Samsung Galaxy M11 : Harga Agustus 2020, Spesifikasi, Review

Diposting pada

Samsung Galaxy M11 Spesifikasi Lengkap

UMUM
SmartphoneSamsung Galaxy M11
ModelSM-M115F, SM-M115F/DSN
Tahun RilisMaret 2020 (Global), Mei 2020 (Indonesia)
Harga PerdanaRp2.099.000 (RAM 3GB/32GB) Cek Harga Terbaru
Harga BekasRp1,2 juta ~ Rp1,5 juta
BODI
Ukuran161.4 x 76.3 x 9 mm
Bobot197 gram
MaterialBingkai plastik, belakang plastik
WarnaBlack, Purple, Sky Blue
LAYAR
JenisPLS TFT
Infinity-O
Diagonal6,4 inci
Resolusi1560 x 720 piksel; rasio 19,5:9; densitas 268 ppi
Proteksi
PLATFORM
OSAndroid Q 10.0; One UI 2.0
ChipsetQualcomm Snapdragon 450 (14 nm)
CPU8 (octa) core
1.8 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 506
Memori32GB + 3GB RAM
64GB + 4GB RAM
eMMC 5.1
EksternalmicroSDXC, up to 512GB
Slot khusus
KAMERA
Belakang13MP (f/1.8) + 5MP (f/2.2) + 2MP (f/2.4)
Selfie8MP (f/2.2)
Video1080p@30fps; 720p@30fps
FiturLED Flash, HDR, Panorama
BATERAI
JenisNon-removable Li-Po
Kapasitas5.000 mAh
ChargingFast Charging 15W
KONEKTIVITAS
SIMDual Slot Nano-SIM (4G, 3G, 2G, Edge, GPRS)
Bluetooth4.2 (A2DP)
USBUSB 2.0 Type-C 1.0
WiFi802.11 b/g/n
LokasiGPS, A-GPS, Beidou, Glonass, Galileo
RadioFM
3.5mm jackYa
Infra MerahTidak
NFCTidak
SENSOR
FingerprintYa, Belakang bodi
Face UnlockYa
CahayaYa
JarakYa
KompasTidak
AkselerometerYa
GiroskopTidak
Sumber spesifikasi : gsmarena.com

Setelah sebelumnya resmi memboyong Galaxy M31 dan Galaxy M21 ke Tanah Air, Samsung Indonesia kembali memboyong smartphone entry level harga murah Galaxy M11 ke Indonesia pada pertengahan Mei 2020 lalu.

Handset ini sendiri merupakan sekuel terbaru dari keluarga M Series, dan sekaligus sebagai penerus dari Galaxy M10 yang sudah lebih dulu meluncur Maret 2019 lalu, tetapi dengan harga sedikit lebih mahal lantaran membawa peningkatan spesifikasi dan fitur dibandingkan pendahulunya.

Termasuk peningkatan pada sektor layar yang kini mengemas panel Infinity O-Display, chipset lebih bertenga Snapdragon 450, baterai super jumbo 5.000 mAh, triple kamera belakang, berbekal fitur sensor sidik jari dan sebagainya.

Review Spesifikasi Samsung Galaxy M11

Samsung Galaxy M11 Review Spesifikasi
Diperuntukan untuk bersaing di pasar ponsel murah kelas entry-level, memang bukan merupakan suatu hal yang mudah bagi perusahaan sekelas Samsung. Betapa tidak, dalam beberapa tahun terakhir, vendor smartphone pesaing asal China seperti Xiaomi, Vivo atau Oppo juga turut gencar meluncurkan ponsel entry-level dengan harga bersaing.

Untuk itu, Samsung melakukan berbagai inovasi dan peningkatan mengikuti trend terkini kedalam HP Galaxy M11 untuk bisa menarik minat lebih banyak para calon konsumennya. Nah, bagi kalian yang ingin mengetahui lebih banyak tentang ponsel ini, berikut AndroLite.com sajikan review spesifikasinya.

Desain

Meski memiliki bodi dominan terbuat dari material berbahan dasar plastik, namun bodi Samsung M11 didesain kokoh dan tangguh disegala kondisi. Casing bodi belakangnya yang diberikan sentuhan finishing gradasi warna tipis, memberikan penampilan memukau tersendiri bagi Samsung M11.

Belum lagi trending posisi kamera berjejer vertikal yang disematkan di pojok kiri atas membuatnya tampak lebih premium dan berkelas. Dibagian belakang ini pula, Samsung menyematkan sebuah sensor pemindai sidik jari di bagian tengah punggung ponsel berbentuk oval.

Untuk tombol pengatur suara dan tombol daya, Samsung menempatkannya di sisi kanan perangkat, kemudian di bagian atas disematkan port audio jack 3.5mm serta lubang loudspeaker dan port USB di bagian bawah perangkat.

Lanjut ke bagian depan. Salah satu yang membuat HP Galaxy M11 tampak premium dan tidak terkesan murahan adalah memiliki sebuah panel yang didesain punch hole atau memiliki sebuah lubang kecil di pojok kiri atas layar. Lubang tersebut merupakan wadah kamera selfie 8 megapiksel.

Meski mempunyai bezel bagian bawah masih cukup tebal, namun bezel pada bagian atas, kanan dan kiri dibuat cukup tipis serta tetap memperlihatkan kesan premium dibandingkan ponsel Android murah meriah sekelas lainnya.

Secara keseluruhan, bodi Samsung M11 berdimensi yang lumayan ramping 161.4 x 76.3 x 9 mm tetapi memiliki bobot yang cukup berat 197 gram. Untuk pilihan warnanya sendiri, handset ini hadir dalam tiga opsi, yakni Black, Metallic Blue, dan Violet.

Layar

Salah satu bagian spesifikasi yang diunggulkan oleh Samsung Galaxy M11 adalah hadir dengan layar yang didesain berkelas punch hole ala “Infinity-O”. Tentu ini merupakan sebuah daya tarik sendiri karena konsep seperti ini masih sangat jarang ditemukan untuk ponsel entry level harga murah.

Ukuran layarnya yang berukuran 6,14 inci juga sangat ideal, tidak terlalu besar atau kecil dan dimaksimalkan oleh bezel penyangga tipis, sehingga nyaman untuk digunakan dalam menikmati berbagai konten, seperti nonton video, gaming dan sebagainya.

Walaupun resolusi layarnya belum mengemas tampilan Full HD dan hanya mengandalkan panel HD+ atau 720 x 1560 piksel, tetapi ini merupakan hal wajar mengingat banderol harganya yang cukup murah dan terjangkau.

Tetapi sayangnya, jenis layar yang digunakan oleh Galaxy M11 tidak mengalami peningkatan atau dengan kata lain masih mengandalkan panel PLS TFT, bukan IPS LCD ataupun Super AMOLED. Meski demikian, layar smartphone ini tetapi menampilkan visual yang tajam dan jernih.

Performa

Jika generasi pendahulunya Samsung Galaxy M10 masih mengandalkan chipset Exynos 7870 octa-core, kali ini Samsung membekali Galaxy M11 dengan chipset super bertenaga Qualcomm Snapdragon 450 yang dikenal lebih powerfull dalam segala urusan, termasuk gaming.

Tentu ini merupakan suatu peningkatan yang sangat baik bagi ponsel murah terbaru milik Samsung ini, mengingat chipset Exynos 7870 yang digunakan oleh Galaxy M10 hanya memiliki frekuensi clocking hingga 1.6 GHz saja, sementara Snapdragon 450 mampu menembus kecepatan clocking hingga 1.8 GHz.

Selain itu, Samsung M11 dibekali pengolah grafis GPU Adreno 506 dan RAM berkapasitas 3GB yang diklaim mampu menangani grafik berat seperti game dan livestraming dengan kecepatan tinggi.

Di sisi lain, Galaxy M11 dilengkapi memori bawaan berkapasitas 32GB dan mempunyai slot khusus microSD untuk dukungan perluasan kapasitas hingga 512GB. Jadi untuk urusan menyimpan banyak file berukuran besar, rasanya tidak akan jadi masalah lagi.

Kemudian, untuk bagian perangkat lunaknya, dijalankan oleh sistem operasi Android 10.0 (terbaru saat ini) dengan balutan antarmuka One UI 2.0 yang didalamnya telah disematkan segudang fitur optimasi. Termasuk Clean Memori/Storage yang berfungsi untuk menghapus cache, junk, history dan sebagainya sehingga performa ponsel dapat berjalan secara maksimal.

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy M11 mampu mencetak skor antutu 74.800 (Antutu Bencmark v8) atau tidak terlalu terpaut jauh dari Samsung Galaxy A20s yang mampu mencatat skor antutu benchmark 75.800 (Antutu v8).

Kamera

Walaupun dibanderol dengan harga terjangkau, namun spesifikasi di sektor kamera Samsung Galaxy M11 bukanlah murahan. Tercatat ada 4 buah kamera yang menempel pada bodi handset ini, tiga diantaranya ditempatkan di bagian belakang perangkat dan satunya lagi di bagian depan, tepatnya di dalam lubang punch hole.

Tiga kamera belakang tersebut, masing-masing memiliki konfigurasi dan fungsi yang berbeda-beda. Untuk kamera utamanya, memiliki resolusi 13 megapiksel aperture f/1.8 dengan kemampuan menghasilkan foto dan video jernih, terang dan detail. Kamera ini juga memiliki bidang tangkapan wide angle hingga 77°.

Lensa berikutnya ada kamera ultra wide angle 5MP bukaan f/2.2 untuk dukungan tangkapan objek ultrawide dengan sudut pandang mencapai 115°. Kemudian untuk lensa ketiga ada kamera 2MP aperture f/2.4 yang berfungsi untuk menghasilkan tangkapan foto bokeh dengan hasil yang mengagumkan.

Adapun satu buah kamera di bagian depan, mempunyai konfigurasi lumayan tinggi, yakni 8 megapiksel bukaan f/2.4 dengan dukungan fitur HDR. Baik kamera belakang maupun depan, keduanya mampu menghasilkan rekaman video full HD 1080p@30fps.

Secara keseluruhan, kemampuan kamera handset ini memang masih sangat standar, tetapi untuk ukuran harga hp sekelasnya, kamera Samsung Galaxy M11 tetap mampu memberikan hasil maksimal di segala kondisi, baik pada saat pemotretan di siang hari maupun malam hari.

Baterai dan Fitur Lainnya

Lanjuk ke sektor penyuplai dayanya. Belakangan ini, berbagai vendor smartphone gencar meluncurkan ponsel murah dengan kapasitas baterai besar sebagai salah satu daya tarik utamanya. Hal ini lantas membuat Samsung tidak tinggal diam dengan turut merilis perangkat entry-level Galaxy M11 dengan baterai super besar.

Ya, ponsel ini datang dengan membawa baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh. Tentu ini akan memberikan kepuasan tersendiri dan memungkinkan pengguna menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan apa yang disukainya.

Selain itu, baterainya tersebut juga telah didukung oleh pengisian fastcharging 15W melalui USB Type-C untuk mengisi ulang daya dalam waktu lebih singkat.

Untuk urusan keamanan, Samsung M11 mengandalkan sensor biometrik pemindai sidik jari dan face unlock yang dapat diaktifkan secara bersamaan dengan sistem keamanan lainnya, seperti kunci pola, pin atau password.

Lanjut ke bagian konektivitas. Selain mempunyai dua slot kartu SIM dan satu slot khusus kartu microSD, Samsung Galaxy M11 juga dilengkapi berbagai sambungan, seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n, bluetooth v4.2, USB 2.0, Type-C 1.0, navigasi GPS (A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS) dan sebagainya.

Samsung Galaxy M11 Kelebihan dan Kekurangan

Samsung Galaxy M11

Kelebihan

  1. Desain bodi kokoh dan premium.
  2. Layar punch hole berukuran luas, nyaman untuk nonton video.
  3. Gaming mantap dengan chipset bertenaga Snapdragon 450 dan RAM 4GB.
  4. Memori cukup besar 32GB dengan dukungan perluasan hingga 512GB.
  5. Triple kamera belakang resolusi mempuni dengan hasil foto dan video memuaskan.
  6. Baterai super besar 5.000 mAh tahan lama, plus dukungan fastcharging 15W melalui port USB Tipe-C.
  7. Memiliki sistem keamanan biometrik sensor fingerprint dan face unlock.
  8. Harga murah dan terjangkau.

Kekurangan

  1. Bodi dominan terbuat dari bahan dasar plastik.
  2. Bodi lumayan cukup berat.
  3. Layar masih mengandalkan tipe PLS TFT, bukan IPS LCD atau Super AMOLED.
  4. Masih mengandalkan bluetooth versi 4.2.

Harga Samsung Galaxy M11 di Indonesia

Harga Samsung Galaxy M11
Tidak lama setelah perilisannya di India, Samsung Indonesia pun turut memboyong smartphone Samsung Galaxy M11 ke tanah air pada pertengahan Mei 2020 lalu. Untuk harganya sendiri, ponsel ini dipatok dengan harga cukup terjangkau, yakni Rp2.099.000 untuk varian RAM 3GB/32GB.

Nah, bagi kalian yang ingin mengetahui daftar harga terbaru Samsung Galaxy M11, berikut kami sajikan daftarnya. Sebagai catatan, daftar harga yang kami tampilkan dibawah, diambil dari berbagai situs jual beli online terkemuka di Indonesia.

Harga Terbaru Samsung Galaxy M11 Agustus 2020

TOKO3GB/32GB
ShopeeRp1.949.000
Jd.idRp1.949.000
LazadaRp1.959.000
TokopediaRp1.959.000
Jd.idRp2.019.000
HARGA RESMI
Samsung.comRp2.099.000

Selengkapnya : Daftar Harga Terbaru Smartphone Samsung Semua Seri

Kesimpulan

Harga terjangkau yang ditawarkan menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki Samsung Galaxy M11. Ponsel ini diprediksi bakal mendapatkan perhatian bagi para calon konsumen yang ingin mendapatkan ponsel spesifikasi mempuni dengan harga murah.

Samsung Galaxy M11 juga diperkirakan bakal menjadi salah satu smartphone termurah idaman di tahun 2020 dan siap bersaing dengan ponsel entry level harga Rp2 jutaan Vivo Y30 dan Oppo A12.

Nah itulan informasi tentang spesifikasi, review, harga perdana, terbaru dan termurah Samsung Galaxy M11 pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi tambahan bagi kalian yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *