Tipe Instruksi dasar pada bahasa Assembly

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan mengenai Tipe Instruksi pada pemrograman bahasa Assembly. Pada pertemuan sebelumnya Admin sudah pernah menjelaskan tentang jenis register pada bahasa Assembly. Jika ada yang belum mengetahui kalian dapat mengunjungi link ini Jenis Register pada bahasaAssembly? 

Bahasa Assembly


Sebelum masuk ke materi saya ingin menunjukan perintah apa saja yang dapat kita gunakan untuk mengoprasikan pada Debug CMD di bahasa Assembly. Berikut ini merupakan perintahnya :
Perintah –Perintah Debug
A : Merakit intruksi simbolik (kode mesin)
D : menampilkan isi suatu daerah memori
E : memasukan data ke memori yang dimulai pad lokasi tertentu
G : run executable program ke memori
N : menamai program
P : eksekusi sekumpulan intruksi yang terkait
Q : quit
R : menampilkan isi satu atau lebih register
T : trace isi sebuah intruksi
U : unassembled kode mesin ke kode simbolik
W : menulis program ke disk

Instruksi Bahasa Assembly
Secara fisik, kerja dari sebuah komputer dapat dijelaskan sebagai siklus pembacaan instruksi yang tersimpan di dalam memori. komputer menentukan alamat dari memori program yang akan dibaca, dan melakukan proses baca data di memori.
Data yang dibaca diinterprestasikan sebagai instruksi. Alamat instruksi disimpan oleh komputer di register, yang dikenal sebagai program counter. Instruksi ini misalnya program aritmatika yang melibatkan 2 register. Dalam bahasa Assembly mempunyai 3 tipe intruksi dasar yaitu : mnemonic, operan1 dan 2 serta komentar
Tipe Instruksi Dasar Bahasa Assembly
Mnemonic atau opcode ialah kode yang akan melakukan aksi terhadap operand.

Operand ialah data yang diproses oleh opcode. Sebuah opcode bisa membutuhkan 1 ,2 atau lebih operand, kadang juga tidak perlu operand.

Sedangkan komentar dapat kita berikan denganmenggunakan tanda titik koma (;). Berikut contoh jumlah operand yang berbeda beda dalam suatu assembly :
CJNE R0,#22H, Tasmi ;dibutuhkan 3 buah operand
MOVX @DPTR, A ;dibutuhkan 2 buah operand
RR A ;1 buah operand
NOP ; tidak memerlukan operand
Semua instruksi tersebut dapat dibagi menjadi lima kelompok menurut fungsinya, yaitu:

Baca Juga : Konsep bilangan dasar pada bahasa pemrograman Assembly


§  Instruksi Pemindahan Data
§  Instruksi Aritmatika
§  Instruksi Logika dan Manipulasi Bit
§  Instruksi Percabangan
§  Instruksi Stack, I/O, dan Kontrol.
—————————————————————————————

Oke, mungkin penjelasan dari admin cukup sampai disini saja, tidak lupa juga Admin mengucapkan Terimakasih banyak kepada kalian semua yang telah mengunjungi website Jutsu Coding, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang sedang mencari materi tentang Tipe Instruksi dasar pada bahasa Assembly. Selebihnya kami mohon maaf bila ada kesalahan kata atau ejaan yang kurang tepat.

Terakhir jangan lupa juga untuk selalu support Jutsu coding dan follow juga Fansfage Facebook dan Instagram Jutsu Coding untuk mendapatkan informasi terkini seputar Teknologi Informasi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *