Menu pada Microsoft Excel – Tutorial Microsoft Excel #2

Diposting pada

Hallo sahabat setia JutsuCoding J

Pada Pertemuan sebelumnya admin sudah pernah membahas tentang Apa itu Microsoft Excel dan kegunaanya, berhubung materi yang kita bahas saling berkaitan satu sama lain. 
Alangkah baiknya jika kalian sudah mengetahui dulu tentang definisi dan kegunaan dari MS Excel tersebut, tapi jangan khwatir bagi kalian yang belum tau tentang MS Excel kalian dapat mengklik link ini Apa itu Microsoft Excel dan kegunaanya.
Nah di kesempatan kali ini Admin akan melanjutkan seri dari Tutorial MS Excel dan akan membahasa tentang Menu apa saja yang ada di Microsoft Excel. Oke dari pada banyak lama mending kita langsung masuk saja ke materi…


Logo Microsoft Excel


Menu Pada Microsoft Excel


Menu Bar MS Excel
a. Menu Bar
Menu Bar berguna untuk menjalankan suatu perintah. Menu bar pada Microsoft Excel antara lain:
1. File
2. Home
3. Insert
4. Page layout
5. Formulas
6. Data
7. Review
8. View
b. Status Bar
Status Bar mempunyai dua area utama, yaitu Message Area pada bagian kiri dan kotak indikator pada bagian kanan. Ready merupakan pertanda bahwa Excel siap menerima perintah, sedangkan NUM mengindikasikan bahwa fungsi tombol-tombol angka pada bagian keypad di papan keyboard dalam kondisi aktif.
c. Title Bar
Title bar merupakan bagian yang berada paling atas lembar Excel. Dalam title bar terdapat beberapa komponen, antara lain :

§  Icon Control Menu

§  Restore, untuk mengatur ukuran layar dalam ukuran yang relatif.
§  Move, untuk memindahkan posisi layar jendela ke posisi lain.
§  Size, mengatur ukuran layar jendela Excel.
§  Minimize, menampilkan jendela Excel ke ukuran minimal dalam bentuk icon.
§  Maximize, menampilkan jendela Excel ke ukuran maksimal, yaitu memnuhi layar.
§  Close, untuk keluar dari aplikasi Excel.

d. Formula Bar
Formula bar berfungsi untuk memasukkan, memperbaiki, dan juga dapat menampilkan data atau rumus pada sel yang sedang aktif. Untuk memperbaiki data atau rumus adalah dengan cara mengklik atau menekan tombol F2.
e. Petunjuk Sel (Cell Pointer)
Untuk memindahkan penunjuk sel ke posisi yang baru dapat digunakan bantuan mouse maupun keyboard.Dengan mouse kita dapat leluasa memindahkan posisi penunjuk sel dengan mengarahkan pointer ke sel yang dituju. Sedangkan dengan menggunakan keyboard langkah yang ditempuh antara lain:
 Petunjuk Sel (Cell Pointer) MS Excel


Jika posisi sel berada diluar tampilan jendela, maka kita dapat menggunakan fasilitas scrollbar, baik yang vertikal maupun yang horisontal untuk menjangkau sel yang dimaksud.

—————————————————————————————

Oke, mungkin penjelasan dari admin cukup sampai disini saja, tidak lupa juga Admin mengucapkan Terimakasih banyak kepada kalian semua yang telah mengunjungi website Jutsu Coding, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang sedang mencari materi seputar Microsoft Excel. Selebihnya kami mohon maaf bila ada kesalahan kata atau ejaan yang kurang tepat.
Terakhir jangan lupa juga untuk selalu support Jutsu coding dan follow juga Fansfage Facebook dan Instagram Jutsu Coding untuk mendapatkan informasi terkini seputar Teknologi Informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *