Operator Penugasan pada bahasa Python – Belajar Bahasa Python Part $5

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini Admin mengucapkan termikasih banyak kepada kalian yang selalu mensupport blog kami ini, tidak lupa juga admin mengingatkan kepada kalian untuk selalu menjaga kesehatan apalagi sekarang sedang terjadi Pandemic Covid 19 dan kalian pun harus berdiam diri di dalam rumah untuk mencegah penyebaran Virus Corona ini.

Logo Python

Tetapi jangan khawtir dengan berdiam diri di rumah kalianpun bisa mendapatkan ilmu tambahan dengan cara belajar dari Internet seperti yang akan Admin bahas di pertemuan ke-lima ini, admin akan menjelaskan tentang Operator Penugasan pada bahasa Python. Sebelumnya Admin telah menjelaskan tentang Operator Perbandingan pada bahasa Python.

Adapun version Python yang digunakan Admin adalah version 2.7.16, tetapi lebih baik kalian menginstall version terbaru saja. Oke sekarang, kita langsung saja masuk kedalam materi yang kelima yaitu tentang Operator Penugasan…

OPERATOR PENUGASAN PYTHON
Operator Penugasan atau dikenal juga dengan Operator Assignment merupakan salah satu operator yang digunakan untuk memasukkan suatu nilai ke dalam sebuah variabel. Operator Assignment di dalam bahasa Python menggunakan tanda ‘=’ dalam peng-oprasiannya.
Dalam pembacaan operasi assignment dapat dilakukan dari kanan ke kiri, jika dalam pelajaran Matematika kita biasa membacanya dari kiri ke kanan, nah kalo dalam Algoritma justru sebaliknya dari kanan ke kiri.  Sebagai contoh :
x = 25
Artinya “Masukan nilai 25 kedalam variable x” Dalam bahasa pseudo code (jika anda membaca buku tentang algoritma), ini biasa ditulis dengan simbol panah ke kiri :
x <- 25
CONTOH PROGRAM OPERATOR ASSIGNMENT PYTHON
Program :
1
a = 9
2
b = 3
3
b = b + 2
4
c = a + b
5
d = c + c + a
6
e = (c + d)* a
7
8
print(‘Variabel a:’,a)
9
print(‘variabel b:’,b)
10
print(‘variabel c:’,c)
11
print(‘variabel d:’,d)
12
print(‘variabel e:’,e)
Output :
Variabel a: 9
variabel b: 5
variabel c: 14
variabel d: 37
variabel e: 459
>>> 
Assignment 1
Keterangan :
Pada contoh diatas di awal kode program saya menginput angka 9 ke variabel a pada baris 1 dan angka 3 ke variabel b.
Pada baris ke-3, perintah b = b + 2 mungkin bagi sebagaian orang agak mem-bingungkan. Tapi jika anda memperhatikannya seperti yang saya katakan “Operator assignment di proses dari kanan ke kiri” jadi operasi tersebut bisa dibaca: “Tambahkan isi variabel b dengan 2, lalu hasilnya simpan kembali ke dalam variabel b”. Karena variabel b sudah berisi angka 3, maka dari itu hasil akhirnya akan menjadi b = 3 + 2 yaitu adalah 5.
Pada baris ke-4, perintah c = a + b akan di proses sebagai c = 9 + 5, maka hasil dari variabel c akan menjadi angka 14.
Pada baris ke-5, perintah d = c + c + a akan di proses dan menjadi d = 14 + 14 + 9, maka hasil dari variabel c menjadi angka 37.
Pada baris terakhir yaitu baris ke-6, perintah e = (c + d)* a akan di proses sebagai e = (14 + 37) * 9, hasilnya c berisi angka 459.

OPERATOR ASSIGNMENT GABUNGAN PYTHON

Operator assignment juga dapat ditulis dengan cara menggabungkan operator lain atau disebut juga dengan operator assignment gabungan (compound assignment) adalah sebuah cara penulisan singkat operator assignment yang digabung dengan dengan operator lain.
Dalam bahasa Python, operator assignment gabungan ini terdiri dari operator assignment dengan operator lain seperti operator aritmatika dan bitwise.
Sebagai contoh, operasi a = a – 4 bisa disingkat (dan digabung) menjadi a -= 4. Contoh lain operasi b >>= 3 adalah penulisan singkat dari b = b >> 3.
Tabel berikut merangkum semua operator assignment dalam bahasa Python:
OPERATOR
CONTOH
PENJELASAN
+=
a += b
a = a + b
-=
a -= b
a = a – b
*=
a *= b
a = a * b
/=
a /= b
a = a / b
%=
a %= b
a = a % b
&=
a &= b
a = a & b
|=
a |= b
a = a | b
^=
a ^= b
a = a ^ b
<<=
a <<= b
a = a << b
>>=
a >>= b
a = a >> b
Program :
1
x = 7
2
x += 6
3
print(‘x += 6  :’,x)
4
5
x = 4
6
x /= 8
7
print(‘x /= 8  :’,x)
8
9
x = 16
10
x **= 8
11
print(‘x **= 8 :’,x)
12
Output :
x += 6  : 13
x /= 8  : 0.5
x **= 8 : 4294967296
>>> 
——————————————————————————————-


Oke, mungkin di pertemuan kali ini admin hanya akan membahasa tentang Operator Penugasan atau Operator Assignment saja. Pada pertemuan selanjutnya Admin akan membahas tentang Operator Logika jadi siapkan pikiran kalian karena di pertemuan selanjutnya agak sedikit sulit dan mengasah logika kalian J

Jangan lupa juga untuk selalu support Jutsu coding dan follow juga Fansfage Facebook dan Instagram Jutsu Coding untuk mendapatkan informasi terkini seputar Teknologi.
Sampai Jumpa lagi di Pertemuan Berikutnya Tentang Operator Logika…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *