Segera Hapus! 24 Aplikasi di Play Store ini Terserang Virus Joker

Diposting pada
Virus joker menyerang android

Ponselinux – Baru-baru ini virus dengen codename joker sedang berlalu lalang di dunia aplikasi android walaupun aplikasi tersebut berada di google play yang kita tau tidak sembarang aplikasi bisa rilis sebelum aman, apalagi jika terdeteksi virus. walaupun begitu virus joker bisa lolos menembus keamanan google play.

Pengamat keamanan siber menemukan 24 aplikasi di Google Play Store yang terkena serangan virus Joker. Peretas diketahui secara diam-diam mencuri daftar kontak hingga pesan singkat (SMS) korban.

“Selama beberapa pekan terakhir kami mengaamati trojan baru di Google Play Store. Sejauh ini kami telah mendeteksi 24 aplikasi yang terinfeksi malware Joker dan lebih dari 472 ribu orang telah mengunduh aplikasi tersebut,” kata pengamat keamanan siber, Aleksejs Kuprins seperti dikutip Medium.

Berikut ini adalah aplikasi yang sudah terkena virus Joker:

  1. Advocate Wallpaper
  2. Age Face
  3. Altar Message
  4. Antivirus Security – Security Scan
  5. Beach Camera
  6. Board Picture Editing
  7. Certain Wallpaper
  8. Climate SMS
  9. Collate Face Scanner
  10. Cute Camera
  11. Dazzle Wallpaper
  12. Declare Message
  13. Display Camera
  14. Great VPN
  15. Humour Camera
  16. Ignite Clean
  17. Leaf Face Scanner
  18. Mini Camera
  19. Print Plant Scan
  20. Rapid Face Scanner
  21. Reward Clean
  22. Ruddy SMS
  23. Sobu Camera
  24. Spark Wallpaper.

Virus Joker diketahui menginfeksi ponsel yang menggunakan kartu SIM di 37 negara seperti Australia, Mesir, China, Amerika Serikat, India, Malaysia, Singapura, hingga Indonesia.

Kuprins juga mengatakan peretas menggunakan kode Java untuk membatasi jejak agar tidak terdeteksi oleh tim Google.

“Virus itu menerima kode dan perintah melalui HTTP, menjalankan kode melalui JavaScript-to-Java callback agar tak terdeteksi analisis statis,” terangnya.

Sebelumnya riset yang dilakukan Kaspersky juga menemukan adanya malware di aplikasi pemindai dokumen PDF, CamScanner di Google Play Store. Aplikasi ini diketahui terinfeksi modul virus Trojan Dropper yang didesain sebagai mekanisme pengiriman untuk malware lain.

Kaspersky melaporkan aplikasi yang terjangkit Trojan Dropper bisa menampilkan iklan yang mengganggu dan mendaftar pengguna untuk berlangganan aplikasi versi berbayar.

Virus tersebut sangat membahayakan bagi pemilik perangkat seluler yang terkena, transaksi bank lewat notifikasi sms dapat terbaca oleh virus bahkan sampai informasi data pengguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *