Pengetian DNS

Diposting pada
DNS ( Domain Name system )

Saya kembali akan membuka wawasan kawan kawan tentang jaringan , karena sebelumnya saya telah berbagi wawasan mengenai pengertian ip address . Kali ini saya akan menambah wawasan kawan kawan mengenai DNS . Apa sih yang dimaksud DNS ? DNS singkatan dari domain name system adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk database terbesar ( distibuted database ) .

Baca juga Pengertian cisco packet tracer

DNS menyediakan alamat ip untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat ( mail exchange server ) .nah itu pengertiannya  sekarang  apa sih fungsinya DNS ? berfungsi untuk menerjemahkan nama nama host ( host name ) menjadi nomor Ip address ataupun sebaliknya, sehingga nama tersebut mudah diingat oleh penguna . Jadi DNS mempermudah kita karena tidak harus mengigat  ip addressnya misal kita ingin ke yahoo tinggal ketik domainnya yahoo.com tidak perlu ip addressnya . Jadi fungsi utamanya adalah untuk menerjemahkan dari domain ke ip address atau sebeliknya

Struktur DNS 

Root level ( . ) , Merupakan level utama sekaligus level awal dari sebuah domain dimana ketika dns sever akan mencari sebuah alamat domain , maka akses terlebih dahulu adalah root level .
Top level domain (  .com , .org , .net , .id , dan kawan kawan ) ,merupakan level kedua setelah root level dimana ketika DNS telah mengakses root dan TLD ,  Akan langsung ke SLD.

Second level domain ( yahoo , google , dan kawan kawan ) , Nah setelah ke TLD maka akan langsung ke SLD .

Kebayangya jika tidak ada dns jadi nanti kata ingin ke facebook harus menggunakan ip addresssnya jadi ribet ( untuk ada dns ).

nah sekarang kawan kawan sudah tau apa itu dns , semoga bermanfaat dan juga menambah pengetahuan kita tentang jaringan  . Sampai jumpa di artikel yang lainnya .

Baca juga Apa itu ssl ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *