Sulap! Tampilan ColorOS Kamu Menjadi Seperti OxygenOS

Diposting pada

Hallo Sobat, Kali ini admin bakalan sharing tentang Customize lagi nih, Tapi kali ini tidak menggunakan Themes seperti Biasa, Kali ini kita bakalan Customize ColorOS 6 untuk OPPO dan Realme anda di sulap menjadi seperti Mirip OxygenOS Terbaru tidak menggunaka Tema melainkan menggunakan aplikasi tambahan Peluncur/Launcher dan iconpack ya sob. Penasaran sebelum itu silahkan simak dulu beberapa deskripsi tentang apa itu OxygenOS dan apa saja alat bantu yang ingin kita gunakan untuk menginstallnya.

OxygenOS mungkin ada dari anda sudah tau dengan OS yang satu ini. Yap OxygenOS adalah salah satu Operating Sistem berbasis Android yang digunakan pada Ponsel ternama yaitu OnePlus, Mungkin sebagian dari anda sudah tau bukan dengan Smartphone yang satu ini. OxygenOS saat ini sudah berjalan di OxygenOS Version 10 dengan Android 10. OxygenOS memiliki desain khas yang sangat Simple dan Modern, Mulai dari Iconpack hingga Wallpaper yang diluncurkan selalu mengikat hati penggunannya bahkan pengguna device lainnya, Salah satunnya adalah ColorOS.

Jika anda ingin memiliki tampilan/desain dari OxygenOS pada ColorOS anda, Sebenarnya trick sangat mudah sob, Kamu bisa menggunakan Themes yang sudah tersedia di blog ini. Tapi sesuai dengan konten ini, Disini admin akan sharing bagaimana mengubah tampilan ColorOS anda menjadi seperti OxygenOS tanpa harus menggunakan Themes. Meskipun trik ini begitu ribet, Tapi fitur yang dihadirkan di dalamnnya bisa dibilang lebih keren dari menggunakan Themes biasa, Jika sobat sudah tidak sabar untuk mencobannya, Silahkan simak untuk Fitur-fitur keren dibandingkan menggunakan themes biasa berikut ini.

Kelebihan Menggunakan Launcher 

● Desain UI yang Lebih Realistis! (90% Mirip Asli).
● Memiliki Efek yang lebih baik
● Bisa Gonta-ganti Iconpack Sesuka hati.
● Menghadirkan Banyak Fitur Customized (Bisa di ubah-ubah semau anda).

Kekurangan Menggunakan Launcher 

● Tidak terlalu Kompetible dengan ColorOS (Jika kurang beruntung, Mukin suka Crash, Blank, dsb) tapi Bisa diatas dengan Hapus Data/Re-install.
● Instalasi yang cukup ribet dari pada menggunakan Themes biasa.
● Mengubah tampilan Desktop & Menu Icons, Tapi tidak dengan Top Menu UI (Untuk itu admin menyediakan Themes untuk mengubah tampilan UI tersebut).

Bahan-Bahan Yang Diperlukan

Catatan: Bahan-bahan dibawah ini sudah pastinnya wajib anda download, Mulai dari Launchernya sendiri & Iconpack, Tapi jika ingin SystemUI tampilan Jaringan, Tombol Navigatin Bar, VOOC Bar & Menu UI ikut berubah, Maka anda juga harus download Themes OxygenOS gunannya tentunnya untuk mengubah tampilan Jaringan dan Menu UI.

● Aplikasi Launcher ‘CPL Terbaru’
● Iconpack Oxypie Versi Terbaru
● Themes OxygenOS (Untuk mengubah tampilan Wallpaper, Jaringan, Menu Bar UI, VOOC Logo, dsb). Selerah aja sob, Jika mau maka silahkan download, Tapi jika tidak ingin mungkin nggak perlu.

Tutorial Pasang dan Settings (CPL Launcher, Oxypie Icon Pack, dan Themes).

1. Pertama, Pastikan sobat sudah menyediakan ketiga bahan-baha yang sudah admin jelaskan diatas, Jika belum silahkan Unduh melalui link sudah sudah admin sediakan dibawah yah.
2. Peratama Pasang dulu Themes OxygenOSnya, Terapkan seperti biasa jangan lupa Hapus Data pada Theme Storenya yah.
3. Setelah tema sudah berubah, Selanjutnya silahkan Install aplikasi CPL Launcher dan Iconpack Oxypienya. (Jangan lupa Jadikan settingan default pada CPL Launchernya, Carannya cukup mudah Pergi ke Settings> Menajemen Aplikasi> Apli Bawaan> Launcher> CPL.

4. Jika sudah selanjutnya tinggal settings, Cubit layar depan hingga muncul seperti gambar dibawah ini.

5. Pada bagian Icon Pack (Silahkan Pilih OxyPie Icon Pack), Seperti gambar berikut ini, (Secara otomatis Icon Pack anda akan berubah).

6. Silahkan Setting ‘Cubit Layar dan Pilih SETELAN LAYAR UTAMA> Home Screen‘ Setting seperti berikut ini.

 Setting Home Screen
– At A Glance (Style 2) akan Menampilkan Widget seperti Gambar Preview diatas)
– Add Clock (Active)
– Sroll Wallpaper (Active)
– Use System Font (Active)
 Setting Theme
– Themes (Recommended Dark Mode), Tapi sesuai selerah masing-masig sih, Karena disitu terdapat White, Dark, Black, dsb, Pilih sesuai yang kamu suka aja.
– Use system accent Color (Active)
– Use the background from the icon pack (Active)
– Alternative icon cropping (Active)
– Jangan lupa centang juga pilih: Apply theme to setting untuk mengubah themes baru barusan anda settings.

7. Selesai. Sekarang kamu sudah bisa merasakan tampilan OxygenOS dengan desain dan efek yang sangat menakjubkan. Kamu juga bisa setting-setting sesuai dengan keinginan anda yang penting menjadi cocok dengan desain anda sendiri.

Gimana Sobat, Tertarik ingin mencoba dan menggunakan Launcher OxygenOS ini? Sepertinnya anda harus mencobannya jika penasaran. Berikut ini adalah link unduh bahan-bahan yang sudah admin terapkan diatas yah.

FAQ Seputar Launcher

Apakah Launcher ini Support di ColorOS 7 atau Realme UI: Saat ini admin belum mencobannya, Admin baru coba di ColorOS 5.2 dan ColorOS 6 dan keduannya Berjalan dengan lancar jaya, Selama pake beberapa hari belum terdapat masalah sih.

Kenapa Menggunakan Themes, Apakah wajib pake Themes: Launcher ini hanya support mengubah tampilan Layar depan dan Menu saja. Tapi untuk bagian atas seperti Tombol Navigatin Bar, Jaringan, Logo VOOC ketika di Charger atau juga tampilan Menu UI ini tidak didukung oleh Launcher tersebut, Tapi sebenarnya nggak perlu sih jika anda tidak ingin mengubah tampilan-tampilan tersebut.

Apakah Icon Pack bisa diganti-ganti: Tentu saja bisa, Anda bisa men-download Icon Pack Gratis bisa lewat Play Store.

Apakah kita bisa backup settingan yang sudah kita buat jika sewaktu-waktu kita menghapus dan ingin meng-install kembali aplikasi tersebut, Jadi tanpa harus setting kembali: Tentu saja bisa sob. CPL Launcher ini mendungnya kok, Carannya simple ‘Cubit Layar masuk ke Setelan Layar Utama>  Backup & Store> Pilih Backup, Secara otomatis akan tersimpan di Intenal MemoryDocumentsCPL, Sedangkan Restore untuk mengembalikan settingan yang sudah anda backup tadi.

– CPL Launcher (Customized Pixel Launcher) 
Icon Pack Free Icon Pack
Themes OxygenOS by alldy for OPPO and Realme

Saat ini Launcher ini berjalan pada beberapa Device OPPO dan Realme. Admin sudah mencobannya pada beberapa device OPPO dan Realme dan berjalan normal, Berikut ini adalah device yang sudah dicoba. OPPO A3s ColorOS 5, Realme C1 ColorOS 6, Realme 2 Pro ColorOS 6, Realme X dan Realme 3, Untuk ColorOS 7, Realme UI dan beberapa device lainnya belum dicoba, Tapi jika anda menggunakan ColorOS 5 dan ColorOS 6 sudah pasti berfungsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *