Sedikit Cara Mudah Mengatasi Lag dan Lemot di Android

Diposting pada

Sedikit Cara Mudah Mengatasi Lag dan Lemot di Android 

Jalur Tekno


Jalur Tekno – Lag maupun lemot pada Android adalah salah satu permasalahan pada ponsel android yang sudah banyak yang mengalami, terasa lambat dan lag saat membuka maupun  menjalankan aplikasi membuat sering emosi naik.

Permasalahan ini umumnya disebabkan oleh faktor ponsel Android yang tidak mampu untuk melakukan aktivitas multitasking, dikarenakan spesifikasi dan performa yang dimilikinya kurang Tangguh. Juga ada beberapa faktor penyebab lainnya seperti seperti cache dan pengaktifan fitur fitur yang sebenarnya tidak diperlukan. Karena permasalahan ini kerap kami temui sendiri maka Jalur Tekno akan berbagi tips dan trik sesuai hasil uji coba langsung.
Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan pada ponsel untuk mengurangi lag dan lemot di android, yuk simak caranya.

Cara atasi ponsel android lambat.
1. Kurangi membuka aplikasi bersamaan.
Semakin banyaknya aplikasi di latar belakang membuat ponsel akan semakin bertambah kapasitas penggunaan pada RAM nya, menjadikan Ketika membuka aplikasi baru menjadi lebih berat dan terasa lambat.


Untuk mengatasinya Ketika sudah menggunakan satu aplikasi lebih baik ditutup dan jangan biarkan tetap berjalan di latar belakang hapus aplikasi dari recent apps.

Terutama pada aplikasi yang menguras banyak tenaga smartphone android anda, seperti youtube, browser dan sosial media lainnya.

2. Restart Ponsel.
Lakukan restart ponsel jika sudah mengalami lag yang parah, dengan merestart ponsel bisa menghapus cache android sehingga Ketika sudah selesai restart akan Kembali normal. Lakukan restart setidaknya setiap 1-3 hari. Tergantung itensitas penggunaan juga.

Cara restart semua sudah tahu caranya tinggal tahan tombol power dan pilih restart.


3. Jangan gunakan live wallpaper.
Meskipun akan membuat ponsel terlihat keren dan lebih menarik, memasang live wallpaper akan menjadikan ponsel akan mengambil sumber daya RAM yang tidak sedikit. Juga akan menambah beban ponsel dalam menjankan wallpaper yang demikian.

Gunakan saja gambar flat atau foto sebagai wallpaper, selain akan meringankan beban ponsel juga dapat menghemat penggunaan daya baterai ponsel.

4. Hapus Cache Aplikasi.
Cache aplikasi adalah data yang tersimpan secara otomatis Ketika menggunakan aplikasi agar lebih cepat untuk mengaksesnya Ketika menggunkan Kembali. Karena sifatnya tersimpan otomatis maka harus sering menghapus cache.

Aplikasi yang paling banyak menyimpan cache seperti browser, game, aplikasi sosial media (Instagram, twitter, facebook, whatsapp) dan aplikasi Youtube. Aplikasi tersebut akan menyimpan banyak cache Ketika digunakan dalam durasi waktu penggunaan yang lama.


Untuk menghapus cache aplikasi bisa dengan cara berikut :
  • Klik menu Pengaturan.
  • Cari menu Aplikasi.
  • Pilih aplikasi terinstall, dan pilih aplikasi yang akan dihapus cachenya.
  • Klik Delete Cache.
  • Selesai.
Untuk posisi menu menu pada masing masing ponsel beda beda silahkan cari di menu pengaturan ponselmu.

6. Matikan Beberapa fitur.
Beberapa fitur di android dapat membuat penurunan performa pada ponsel dengan spesifikasi minimum. Beberapa fitur yang dapat di nonaktifkan sebagai solusi mengatasi android lag dan lemot diantaranya :
  • Matikan fitur Auto Brigthness.
  • Matikan fitur Auto Rotate.
  • Hapus beberapa widget.
Dengan melakukan tips tips diatas bisa membantu mengurai lag dalam pengguanan ponsel Android Anda. 
Perlu diperhatikan pula bahwa setiap smartphone mimiliki jangka waktu penggunaan, jika anda telah melakukan semua langkah diatas dan hasilnya tidak telalu memuaskan di smartphone anda, bisa jadi anda harus memiliki smartphone baru. Dengan anda membaca artikel perbandingan Android dengan iOS tentunya anda akan mendaptkan bahan pertimbangan baru untuk membeli salah satu smarphone lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *