Penyebab Lamaran Kerja di Tolak dan Jarang di Panggil Perusahaan

Diposting pada

Sudah mengirim CV di berbagai perusahaan,tapi ditolak ?


infomarsiandroidterbaru.blogspot.com – Melamar pekerjaan adalah sebuah aktivitas yang biasa dilakukan oleh seseorang bila orang tersebut sudah lulus dari sekolah,ataupun ada yang yang sudah selesai bekerja di perusahaan tertentu dan kemudian melamar pekerjaan lagi di perusahaan lain.


Untuk mendapatkan pekerjaan sepertinya mudah bagi segelintir orang,mereka bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah karena beberapa faktor yang mendukungnya,salah satunya adalah faktor mempunyai rezeki yang baik,sehingga mudah mendapatkan pekerjaan.


Ada juga faktor orang dalam,istilah orang dalam dalam dunia kerja sepertinya tidak asing lagi dimata seorang pekerja / karyawan perusahaan atau seorang pencari kerja.Orang dalam dalam dunia kerja bisa membantu kamu yang ingin mencari pekerjaan,sehingga jika kamu memiliki orang dalam biasanya cepat sekali masuk kerja / mendapatkan pekerjaan.


Diantara dua faktor tersebut ternyata ini tidak semua orang memiliki itu,mereka terus berjuang untuk mendapatkan pekerjaan dengan cara mencari pekerjaan kesana-kemari.Terus menghampiri beberapa perusahaan atau pabrik setiap hari untuk mendapatka info lowongan kerja.


Ada juga yang berusaha menghampiri setiap perusahaan untuk menitip surat lamaran pekerjaan dan berharap kamu dipanggil dan bisa lulus dalam rangkaian ujian seleksi atau biasa kita sebut dengan tes kerja (mulai dari interview,tes skill / kemampuan dasar,tes kesehatan hingga proses tanda tangan kontrak kerja).


Ada juga diantara kamu mencoba melamar pekerjaan melalui via email ke beberapa atau banyak perusahaan.


Ada banyak cara kamu bagaimana cara mendapatkan pekerjaan dan semuanya sudah kamu lakukan,lamaran yang kamu gunakan untuk melamar pekerjaan menggunakan biaya berupa uang,itu artinya kamu telah membuang banyak duit untuk melamar pekerjaan.


Mulai dari memfotocopy berkas-berkas lamaran pekerjaan,map coklat,foto,cv,daftar riwayat hidup dan berkas-berkas pendukung lainnya.Ada juga diantara kamu membutuhkan modal kuota internet untuk melamar pekerjaan via email.


Segala usaha kamu untuk mendapatkan pekerjaan sepertinya sudah baik ,akan tetapi usaha yang telah kamu lakukan sepertinya tidak berjalan dengan baik dan tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan.


Lamaran pekerjaan yang kamu diajukan diperusahaan tersebut ternyata di tolak beberapa perusahaan,bahkan ada juga yang mengalami tidak dipanggil oleh perusahaan tersebut.Kamu sudah melamar dibanyak tempat perusahaan,akan tetapi jarang ada yang memanggil kamu,sekalinya dipanggil malah gagal dalam proses tes.


Mungkin ini bisa membuat kamu merasa kecewa dan bertanya-tanya pada diri sendiri,”mengapa lamaranku susah sekali dapat panggilan kerja?” mungkin kamu merasakan bahwa mencari pekerjaan sangat sulit bagaikan mencari jarum di tumpukan jerami.


Hari ini saya akan membagikan penyebab mengapa lamaran pekerjaan kamu di tolak terus oleh banyak perusahaan atau penyebab kamu jarang dipanggil oleh perusahaan untuk mendapatkan proses tes kerja.


Penyebab umum terjadi ..


1.Kualitas CV yang kurang baik

Ini adalah salahsatu mengapa kamu sulit sekali mendapatkan pekerjaan atau surat lamaran pekerjaan kamu di tolak oleh sang recruiter atau HRD.CV yang kurang baik bisa membuat HRD enggan memangilmu.

Tapi ini juga tergantung dari rezeki kamu juga,jika kebetulah surat lamaran pekerjaan di periksa oleh seorang HRD yang membutuhkan CV menarik,mungkin kamu harus membuat CV semenarik mungkin,sehingga si perekrut mau memanggil kamu.


Jadi ada 2 kesimpulan dari penyebab adalah :


** ) Surat Lamaran Pekerjaan / CV kamu kualitasnya kurang baik


** ) Surat Lamaran Pekerjaan / CV kamu kurang menarik



2.Memiliki kesalahan penulisan didalam surat lamaran





Ini adalah hal yang paling umum ketika kamu menulis lamaran pekerjaan,jika kamu membuat surat lamaran kerja menggunakan tulisan tangan dan menulis menggunakan pulpen,maka jika kamu memiliki kesalahan menulis satu huruf saja,maka itu akan berdampak kurang baik nantinya.


Akan tetapi kesalahan penulisan tidak menjadi patokan bahwa lamaran pekerjaan kamu tidak dipanggil oleh perusahaan.Ada beberapa rekruitmen yang baik yang bersedia memanggil kamu untuk proses tes kerja,jadi penyebab yang satu ini tergantung dari sang rekruitment.


Jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan dengan baik,lebih baik perbaiki tulisan lamaran pekerjaan kamu,ketimbang kamu menulis lamaran kerja yang kurang baik dan berharap ada perusahaan yang memaklumi tulisanmu. 


Jika surat lamaran pekerjaan kamu menggunakan ketikan komputer,maka ada lebih baik sebelum di print maka lakukan pengecekan ulang apakah tulisannya cv kamu sudah benar atau belum.


Jadi sebelum mengirim surat lamaran pekerjaan,ada lebih baik kamu memeriksa CV kamu,apakah ada terdapat kesalahan kata atau typo dalam mengetik.


3.Tulisan jelek atau tidak terbaca


Ini juga menjadi salahsatu faktor mengapa jarang ada perusahaan yang memanggil kamu untuk melakukan tes panggilan kerja melalui sms,telpon dan lain-lain.Tulisan sangat berdampak bagi beberapa seorang pencari kerja.


Untuk pandangan dari seorang rekruitmen kerja,mungkin ini ada yang tidak begitu penting mengenai apakah tulisan kamu jelek atau tidak,yang terpenting bagi mereka adalah tulisan kamu dapat di baca oleh sang rekruitmen.


Akan tetapi ada juga HRD yang menilai tulisan lamaran kerja kamu,apakah layak dipanggil atau tidak,jadi ada lebih baik perbaiki tulisan lamaran pekerjaan kamu,supaya tidak begitu jelek dan dapat dibaca.


Maka pada faktor ini ,kamu bisa memperbaiki tulisan lamaran pekerjaan kamu dengan cara melatih menulis setiap hari,sampai kamu mendapatkan tulisan terbaik kamu yang akan kamu gunakan untuk melamar pekerjaan.



4.Ada berkas yang kurang lengkap

Ini bisa menjadi penyebab mengapa tidak ada perusahaan yang memanggil kamu kerja,berkas lamaran pekerjaan sangat penting untuk penilaian dalam kelengkapan berkas yang dibutuhkan perusahaan 

Jadi sebelum kamu ingin melamar pekerjaan di perusahaan yang ingin kamu lamar,maka periksa kembali apakah cv kamu sudah lengkap atau tidak,jika ada yang tidak lengkap maka lebih baik diperlengkapi terlebih dahulu.



5.Masa berlaku berkas expired


Masa berlaku untuk berkas tertentu sangatlah penting dalam melamar pekerjaan,sehingga ada beberapa perusahaan yang tidak memanggil kamu untuk melakukan tes kerja hanya karena berkas kerja yang sudah habis masa berlakunya atau expired.


Sebagai contoh jika kamu memiliki SIM C / A / B  / B umum yang dibutuhkan perusahaan,saat itu juga kamu mempunyai kartu sim yang sudah habis masa berlakunya,maka ada kemungkinan perusahaan berpikir dua kali untuk memanggil kamu.


Ada beberapa faktor ,contohnya adalah ada kemungkinan kamu akan langsung dipekerjakan dan siap bekerja bila sim kamu masih aktif,sehingga perusahaan tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk mengurus kartu sim kamu atau menunggu kamu mengurus kartu sim kamu di kantor kepolisian terdekat.




6.Mengirim lamaran diwaktu yang tidak tepat






Mengirim lamaran pekerjaan menunggu momen yang tepat mungkin terkadang berhasil,jadi sebelum melamar pekerjaan ada lebih baik kamu cek terlebih dahulu apakah informasi lowongan pekerjaan tersebut kapan dibutuhkan dan siap melakukan tes rekrutment.


Jika kamu mengirim surat lamaran kerja disaat perusahaan tidak membutuhkan lapangan pekerjaan,maka itu akan membuat lamaran kamu akan tertimpa dengan lamaran lainnya,atau ada kasus dimana lamaran pekerjaan kamu ditolak perusahaan atau surat lamaran pekerjaan kamu dibuang di tong sampah atau di tempat penampungan sampah lainnya.



7.Ingin mendapatkan pekerjaan sesuai dengan diharapkan


Ini adalah faktor lain mengapa kamu jarang dipanggil sehingga kamu sulit mendapatkan pekerjaan diluar sana.Kamu ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian kamu atau kamu ingin mendapatkan yang sesuai dengan jurusan waktu kamu bersekolah atau tempat kamu kuliah di universitas atau PTN tertentu.


Tidak ada yang salah dengan itu,menurut saya sebelum kamu mendapatkan pekerjaan yang sesuai yang kamu harapkan,ada lebih baik kamu melamar pekerjaan dibidang lain,ini bisa akan menambah pengalaman kerja kamu di bidang tertentu dan menambah keahlian dasar dibidang lain.


Perlu di ingat setiap waktu kita membutuhkan uang untuk membiayai hidup kita sendiri atau membantu keuangan keluarga,jika kamu melamar pekerjaan yang sesuai dengan harapan kamu akan tetapi pekerjaan itu tidak kunjung dapat / datang,maka lebih baik mencari pekerjaan yang lain.

Sehingga kamu tidak mengalami lama menganggur hanya karena mengharapkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahlian atau yang kamu harapkan atau sesuai dengan passion kamu,


8.Gagal dalam proses seleksi kerja


Ditolak kerja karena tidak sesuai dengan kualifikasi kerja pada saat ikut seleksi kerja atau biasa kita sebut dengan tes kerja.Kegagalan dalam mengikuti tes kerja mungkin sudah banyak diantara kamu yang mengalami.


Terkadang kita tidak menguasai sesuatu yang dites pada saat tes kerja,perusahaaan melakukan serangkaian atau proses seleksi kerja yang ketat untuk memastikan bahwa kandidat yang akan dipekerjakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.


Meningat saat ini untuk mencari lapangan pekerjaan yang semakin sempit akan tetapi jumlah pelamar semakin bertambah setiap tahun,maka perusahaan sangat selektif dalam mencari tenaga kerja.Atau ada faktor lain yang membuat perusahaan yang kamu melamar melakukan tes kerja ketat.


Jika kamu mengalami gagal dalam tes keahlian,tes psikotes,interview dan medical check up maka jangan bersedih hati.Jadikan kegagalan kamu untuk memahami apa yang membuat kamu gagal dan berusahalah untuk memperbaiki diri kamu untuk menjadi lebih baik. 




9.Penampilan yang kurang baik


Penampilan pada saat proses rekrutmen sangatlah penting,jika kamu tidak menjaga penampilan kamu dalam melamar pekerjaan.Maka ada kemungkinan kamu ditolak karena tidak sesuai dengan kriteria yang perusahaan tersebut cari.


Jika kamu melamar pekerjaan di perusahaan yang bergerak dibidang makanan,jika kamu melamar pekerjaan dengan penampilan rambut panjang,kuku panjang,kumis dan janggut tebal,maka ada kemungkinan kamu akan di tolak oleh perusahaan tersebut.


Maka sesuaikan penampilan kamu sesuai dengan kriteria perusahaan tersebut,cari tahu dahulu itu perusahaan bergerak dibidang apa dan sesuai dengan jabatan yang akan dilamar dan masih banyak pertimbangan yang lainnya untuk kamu dalami mengenai penampilan.



Demikianlah informasi tentang penyebab lamaran kamu tidak dipanggil atau ditolak oleh perusahaan,jika kamu ingin cepat dipanggil kerja maka perbaiki semuanya sebelum kamu melamar pekerjaan atau mengirim surat lamaran pekerjaan


Semoga Informasi ini bisa membantu kamu,Gbu 🙂



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *