Pengertian kriptografi dan jenis – jenisnya

Diposting pada

Hallo sahabat setia JutsuCoding J

Pada kesempatan kali ini Admin akan menjelasakan sedikit tentang definisi dari kriptografi dan juga jenis-jenisnya…

 

Kriptografi

Pengertian Kriptografi

Kriptografi (cryptography) berasal dari Bahasa Yunani, yaitu cryptos yang berarti rahasia atau tersembunyi, sedangkan graphien artinya menulis atau tulisan. 

Adapun definisi kriptografi adalah ilmu mengenai teknik enkripsi dimana data diacak menggunakan suatu kunci enkripsi (plaintext) sehingga menjadi sesuatu yang sulit dibaca (chipertext) oleh seseorang yang tidak memiliki kunci dekripsi. Seseorang yang berusaha untuk mengembangkan dan membuat kode kriptografi disebut cryptographer. Sedangkan seseorang yang berusaha memecahkan kode tersebut disebut cryptanalists.

Seiring perkembangan zaman kriptografi banyak digunkan untuk mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta otentifikasi data. 

Jenis – Jenis Kriptografi

Jenis-jenis kriptografi dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu :

A. Jenis Kritografi Berdasarkan Perkembangannya 

1.  Algoritma Kriptografi Klasik

Algoritma ini digunakan sebelum era komputerisasi dan kebanyakan mmenggunakan teknik kunci simetris. Metode menyembunyikan pesannya adalah dengan teknik substitusi atau tranposisi atau keduanya (Sadikin, 2012). Teknik substitusi adalah menggantikan karakter dalam plainteks menjadi karakter lain. Sedangkan transposisi adalah teknik mengubah plaintext menjadi ciphertext dengan cara permutasi karakter. Kombinasi mkeduanya secara kompleks adalah yang melatabelakangi terbentuknya berbagai macam algoritma kriptografi modern (Prayudi, 2005).

2.  Algoritma Kriptografi Modern

Algoritma ini memiliki tingkat kesulitan yang kompleks (Prayudi, 2005) dan kekuatan kriptografinya ada pada key atau kuncinya. Algoritma ini menggunakan pengolahan simbol biner karena berjalan mengikuti operasi komputer digital. Sehingga membutuhkan dasar berupa pengetahuan terhadap matematika untuk menguasainya (Sadikin, 2012).

B. Jenis Kriptografi Berdasarkan Kunci Algoritma 

1.  Algoritma Simetris

Algoritma ini disebut simetris karena memiliki key atau kunci yang sama dalam proses enkripsi dan dekripsi sehingga algoritma ini juga disebut algoritma kunci tunggal atau algoritma satu kunci. Key dalam algoritma ini, bersifat rahasia atau private key sehingga algoritma ini juga disebut dengan algoritma kunci rahasia (Prayudi, 2005).

2.  Algoritma Asimetris

Algoritma ini disebut asimetris karena kunci yang digunakan untuk enkripsi berbeda dengan kunci yang digunakan untuk dekripsi. Kunci yang digunakan untuk enkripsi adalah kunci publik atau public key sehingga algoritma ini m,juga disebut dengan algoritma kunci publik. Sedangkan kunci untuk dekripsi menggunakan kunci rahasia atau private key (Prayudi, 2005).

————————————————————————————————-

Oke, mungkin penjelasan dari admin cukup sampai disini saja, tidak lupa juga Admin mengucapkan Terimakasih banyak kepada kalian semua yang telah mengunjungi website Jutsu Coding, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang sedang mencari materi seputar Kriptografi. Selebihnya kami mohon maaf bila ada kesalahan kata atau ejaan yang kurang tepat.

Terakhir jangan lupa juga untuk selalu support Jutsu coding dan follow juga Fansfage Facebook dan Instagram Jutsu Coding untuk mendapatkan informasi terkini seputar Teknologi Informasi.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *