Realme 6s : Harga Terbaru 2020, Spesifikasi Lengkap, Review

Diposting pada

Realme 6s Spesifikasi Lengkap

UMUM
SmartphoneRealme 6s
Model
Tahun RilisJuni 2020
Harga PerdanaSekitar 199 EURO
Harga Bekas
BODI
Dimensi162.1 x 74.8 x 8.9 mm
Berat191 gram
WarnaEclipse Black, Lunar White
MaterialBelakang plastik, bingkai plastik
Splash Resistant
LAYAR
TipeIPS LCD
Ukuran6,5 inci
Resolusi2400 x 1080 piksel; Rasio 20:9 (405 ppi)
Fitur480 nits typ. brightness
90Hz refresh rate
PLATFORM
OSAndroid Q 10 (Realme UI)
ChipsetMediatek MT6785 Helio G90T (12 nm)
CPUOcta-core
2x ARM Cortex-A76 @2.05 GHz
6x ARM Cortex-A55 @2.0 GHz)
GPUMali-G76 MC4
MEMORI
Internal64GB + 4GB RAM
UFS 2.1
EksternalmicroSDXC, slot khusus
KAMERA BELAKANG
Quad48MP (f/1.8, 26mm, wide)
8MP (f/2.3, ultrawide 119˚)
2MP (f/2.4, 22mm, macro)
2MP (B/W, f/2.4, depth sensor)
Video2160p@30fps, 1080p@30/60/120fps, gyro-EIS
FiturLED Flash, HDR, Panorama
KAMERA DEPAN
Single16MP (f/2.0, 26mm, wide)
Video1080p@30fps
FiturHDR, Panorama
BATERAI
TipeNon-removable Li-Po
Kapasitas4.300 mAh
ChargingFast charging 30W (100% in 55 min)
KONEKTIVITAS
SIMDual Slot Nano-SIM (4G, 3G, 2G, Edge, GPRS)
Bluetooth5.0 (A2DP, LE)
USB2.0 Type-C 1.0 (reversible connector), USB On-The-Go
WiFi802.11 a/b/g/n/ac, dual-band
LokasiGPS, A-GPS, Glonass, BDS
3.5mm jackYa
NFCYa

SENSOR
FingerprintYa, samping ponsel
AccelerometerYa
ProximityYa
CompassYa
GyroscopeYa
Sumber: gsmarena.com

Review Spesifikasi Realme 6s

Realme 6s
Realme 6s merupakan smartphone berbasis Android kelas menengah (mid-range) yang resmi diluncurkan pada awal Juni 2020. Ponsel ini datang membawa spesifikasi sedikit lebih rendah dari Realme 6reguler, namun dengan banderol harga lebih murah.

Generasi terbaru dari Realme 6 Series ini hadir untuk memenuhi permintaan konsumen yang membutuhkan smartphone berspesifikasi tinggi, namun dengan banderol harga murah 3 jutaan Rupiah. Ponsel ini digadang-gadang adalah pesaing baru Samsung Galaxy M21 yang lebih dulu masuk ke pasar Indonesia pada pertengahan Mei lalu yang memiliki spesifikasi dan harga yang tidak jauh berbeda.

Meski begitu, HP Realme 6s juga memiliki daya tarik tersendiri dengan mengemas spesifikasi kunci sebagai modal utama persaingan. Diantaranya berbekal RAM 4GB, internal storage 64GB, layar 6,5 inci 90Hz refresh rate, chipset Mediatek Helio G90T, 48MP quad kamera belakang, selfie 16MP, baterai 4300 mAh dan sebagainya.

Desain Realme 6s

Realme 6s Desain
Dilihat dari bagian luarnya, Realme 6s yang mempunyai dimensi ideal 162.1 x 74.8 x 8.9 mm ini, memperlihatkan tampilan premium dengan kombinasi gradasi warna berpola yang terlihat sangat menawan. Dalam hal ini ada dua warna yang dihadirkan, yaitu Eclipse Black dan Lunar White.

Bahan material yang digunakan, dominan terbuat dari polycarbonate pada casing penutup belakang dan bingkai penyangga panel. Sementara pada sisi depan terbuat dari bahan kaca berlapiskan proteksi Gorilla Glass 3 yang bertugas untuk melindungi dan meminimalkan goresan yang mungkin terjadi pada layar.

Ada satu hal yang menarik dari ponsel yang memiliki range harga 3 juta Rupiah ini, yaitu letak sensor fingerprint. Dimana sensor ini sudah tidak ditemukan pada bagian belakang perangkat seperti ponsel Android pada umumnya, melainkan telah dipindahkan ke samping kanan perangkat.

Tentu ini merupakan suatu peningkatan untuk lebih memudahkan pengguna untuk membuka kunci layar ponsel. Karena dengan posisi tersebut, sensor pemindai sidik jari bisa lebih mudah dijangkau oleh ibu jari pengguna dan tidak perlu lagi meraba-raba bagian belakang ponsel lagi hanya untuk mencari letak sensor pemindai sidik jari.

Tidak berhenti sampai disitu saja, Realme 6s juga dilengkapi sebuah teknologi splash resistant. Yaitu teknologi tahan percikan sehingga air yang mengenainya tidak langsung masuk ke dalam bodi.

Layar Realme 6s

Realme 6s Layar
Walaupun dipatok dengan harga lebih terjangkau, namun Realme 6s tetap ingin memanjakan konsumen setianya dengan sebuah layar impresif, demi untuk memberikan pengalaman yang lebih sempurna. Baik pada saat menikmati berbagai konten hiburan seperti nonton film atau video, maupun bermain game.

Jenis layar yang digunakannya, berasal dari teknologi IPS LCD berukuran 6,5 inci dan memiliki desain punch hole sebagai menjadi wadah untuk menampung kamera selfie. Sementara bezel yang terdapat pada atas, kiri dan kanan dibuat setipis mungkin untuk lebih memaksimalkan ukuran layar.

Selain itu, untuk memberikan pengalaman terbaik pengguna terutama pada saat melakukan kegiatan live gaming dan entertainment, Realme 6s datang dengan mengemas panel seperti ponsel premium Realme 6 Pro. Yaitu berbekal layar 90Hz refresh rate dengan tingkat kecerahan 480 nits dan dipadankan dengan aspek rasio layar 20:9 Full HD+.

Jadi bagi anda yang sedang mencari ponsel harga 3 jutaan rupiah berspesifikasi layar besar, resolusi tinggi dan memiliki fitur unggulan, rasanya Realme 6s adalah salah satu pilihan terbaik untuk kategori smartphone keluaran 2020 ini.

Kamera Realme 6s

Realme 6s Kamera
Selain sektor layar yang menjadi salah satu keunggulannya, HP Realme 6s juga mengunggulkan lini kamera agar dapat memanjakan para konsumennya yang hobi melakukan mobile photography. Tidak tanggung-tanggung, Realme membenamkan 5 buah kamera sekaligus, dimana 4 buah kamera ditempatkan di belakang ponsel dan 1 buah depan.

Keempat konfigurasi kamera belakang Realme 6s tersebut sangat identik dengan HP Realme 5s yang dirilis tahun lalu, baik dari segi resolusi, aperture hingga kemampuan perekaman video mobile. Untuk lensa utamanya, memiliki resolusi 48 megapiksel dengan lensa bukaan f/1.8, memiliki panjang lensa 26mm (wide) dan didukung oleh fitur PDAF.

Sedangkan tiga lainnya, ada lensa ultrawide 8 MP bukaan f/2.3 yang mampu menangkap foto dengan sudut lebar 119˚, disusul kamera makro 2MP (f/2.4) sebagai dukungan untuk tangkapan objek dari jarak dekat dan lensa 2MP (B/W, f/2.4) untuk mendukung foto bokeh atau latar bekalang blur.

Kemampuan kamera belaka Realme 6s, diklaim mampu menciptakan foto beresolusi tinggi, jernih, detail dan mengagumkan berkat dukungan teknologi AI (Artificial Intelligence). Teknologi ini secara otomatis mampu memaksimalkan hasil foto di segala kondisi, baik ditempat yang terang ataupun di tempat minim cahaya / malam hari.

Bukan hanya itu saja, kamera belakangnya juga memiliki kemampuan untuk merekam video bersolusi tinggi 4K (1060p) dan video slowmotion 1080p@120fps dengan dukungan fitur gyro-EIS. Dengan ini, pengguna akan lebih dimanjakan terutama yang memiliki hobi melakukan video live streaming ataupun vlogging.

Lantas bagaimana dengan kamera depannya? Dibandingkan pendahulunya Realme 5s, kamera selfie Realme 6s telah mengalami peningkatan dari 13 megapiksel menjadi 16 megapiksel. Jelas, resolusinya ini sudah lebih dari cukup untuk menghasilkan foto selfie jernih dan sekaligus untuk menjawab keinginan pengguna yang suka narsis.

Performa Realme 6s

Realme 6s Performa
Lebih jauh ke dalam bodi Realme 6s, spesifikasi hardware internal untuk mendukung kinerjanya berasal dari teknologi masa kini dengan kemampuan mempuni. Mulai dari chipset Mediatek Helio G90T pabrikasi 12 nanometer menjadi tumpuan utamanya dalam pengolahan data berkecepatan tinggi.

Chipset tersebut serupa yang digunakan oleh smartphone premium Xiaomi Redmi Note 8 Pro dengan konfigurasi octa core yang kecepatannya terbagi kedalam dua cluster. Dimana 2 core berjalan pada ARM Cortex-A76 berkecepatan 2.05 GHz dan 6 core berjalan pada ARM Cortex-A55 @2.0 GHz.

Untuk memaksimalkan kinerjanya terutama pada saat menjalankan berbagai aktivitas berat seperti gaming atau multitasking, chipset tersebut ditandemkan dengan RAM berkapasitas 4GB dan pengolah grafis Mali-G76 MC4. Sementara untuk kebutuhan penyimpanan data, Realme 6s memiliki internal storage64GB jenis UFS 2.1 dengan opsi perluasan hingga 512GB melalui slot khusus kartu microSD.

Tidak berhenti sampai disitu saja, demi memberikan kenyamanan kepada penggunanya, Realme 6s telah menjalankan antarmuka baru Realme UI dengan segudang fitur kemudahan dan optimasi didalamnya. Antarmuka baru ini berbasis Android Q 10.0 namun telah mengalami kostumasi.

Baterai Realme 6s

Realme 6s Baterai
Demi menjaga persaingan dengan smartphone harga 3 jutaan, Realme 6s datang membawa sebuah baterai berkapasitas 4.300 mAh. Meski kapasitasnya sedikit lebih rendah dari smartphone murah Vivo Y30 (5.000 mAh) yang belum lama ini masuk ke Indonesia, tetapi baterainya diklaim memiliki ketahanan tinggi.

Selain itu, Realme juga telah menanamkan fitur fastcharging 30W untuk dukungan pengisian ulang daya secara cepat melalui port USB 2.0 Type-C. Perusahaan ini mengklaim bahwa fastcharging milik baterai Realme 6s mampu mengisi ulang daya mulai dari 0 hingga 100 persen hanya dalam waktu 55 menit saja.

Nah, dengan kapasitas lumayan cukup besar ini, pengguna tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan aktivitas diluar rumah yang jauh dari sumber listrik. Karena selain memiliki daya tahan tinggi, juga memerlukan waktu yang cukup singkat untuk mengisi ulang daya baterai bila sudah lowbat.

Harga Realme 6s dan Ketersediaan

Realme 6s Harga
Datang dengan spesifikasi mempuni seperti layar 6,5 inci 90Hz refresh rate, chipset Helio G90T, baterai 4.300 mAh, 48MP quad kamera belakang, fingerprint di samping ponsel, NFC dan berbekal berbagai fitur anyar, Realme 6s diprediksi menjadi salah satu smartphone terbaik untuk rentan harga Rp 3 jutaan tahun ini.

Di Eropa, tempat persinggahan pertama kali Realme 6s, dipatok sekitar 199 EURO atau setara Rp 3,2 juta dan akan segera masuk ke pasar Eropa pada awal Juni 2020 ini. Demikian yang AndroLite.com kutip dari laman GSMArena.com.

Selain Eropa, sayangnya hingga saat ini belum ada informasi resmi dari Realme terkait apakah Realme 6s bakal dijual di Asia, termasuk Indonesia ataukah tidak. Tetapi jika berkaca pada generasi Realme 6 Series atau pendahulunya Realme 5 Series, maka dapat diprediksi ponsel pendatang baru ini juga akan turut masuk ke tanah air. Mengenai kapan? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Harga Realme 6S Terbaru 2020

TOKO4GB/64GB
Tokopedia
Lazada
Shopee
Jd.id
Akulaku
Blibli
Erafone
HARGA RESMI
Realme Store

Kesimpulan

Hadirnya Realme 6s pada pertengahan tahun 2020 ini, diprediksi bakal menjadi salah satu pesaing berat bagi smartphone yang dirilis tahun ini. Betapa tidak, selain mempunyai harga yang cukup terjangkau, spesifikasi yang diusungnya juga tidak kalah menarik dan mempuni dikelasnya.

Beberapa spesifikasi kunci yang menjadi andalannya dalam menarik minat para calon konsumen adalah pada sektor layar, kamera, baterai, sensor pemindai sidik jari di samping layar, dan masih banyak lagi. Dengan ini, Realme 6s diprediksi bakal menjadi salah satu buruan populer di tahun 2020 ini.

Demikianlan review spesifikasi, daftar spek lengkap dan informasi harga terbaru (baru, bekas/second) HP Realme 6s pada kesempatan kali ini. Semoga bisa menjadi bahan referensi bagi Anda sebelum memutuskan membeli smartphone baru. Terima kasih telah berkunjung, salam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *