Struktur Dasar Bahasa Pemrograman Delphi

Diposting pada
Delphi adalah bahasa pemograman berbasis Objek yang mudah untuk dipelajari dan mudah untuk dipahami oleh manusia. Oleh karena itu, tidak sedikit para programmer yang membuat aplikasi/software dengan menggunakan bahasa pemograman delphi. Apalagi, setelah embarcadero mengakuisisi delphi dari borland, kini tampilan interface nya pun lebih menarik.

Struktur Dasar Delphi

Sebenarnya, bahasa pemograman delphi adalah bahasa turunan dari Pascal yang berarti jika anda sebelumnya pernah belajar bahasa pemograman pascal maka anda tidak akan terlalu kesulitan pada saat mempelajari Delphi. Sementaa itu, seperti yang telah saya kemukakan di atas, untuk Struktur  Dasar bahasa pemrograman delphi sama seperti pascal yaitu diawalali dengan pendeklarasian ‘variabel’ jika algoritma yang dibuat memerlukan variabel, dimana variabel merupakan sebuah wadah yang berfungsi untuk menyimpan suatu nilai, setelah itu ‘begin’ untuk memulai  pendeklarasian statement atau coding dan diakhiri dengan ‘end.’ Atau lebih lengkapnya silahkan simak struktur dasar bahasa pemrograman delphi dibawah ini.
Var
Begin
...
Statement/Koding;
...
End.
Untuk lebih jelasnya disini saya akan memberikan sebuah contoh sederhana membuat aplikasi dengan menggunakan bahasa pemograman delphi.

Contoh Program

Buatlah desain form delphi dengan menggunakan 3 buah TEdit, dan 1 buah Tbutton lalu double klik Tbutton dan masukan syntax berikut:
Var a,b,c:integer;
Begin
a:=StrToInt(Edit1.Text);
b:=StrToInt(Edit2.Text);
c:=a+b;
Edit3.Text:=IntToStr(c);
End;
Jadi, dalam syntax diatas saya menggunakan 3 buah variabel yang mana variable a berfungsi untuk menyimpan data yang dimasukan di Edit2, variable b berfungsi untuk menyimpan data yang dimasukan di Edit2, dan variabel c berfungsi untuk menyimpan data hasil penjumlahan dari var a + var b yang selanjutnya di tampilkan di Edit3 sebagai output/hasil dari penjumlahan var a dan var b.
Setelah selesai memasukan syntax nya silahkan run, masukan nilai yang akan dijumlahkan di kolom edit1 dan edit2 dan lihat hasilnya …
Bagaimana, bahasa pemograman delphi  cukup mudah untuk dipahami kan?, terima kasih atas kunjungannya diblog saya semoga bermanfaat bagi para calon programmer yang baru belajar bahasa pemograman delphi. Sekian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *