validasi dengan php

Diposting pada
Logo PHP

Halo kalli ini saya akan berbagi tentang validasi. Validasi itu apa ? validasi itu adalah proses pemilahan apakah data yang dikirimkan valid atau sesuai persyaratan program. Masuknya disini semisal contoh bahwa kita coding program untuk upload hanya file gambar, tetapi user memasukan PDF, nah maka seharusnya file tidak terupload atau gagal karena tidak sesuai dengan persyaratan, itulah gambaran besarnya. Lansung saja kita coba prakteknya.

<?php
if(isset($_POST[‘submit’])){
$nama=$_POST[‘name’];
$pass=$_POST[‘password’];
if(empty($nama)||empty($pass)){
echo “<script language=’javascript’>alert(‘harap isi dengan benar’);</script>”;
}
else if(empty($nama)){
echo “<script language=’javascript’>alert(‘harap isi nama’);</script>”;
}else if(empty($pass)){
echo “<script language=’javascript’>alert(‘harap isi password’);</script>”;
}
}
?>
<pre>
<form method=”post”>
<input type=”text”name=”name”placeholder=”username”>
<input type=”password”name=”password”placeholder=”password”>
<input type=”submit”name=”submit”value=”submit”>
</form>
</pre>

Untuk mengecek apakah semua sudah , php sudah menyediakan fungsi yaitu empty() . Untuk penulisananya empty(” textnya apa “) .  Kita mengirim dengan mengunakan metode post . pertama apakah nama kosong dan password kosong ? jika iya maka akan meng alert ” harap isi dengan benar ” . Dan jika tidak akan ada pemilahan lagi , apakah nama kosong ?  jika iya maka akan meng alert ” harap isi nama  ” . Dan jika tidak akan ada pemilahan lagi , apakah password kosong ?  jika iya maka akan meng alert ” harap isi password ” .

Oke mungki itu dia cara validasi dengan php . Semoga menambah wawasan dan juga bermanfaat . Terimakasih telah berkenan membaca artikel ini  . Sampai jumpa di artikel yang lainnya yang lebih menarik dan juga lebih bermanfaat .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *