Pengaturan Manual ISO dan Fokus Kamera Redmi Note 7 / 8

Diposting pada

Membuat hasil jepretan gambar bagus dari kamera ponsel Redmi Note 7, Note 8 maupun yang seri Pro memang sangatlah mudah, Karena smartphone tersebut sudah dibekali fitur kamera yang canggih, Resolusi besar, fitur AI, Filter dan bisa digunakan pada mode Manual.

Manual setting ISO FOKUS APERTURE Xiaomi redmi note

Mode Manual sering kita dengar pada kamera seperti DSLR ataupun Mirrorless. Namun samartphone keluaran saat ini sudah sedemikian canggih sehingga fitur manual Exposure bisa dilakukan untuk mengasah kreatifitas dan imajinasi penggunanya kala memotret objek.

Pada ponsel Xiaomi Redmi Note 7 / 8 (Pro) kita bisa mengatur pemotretan secara manual, seperti merubah ISO, Shutter Speed dan Aperture layaknya pada kamera Mirrorless atau DSLR. (Baca Juga: Cara mengatasi kamera Xiaomi Error Gagal memotret )

Cara Mengatur ISO manual kamera HP Xiaomi

Di bawah ini adalah contoh pengaturan Shutter speed, Fokus dan ISO manual di ponsel Redmi Note 7. Bisa sobat praktekkan juga pada tipe Redmi Note 7 Pro, 8 / Pro dan beberapa tipe xiaomi lainnya.

Setting ISO fokus manual redmi note 7 / 8

  1. Buka aplikasi kamera bawaan Xiaomi
  2. Lalu geser kekanan sampai menemui menu ‘Pro’
  3. Di menu Pro, Anda bisa mengatur ISO, S (Shutter Speed) dan F (Aperture atau fokus).
  4. Misal Untuk mengatur ISO manual, Geser saja slider sampai nilai yang diingikan.

Apa itu ISO kamera ?

ISO adalah tingkat sensitifitas cahaya yang mengenai sensor kamera, Semakin kecil ISO maka semakin sedikit cahaya yang diterima, begitu juga sebaliknya.

Semakin ISO dipilih dengan angka tinggi, maka gambar yang dihasilkan lebih terang sehingga cocok untuk pemotretan di ruangan kurang cahaya.

Semakin besar ISO maka noise yang dihasilkan semakin besar dan pemotretan menjadi lebih cepat. Namun Bila ingin menghasilkan gambar yang halus maka gunakan ISO Serendah mungkin.

Apa itu Bukaan Lensa (Aperture) ?

Secara garis besar Aperture adalah besar kecilnya bukaan diafragma pada lensa kamera dan pengukurannya menggunakan nilai f-number.

Semakin kecil nilai f-number semakin besar bukaan lensa, begitu juga sebaliknya. Semakin besar nilai bukaan lensa, semakin banyak cahaya yang masuk dan sebaliknya.

Contoh sederhananya seperti jendela rumah, semakin besar kita membuka semakin banyak cahaya yang masuk. Jadi bila ingin hasil gambar lebih terang, maka nilai aperture (f-number) harus semakin kecil.

Baca Juga :

Apa itu Shutter Speed kamera ?

Shutter speed adalah kecepatan membuka dan menutupnya jendela sensor serta lama sensor menerima paparan cahaya.

Satuan ukuran shutter speed adalah Second (Detik), sehingga semakin kecil nilainya maka semakin cepat pula sensor kamera menerima cahaya. contoh, Shutter speed 1/125 lebih cepat 5 kali dibanding 1/25.

Pengaruh kecepatan shutter pada hasil bidikan foto bisa digunakan tergantung keperluan, seperti ingin memotret benda bergerak maka gunakan nilai yang lebih kecil seperti 1/1000d atau 1/8000d.

Bila ingin memotret aliran air tampak alami dan futuristik, maka gunakan nilai shutter speed yang tinggi seperti 6detik atau 10 detik. Namun semakin lambat speednya, maka akan sensitif dengan goncangan, maka gunakan tripod kamera.

Jadi untuk mode manual pada kamera smartphone sebenarnya cara kerjanya sama dengan kamera DSLR / Mirrorless. Dimana pengaturan yang tepat antara ISO, Aperture dan Shutter speed akan menghasilkan Creative Exposure.

Di dalam dunia fotografi tidak terlepas juga dari yang namanya Segitiga Exposure, yang mana ketiga aspek seperti kecepatan shutter, bukaan lensa dan ISO sangat berpengaruh satu dengan yang lain untuk menghasilkan potret yang bagus.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengatur ISO secara manual pada kamera HP Xiaomi redmi Note 7, Note 8 dan juga seri Pro, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *