Operator Bitwise pada bahasa Python – Belajar Bahasa Python Part $7

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini Admin mengucapkan termikasih banyak kepada kalian yang selalu mensupport blog kami ini, tidak lupa juga admin mengingatkan kepada kalian untuk selalu menjaga kesehatan apalagi sekarang sedang terjadi Pandemic Covid 19 dan kalian pun harus berdiam diri di dalam rumah untuk mencegah penyebaran Virus Corona ini.
Logo Python

Tetapi jangan khawtir dengan berdiam diri di rumah kalianpun bisa mendapatkan ilmu tambahan dengan cara belajar dari Internet seperti yang akan Admin bahas di pertemuan ke-tujuh ini, admin akan menjelaskan tentang Operator perbandingan pada bahasa Python. Sebelumnya Admin telah menjelaskan tentang Operator Logika pada bahasa Python.

Adapun version Python yang digunakan Admin adalah version 2.7.16, tetapi lebih baik kalian menginstall version terbaru saja. Oke sekarang, kita langsung saja masuk kedalam materi yang ketiga yaitu tentang Operator Bitwise dalam bahsa Python.

OPERATOR BITWISE

1.    Apa itu Operator Bitwise ?

Operator Bitwise merupakan salah satu operator yang terdapat pada bahasa Python untuk menangani operasi logika, khususnya dalam bilangan binner dalm bentuk bit.

Pada dasarnya operator Bitwise tidak terlalu sering dipakai oleh para programmer, karena operatort ini hanya dapat digunakan untuk membuat prorgam yang memproses bit-bit pada komputer saja. Selain dari itu untuk dapat memahami operator Bitwise pun kita harus paham terlebih dahulu tentang sistem pada bilangan binner.

Pada bahasa Python terdapat 6 jenis pendukung operator Bitwise, diantaranya :
Operator
Nama
Contoh
Biner
Hasil (biner)
Hasil (decimal)
&
And
5 & 12
101 & 1100
100
4
|
Or
5 | 12
101 | 1100
1101
13
^
Xor
5 ^ 12
101 ^ 1100
1001
9
~
Not
~ 5
~101
110
-6 (dua komplemen)
<< 
Left shift
5 << 1
101 << 1
1010
10
>> 
Right shift
5 >> 1
101 >> 1
10
2


2.    Contoh Operator Bitwise ?
Program :

A = 5
B = 12
print(‘A Merupakan bilangan’,A ,’desimal atau’,bin(A),’biner’)
print(‘B Merupakan bilangan’,B ,’desimal atau’,bin(B),’biner’)
print(‘n’)
print(‘A & B  :’,A & B)
print(‘A | B  :’,A | B)
print(‘A ^ B  :’,A ^ B)
print(‘~A     :’,~A)
print(‘A << 1 :’,A << 1)
print(‘A >> 1 :’,A >> 1)

Output :
A Merupakan bilangan 5 desimal atau 0b101 biner
B Merupakan bilangan 12 desimal atau 0b1100 biner

A & B  : 4
A | B  : 13
A ^ B  : 9
~A     : -6
A << 1 : 10
A >> 1 : 2


Contoh Bitwise

Baca Juga : Operator Penugasan pada bahasa Python

Contoh Bitwise


Keterangan :
Pada contoh diatas, saya telah mendefinisikan 2 buah variabel yaitu A dan B yang memiliki nilai awal 5 dan 12, jika saya konversikan keduanya kedalam bilangan binner maka Variable A dan B akan menjadi 
A = 5 (desimal) = 101 (biner)
B = 12 (desimal) = 1100 (biner)
Untuk mengkonversikan dari bilangan Desimal ke Binner saya menggunkan function bawaaan python yaitu bin(), function ini bisa digunakan untuk menampilkan atau menerjemahkan angka Desimal menjadi Binner. 



——————————————————————————————-


Oke, mungkin ini adalah materi terakhir yang akan membahas tentang macam-macam operator pada bahasa Python, karena pada materi sebelumnya Admin sudah membahasa tentang 5 macam operator yang terdapat pada bahasa Python dan operator ini adalah Operator terakhir yang telah kita bahasa yaitu operator Bitwise. Pada pertemuan selanjutnya Admin akan membahas tentang Variable dan Tipe data pada bahasa Python. 

Jangan lupa juga untuk selalu support Jutsu coding dan follow juga Fansfage Facebook dan Instagram Jutsu Coding untuk mendapatkan informasi terkini seputar Teknologi. Sampai Jumpa lagi di Pertemuan Berikutnya…


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *