola tugas yang diberikan
  3. Semua file masuk ke Google Drive kita
  4. Mudah meninjau tugas sebelum dikirim
  5. Sangat mudah melihat pengumuman dari pengajar
  6. Bebas dari iklan dan aman
  7. Tersedia secara gratis 100%

Kekurangan

  1. Tampilan yang kurang menarik bagi siswa
  2. Saat Google Drive Penuh file tidak bisa dikirim
  3. Waktu pengiriman masih bisa diatur

Cara menggunakan Google Classroom

Cara menggunakan Google Classroom terbilang cukup mudah. Hal pertama yang dibutuhkan adalah akun Google. Jika belum mempunyai, maka diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu.
Setelah itu, akses laman Classroom.google.com dan login menggunakan akun Google. Jika sudah masuk ke halaman utama Google Classroom, pilih tanda “+” ditepi kanan atas. Jika sobat masuk sebagai murid, pilih “Join Class” dan masukan kode yang diberikan oleh pengajar.
Sedangkan jika sobat masuk sebagai pengajar, pilih “Create Class,” kemudian centang syarat dan ketentuan, lalu masukan nama kelas, bagian, subjek, kamar, lalu pilih create. Setelah itu Google Classroom siap digunakan, dan bagikan kode kepada murid.
Langkah yang sama juga dapat diterapkan jika ingin mengakses Google Classroom melalui aplikasi. Langsung buka aplikasi tersebut, kemudian login menggunakan akun Google. Untuk membuat kelas dapat dilakukan cara yang sama seperti membuat kelas di Classroom versi website.
Google Classroom ini dapat diakses melalui website maupun lewat aplikasinya. Jika ingin menggunakannya lewat aplikasi, pengguna dapat mengunduhnya secara gratis di Google PlayStore dan App Store.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *