Pengertian cisco packet tracer

Diposting pada
Landing page cisco
Oke kali ini saya akan berbagi mengenai pengertian cisco packet tracer . apa itu cisco packet tracer ? Cisco packet tracer adalah simulator alat-alat jaringan . cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan .

Baca juga Perbedaan jaringan lan,man dan wan

Fitur packet tracer

Packet tracer terbaru yaitu vesi 6.2 . Dalam versi ini dapat mensimulasikan application layer protocols , routing daras RIP , OSPF , dan EIGRP , sampai tingkat yang dibutuhkan pada Kurikulum CCNA yang berlaku , sehingga bila dilihat sekilas software ini bertujuan untuk kelas CCNA . 

Target packet tracer yaitu menyediakan simulasi jaringan yang real , namun terdapat beberapa batasan berupa penghilangan beberapa perintah yang digunakan pada alat aslinya yaitu pengurangan command pada cisco ios dan juga packet tracer tidak bisa digunakan untuk memodelkan jaringan produkktif/aktif .dengan keluarnya versi 6 , beberapa fitur ditambah , termasuk kurikulum CCNP .

Manfaat packet tracer

Dengan adanya perangkat lunak ( software ) simulasi seperti cisco packet tracer , dapat mempermudah belajar cara membuat jaringan . Tidak perlu membeli alat alat yang berharga mahal , karena cisco packet tracer ini menyediakan alat alat jaringan bagi siswa / mahasiswa / pengejar /dosen atau praktisi agar dapat memahami prinsip jaringan komputer .

Baca juga perbedaan internet dan intranet

Apa sih kelebihan dan kekurangan cisco packet tracer 

Semua atau apapun di dunia ini pasti ada kekurangan dan kelebihannya . jadi sama cisco packet tracer juga memiliki kelebihan dan kekurangannya .

Kelebihan

  • Pembelajaran akan lebih menarik sebab media yang dipakai berupa visual atau gambar .
  • Tidak memerlukan biaya 
  • Dapat meningakatkan kreatifitas
  • Dimungkinkan untuk mengeluarkan idea atau gagasan secarabaik dan sistematis 
  • Dapat melakukan racangangan suatu topologi jaringan dengan mudah serta penempatan perangkat jaringan dapat diatur dan ditentukan dengan baik

Kekurangan

  • Media yang ditampilkan adakalanya sussah dipahami
  • Harus membutuhkan konsentrasi yang tinggi

Baca juga cara membuat hotspot di windows 7 dengan cmd


Oke gimana semoga paham dan juga bermanfaat . jangan lupa like fans page kami dan bantu share artikel ini . sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih bermanfaat dan juga lebih menarik .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *