Menjajal Xiaomi Redmi 9, Meluncur di Indonesia 14 Juli

Diposting pada

Kesan berat di genggaman terasa saat KompasTekno menggenggam Redmi 9 untuk pertama kali. Ponsel entry-level terbaru dari Xiaomi yang segera masuk Indonesia ini memiliki bobot 198 gram, lebih berat dibanding Redmi 8 dengan bobot 188 gram.

Sementara dimensi Xiaomi Redmi 9 adalah 163,32 x 77,01 x 9,1 mm, lebih bongsor dibanding Redmi 8 yang memiliki dimensi 156,5 x 75,4 x 9,4 mm. Namun dimensi yang lebih besar itu tak jadi soal saat mengoperasikan ponsel.

Secara desain, Redmi 9 membawa penyegaran di lini ponsel low-end Xiaomi. Terlepas dari selera yang subyektif, namun desain Redmi 9 ini memang sedikit berbeda dari Redmi 8. Terutama bagian punggung.

Cangkang pelindung Redmi 9 memiliki dua tekstur yang berbeda. Lingkaran yang mengitari modul kamera, bertekstur halus, sementara bagian luar lingkaran memilki tekstur garis-garis samar.

Bagi yang telapak tangannya sering berkeringat, tekstur ini cukup menolong karena punggung menjadi tidak begitu licin, sehingga nyaman digenggam.

Di punggung Redmi 9 bagian atas terdapat tiga lensa yang berjajar vertikal, dengan panel sensor pemindai sidik jari di urutan terbawah. Di sebelah modul lensa, terdapat satu kamera lain yang ditemani LED flash.

Di sisi kiri, modul kamera terdapat tulisan “AI Quad Camera 13 MP” yang merupakan resolusi kamera utama Redmi 9. Kamera utama itu ditemani kamera ultra-wide 8 MP dan kamera makro 5 MP.

Satu kamera lain yang letaknya terpisah adalah kamera 2 MP yang berfungsi sebagai depth sensor. Seperti beberapa seri Redmi sebelumnya, modul kamera di Redmi 9 juga agak menonjol keluar. Namun, kamera depth sensor dan LED flash terlihat rata dengan punggung.

Sementara sisi bawah punggung Redmi 9, seperti biasa nangkring logo Redmi bewarna putih.

Layar Redmi 9 masih menggunakan dot drop display seperti Redmi 8, alias poni mungil untuk rumah kamera depan beresolusi 8 MP. Poni itu tersemat di sisi atas layar berbentang 6,53 inci dengan resolusi full HD Plus.

Soal konektivitas, Redmi 9 dibekali port USB C untuk mengisi daya baterai yang berkapasitas 5.020 mAh. Di dalam kotak kemasan sudah dibekali charger dengan daya 10 watt. Xiaomi Redmi 9 juga mendukung pengisi daya cepat 18 watt.

Sedikit membahas isi kotak kemasan, sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan ponsel Xiaomi pada umumnya. Selain ponsel dan charger, terdapat softcase, SIM ejector, dan buku panduan.

Redmi 9 rencananya akan dirilis secara resmi ke pasar Indonesia oleh Xiaomi pada Selasa (14/7/2020). Acara peluncuran akan digelar secara virtual.

Kompas.com
Penulis : Wahyunanda Kusuma Pertiwi
Editor : Reska K. Nistanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *