Wilayah Laut Suatu Negara yang Jaraknya 200 mil Laut Diukur dari Pantai Disebut?

1 min read

Wilayah Laut Suatu Negara yang Jaraknya 200 mil Laut Diukur dari Pantai Disebut?

Pada wilayah laut suatu negara yang jaraknya 200 mil laut diukur dari pantai disebut sebagai Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Sebenarnya, lautan Indonesia telah diatur menurut Konvensi Hukum Laut Internasional. Kekuasaan wilayah Laut negara ini seperti laut teritorial, landasan kontinen dan juga ZEE.

Wilayah Laut Indonesia yang Jaraknya 200 mil Laut Diukur dari Pantai Disebut?

Area laut Indonesia sendiri mempunyai kaitan dengan garis dasar dan laut lepas atau laut bebas. Garis dasar merupakan suatu garis khayal yang menyatukan titik dan ujung paling luar dari pulau di Indonesia. Berdasarkan Konvensi Hukum Laut Internasional, berikut adalah wilayah laut ibu pertiwi.

Wilayah Laut Suatu Negara yang Jaraknya 200 mil Laut Diukur dari Pantai Disebut?

Laut Teritorial

Jenis laut satu ini memiliki jarak sekitar 12 mil dengan penghitungan mulai dari garis dasar sampai ke arah laut lepas. Kalau lebar laut yang berbatasan dua negara memiliki jarak kurang dari 24 mil, secara otomatis garis ini akan ditarik dengan ukuran sama dari tiap-tiap negara perbatasan.

Pada wilayah laut teritorial, sebuah negara memiliki hak kedaulatan tertinggi dan bahkan penuh. Namun, daerah ini juga harus memberikan jalur pelayaran lalu lintas damai. Hal tersebut berlaku baik di atas maupun di bawah, jadi semua negara bisa berlayar di sini dengan izin pemerintah negara Indonesia.

Landasan Kontinen

Disebutkan dalam nesabanesia.com, Ini adalah dasar laut dengan geologi dan geomorfologi yang menjadi terusan dari suatu benua terendam air laut. Landasan kontinen memiliki kedalaman sekitar 150 meter. Batasnya yakni garis dasar ke arah laut dan memiliki jarak terjauh sekitar 200 mil saja.

Kalau misal ada dua buah negara yang berjejeran di wilayah landasan kontinen. Sudah pasti batas lautnya akan langsung dibagi dengan porsi sama rata dan jauh. Daerah Indonesia letaknya berada antara landasan kontinen Asia dan juga Australia.

Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)

Wilayah laut ini memiliki jarak sekitar 200 mil dari garis dasar menuju arah laut lepas. Pada wilayah laut ini, negara tersebut mempunyai wewenang untuk melakukan eksploitasi sumber daya alamnya. Hal itu berlaku baik untuk sumber daya hayati maupun non hayati juga.

Bahkan, di daerah ini negara lain juga mendapatkan hak bebas untuk berlayar dan memasang kabel atau pipa di area bawah permukaan laut tersebut. Hal tersebut tentu sangat menguntungkan bagi setiap wilayah yang ingin mendapatkan kekayaan alam di Indonesia. Semuanya bisa diambil secara gratis di sini.

Jadi, apa jawaban yang tepat dari wilayah laut suatu negara yang jaraknya 200 mil laut diukur dari pantai disebut?

Jawaban: Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)

Sekian uraian singkat mengenai jawaban dari pertanyaan wilayah laut suatu negara yang jaraknya 200 mil laut diukur dari pantai disebut. Wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) ini memberikan banyak manfaat. Tidak hanya untuk Indonesia, tetapi juga untuk seluruh negara yang ingin berkunjung ke area ini.