Pengertian If Then dan Case Of dalam Bahasa Pemrograman Delphi

Diposting pada
Setelah sebelumnya saya telah menjelaskan struktur dasar bahasa pemrogramandelphi, kali ini saya akan menjelaskan pengertian else if dan caseof pada delphi. Tetapi, sebelum itu saya akan menjelaskan Pengertian percabangan dalam bahasa pemrograman Delphi. Percabangan adalah suatu perintah yang berfungsi untuk menyeleksi beberapa kondisi yang telah dideklarasikan dimana kondisi/nilai yang bernilai true lah yang akan 
ditampilkan di layar.

Pengertian If then dan Case of

Pengertian if then pada delphi adalah sebuah syntax yang berfungsi untuk menyeleksi beberapa kondisi. Kondisi yang dideklarasikan juga lebih variatif seperti penggunaan tipe data dan jumlah variabel serta kita juga bisa menyisipkan operasi tertentu kedalamnya.  
Sedangkan pengertian percabangan case of pada dephi adalah sebuah syntax yang berfungsi untuk menyeleksi beberapa kondisi. Perbedaanya dengan if else adalah variabel dan tipe data yang dideklarasikan lebih terbatas yang hanya bisa menggunakan 1 variabel dan 1 tipe data.

Struktur syntax if then

Begin
If kondisi1 then
Begin
...
statement\ Statemen disini bisa berupa sebuah operasi yang memerlukan beberapa vaiabel & tipe data.
...
End
Else if then
Begin
...
statement;
...
End
Else
begin
...
statement;
...
End;
End.

Struktur syntax Case Of 

Begin
Case of
Nilai1:statement1;
Nilai2:statement2;
Nilai3:begin
statement;
statement;
End;
Default
;
End;

Demikianlah artikel tentang Pengertian percabangan if then dan case of pada delphi, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua. Dan bila ada kritik dan saran silahkan comment di kolom komentar. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *